.

Yummy.. Makanan Khas Jepang yang Unik dan Enak Plus Resep Lho


Kali ini kita akan mencoba masakan enak dari negara Jepang. Jepang selain mempunyai cita rasa yang enak, juga mempunyai teknik pengolahan makanannya yang unik dan menghibur mata. Mengapa? karena dalam memasak orang Jepang tidak memperhatikan rasanya saja tetapi juga tampilannya. Semua itu dilakukan agar makanan dapat dirasakan dengan mata kemudian baru berpindah ke mulut. Jadi, bukan hanya lidah yang digoda oleh rasa lezat, mata pun mendapatkan hiburan. hmm yummy. Langsung aja deh, Apa saja makanan khas tersebut? yuk kita simak. Oh iya untuk lihat resepnya klik nama makanannya ya. 

Yummy.. Makanan Khas Jepang yang Unik dan Enak Plus Resep Lho

1. Sushi
Sushi (鮨, 鮓, atau biasanya すし, 寿司) adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk (neta) berupa makanan laut, daging, sayuran mentah atau sudah dimasak. Nasi sushi mempunyai rasa masam yang lembut karena dibumbui campuran cuka beras, garam, dan gula. Ini termasuk makanan favorit saya karena rasanya seperti lemper tetapi lebih enak (lemper Jepang kulit bisa dimakan, hehehe), bentuk dan rasanya juga bermacam-macam.

Sushi I Yummy.. Makanan Khas Jepang yang Unik dan Enak

Sushi I Yummy.. Makanan Khas Jepang yang Unik dan Enak

Sushi I Yummy.. Makanan Khas Jepang yang Unik dan Enak

2. Okonomiyaki
Okonomiyaki (お好み焼き) adalah makanan Jepang dengan bahan tepung terigu yang diencerkan dengan air atau dashi, ditambah kol, telur ayam, makanan laut atau daging dan digoreng di atas penggorengan datar yang disebut teppan. Okonomiyaki adalah salah satu jenis masakan teppanyaki yang bisa dimakan begitu saja atau sebagai lauk teman nasi putih. Okonomiyaki sering dimakan dngan sendok datar yang disebut kote (hera) yang juga berfungsi sebagai sodet sewaktu membalik okonomiyaki. Dalam bahasa Jepang, okonomi berarti "suka-suka" (yang disuka, yang diinginkan) danyaki berarti "panggang" (istilah "goreng" hanya digunakan di Jepang bila makanan digoreng dengan minyak yang sangat banyak). Sesuai dengan namanya, lapisan atas (topping) okonomiyaki bisa disesuaikan dengan selera orang yang mau memakan. Makanan ini yang paling enak menurutku karena bentuk dan rasanya seperti martabak isi bermacam-macam daging. とてもおいしいわよ。。^^よ

Okonomiyaki I Yummy.. Makanan Khas Jepang yang Unik dan Enak

3.Takoyaki
Takoyaki (たこ焼き) nama makanan asal daerah Kansai di Jepang, berbentuk bola-bola kecil dengan diameter 3-5 cm yang dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya. Takoyaki biasanya dijual sebagai jajanan di pinggir jalan untuk dinikmati sebagai cemilan. Takoyaki biasa dijual dalam bentuk set dengan 1 set berisi 5, 6, 8 hingga 10 buah takoyaki yang disajikan di atas lembaran plastik berbentuk perahu atau dimasukkan ke dalam kemasan plastik transparan untuk dibawa pulang. Sewaktu ada matsuri sering dijumpai kios penjual takoyaki sebesar bola tenis (jambotako) yang menjual takoyaki secara satuan. Di Indonesia juga sudah banyak yang menjual takoyaki seperti food court matos (Malang Town Square) yang ada di kota Malang.

Takoyaki I Yummy.. Makanan Khas Jepang yang Unik dan Enak

Takoyaki I Yummy.. Makanan Khas Jepang yang Unik dan Enak

4. Kare
Kare (カレー) dikenal orang Jepang pada zaman Meiji setelah Jepang mengakhiri politik isolasi. Kare awalnya adalah makanan Barat yang disajikan untuk pelaut di atas kapal. Kare menjadi populer di Jepang setelah dijadikan ransum di Angkatan Laut Kekaisaran Jepang dan Angkatan Darat Kekaisaran Jepang. Terigu ditambahkan sebagai pengental kuah kare, agar kuah tidak mudah tumpah sewaktu dimakan di atas kapal yang sering dihantam gelombang. Sayuran untuk kare Jepang adalah bawang bombay, wortel, kentang, dan kadang-kadang seledri. Rasa rempah-rempah dalam kare kadang-kadang dilunakkan dengan penambahan apel atau madu. Daging yang biasa digunakan adalah daging babi, daging sapi, atau daging ayam. Di bagian utara dan timur Jepang, daging untuk kare biasanya adalah daging babi. Dulu waktu kkn pernah ditraktir oleh presdir ke restoran Jepang yang harganya ratusan ribu. Lumayanlah bisa memilih makanan Jepang yang belum dicoba. Saat itu saya memilih kare seafood karena tergiur dengan masakan Osamu di drama Hungry! (hahaha).  Rasanya enak banget deh. Sangat, harus, dan perlu dicoba. Recommended!!!

Kare Raisu I Yummy.. Makanan Khas Jepang yang Unik dan Enak

5.Ramen
Ramen (拉麺;ラーメン) adalah masakan mi kuah Jepang yang berasal dari cina. Orang Jepang juga menyebut ramen sebagai chuka soba (中華そば soba dari Cina) atau shina soba (支那そば) karena soba atau o-soba dalam bahasa Jepang sering juga berarti mi. Makanan ini sudah kucoba di indonesia, lumayan enak tapi untuk kuahnya mungkin kurang. Apa karena lidahnya tidak cocok dengan bahannya? itu tergantung orang yang mencicipi. Mungkin anda suka silahkan dicoba. 

Ramen I Yummy.. Makanan Khas Jepang yang Unik dan Enak

6. Onigiri
Onigiri (おにぎり, 御握り) (bahasa Indonesia: nasi kepal) adalah nama Jepang untuk makanan berupa nasi yang dipadatkan sewaktu masih hangat sehingga berbentuk segitiga, bulat, atau seperti karung beras. Dikenal juga dengan nama lain omusubi, istilah yang kabarnya dulu digunakan kalangan wanita di istana kaisar untuk menyebut onigiri. Onigiri dimakan dengan tangan, tidak memakai sumpit. Isinya bisa diisi dengan daging salmon atau yang lainnya. Makanan ini enak. Rasanya seperti lemper hanya bedanya bentuknya segitiga dan isi dagingnya bukan ayam saja tetapi jika dimasukkan daging lain juga daijobu (tidak apa-apa).

Onigiri I Yummy.. Makanan Khas Jepang yang Unik dan Enak

7.Dorayaki
Dorayaki (どらやき。銅鑼焼き、ドラ焼き) adalah kue yang berasal dari Jepang. Dorayaki termasuk ke dalam golongan kue tradisional Jepang (wagashi). Kue ini bentuknya bundar sedikit tembam, dibuat dari dua lembar pancake yang direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur lembut dan mirip castella karena adonan diberi madu. Dorayaki hampir serupa dengan imagawayaki, namun berbeda bentuk dan cara memanggang. Di Indonesia, kue ini mulai diperkenalkan bersamaan dengan diputarnya seri anime Doraemon di televisi. Tokoh Doraemon mempunyai kegemaran makan kue dorayaki. Dorayaki di Indonesia sudah disesuaikan dengan selera lokal, antara lain dorayaki berisi cokelat atau keju.

Dorayaki I Yummy.. Makanan Khas Jepang yang Unik dan Enak

8.Teriyaki
Teriyaki (照り焼き, てりやき) adalah cara memasak makanan Jepang yang dipanaskan atau dipanggang di atas wajan atau kisi-kisi dari besi untuk memanggang dengan menggunakan saus teriyaki (tare). Saus teriyaki dibuat dari kecap asin (shōyu), sake untuk memasak, dan gula pasir dengan takaran 1:1:1. Kata teriyaki berasal dari kata teri yang artinya bersinar (karena mengandung gula), dan kata yaki yang artinya dibakar atau dipanggang. Sewaktu sedang membuat teriyaki, bahan-bahan makanan yang akan dipanggang dicelupkan dan diolesi dengan saus teriyaki sampai beberapa kali hingga betul-betul masak. Di Jepang, bahan yang banyak dipakai pada masakan teriyaki adalah ikan (salem, tongkol, mackarel, trout, marlin), sedangkan di luar Jepang digunakan berbagai jenis daging (ayam, sapi, babi), atau cumi-cumi maupun bahan dari ubi konnyaku. Ingin mencoba? sekarang di Indonesia juga sudah banyak yang menjual saus teriyaki untuk memasaknya. 

Teriyaki I Yummy.. Makanan Khas Jepang yang Unik dan Enak

9. Yakiniku
Yakiniku (焼肉, daging panggang) adalah istilah bahasa Jepang untuk daging yang dipanggang atau dibakar di atas api. Dalam arti luas, yakiniku juga mencakup berbagai masakan daging sapi, babi, atau jeroan yang dipanggang, seperti bistik, panggang daging domba (jingisukan), dan barbeque. Daging dipanggang di atas api dari arang atau gas dengan memakai kisi-kisi dari besi atau di atas plat dari besi (teppan). Potongan daging berbentuk segi empat sering ditusuk dengan tusukan dari logam sebelum dipanggang. Di rumah makan yakiniku, sesudah dipanggang, daging yang berukuran agak besar sering perlu dipotong dengan gunting di hadapan pengunjung. Kalau makanan ini saya belum pernah makan sebelumnya. Insyaallah jika saya bisa ke jepang (amin.. ) nanti saya share bagaimana rasanya . Tapi dilihat dari caranya seperti sate daging atau ayam di Indonesia mungkin.

Yakiniku I Yummy.. Makanan Khas Jepang yang Unik dan Enak

10.Mochi
Mochi (Jepang: 餅; Hanzi: (麻糬)) adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan, ditumbuk sehingga lembut dan lengket, kemudian dibentuk menjadi bulat. Di Jepang, kue ini sering dibuat dan dimakan pada saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang. Namun demikian, jenis kue ini dijual dan dapat diperoleh di toko-toko kue di sepanjang tahun. Ia memiliki rasa yang khas yaitu lembut di saat pertama kali dimakan, dan lama kelamaan menjadi lengket. Di Indonesia sendiri kue mochi dapat ditemui di Kota Sukabumi yang biasa dijajakan para pengasong di beberapa titik persimpangan jalan besar di Kota Bogor, kue mochi berisi adonan kacang.

Mochi I Yummy.. Makanan Khas Jepang yang Unik dan Enak

Mochi I Yummy.. Makanan Khas Jepang yang Unik dan Enak

Sekian postingan kali ini, jangan lupa like facebook di box bawah untuk dapat melihat artikel terbaru kami. Terima kasih sudah membaca artikel tentang "Yummy.. Makanan Khas Jepang yang Unik dan Enak" dan semoga bermanfaat.^^. Untuk yang mau copy-paste tidak apa-apa asalkan memberi link aktif seperti ini ya: http://japanindocuteculture.blogspot.com/2013/07/makanan-khas-jepang.html Untuk yang suka copy-paste sembarangan hati-hati blog anda akan kami laporkan pada pihak blogger.

0 Response to "Yummy.. Makanan Khas Jepang yang Unik dan Enak Plus Resep Lho"

Poskan Komentar