.

Kereta Tercepat Nan Cantik Ini Bernama Shinkansen


Apakah kalian tahu Shinkansen? Shinkansen adalah salah satu sarana transportasi tercepat di Jepang yang cukup digemari oleh masyarakat Jepang maupun wisatawan luar negeri. Selain kecepatannya yang super cepat bentuk kereta ini pun sangat cantik dan mulus, desain interiornya juga dirancang secara eksklusif agar penumpang merasa nyaman. ini nih foto shinkansen:

                                           

                                                   

Gimana? berbeda dengan kereta Indonesia khan? aku harap Indonesia di masa depan nanti juga dapat membuat kereta yang lebih cepat. keren dan canggih seperti ini. Amin. Untuk lebih lengkapnya yuk kita simak!

1. Sejarah
Shinkansen (新幹線, juga sering dipanggil kereta peluru) berasal dari kata “shin” berarti baru dan “kansen” yang berarti rel kereta. Jadi, shinkansen adalah jalur kereta api cepatJepang yang dioperasikan oleh empat perusahaan dalam grup Japan Railways. Shinkansen merupakan sarana utama untuk angkutan antar kota di Jepang, selain pesawat terbang. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 300 km/jam. Nama Shinkansen sering digunakan oleh orang-orang di luar Jepang untuk merujuk kepada kereta apinya, namun kata ini dalam bahasa Jepang sebenarnya merujuk kepada nama jalur kereta api tersebut. Shinkansen dibuka pada 1 Oktober1964 untuk menyambut Olimpiade Tokyo. Jalur ini langsung sukses, melayani 100 juta penumpang kurang dari 3 tahun sejak dibuka pada tanggal 13 Juli1967, dan melayani satu milyar penumpang pada 1976.

2. Keistimewaan
Salah satu indikator Jepang sebagai negara maju adalah sarana transportasinya yang mengagumkan dan Shinkansen adalah salah satu primadona alat transportasi di sana. Shinkansen dikembangkan oleh JR (Japan Railway) yang waktu itu masih berstatus BUMN bernama JNR (Japan National Railway) untuk menjawab kebutuhan masyarakat Jepang akan angkutan yang cepat dan praktis antara Tokyo dan Osaka. Tidak ada daftar kecelakaan yang berakibat fatal dalam pengoperasian Shinkansen sejak sekitar 40 tahun yang lalu. 

Pada 2003, JR Central melaporkan jadwal waktu rata-rata Shinkansen tepat dalam 0,1 menit atau 6 detik dari waktu yang telah dijadwalkan. Ini termasuk seluruh kesalahan alami dan manusia dan dihitung dari seluruh 160.000 perjalanan yang dijalani oleh Shinkansen. Rekor sebelumnya dari 1997 dan tercatat 0,3 menit atau 18 detik.Sekarang Guinness Book of World Records telah mencatat Tokaido Shinkansen MLX01 sebagai kereta tercepat di dunia dengan kecepatan maksimal 581 km/jam. Ini dia foto jepretan dari dalam shinkansen. Begitu cepatnya sampai gambar terbayang-bayang.

pemandangan dari dalam shinkansen

Dengan kecepatannya yang tinggi, yaitu mencapai 240-300 kilometer/jam, Shinkansen alias kereta peluru ini menjadi saingan berat pesawat udara. Untuk rute Osaka-Tokyo misalnya, dengan harga tiket yang hampir  sama. Shinkansen seharga 15.000 yen  dan pesawat seharga 20.000 yen. Walaupun harganya beda tipis, banyak orang tetap memilih Shinkansen. Alasannya, stasiun Shinkansen yang berada tepat di jantung kota membuatnya lebih praktis dicapai dibandingkan pesawat yang bandaranya rata-rata terletak di luar kota. Selain itu juga memiliki rekor tingkat keamanan tertinggi di dunia dengan jumlah kematian 0% selama Shinkansen beroperasi.

3.Fasilitas
Kereta yang biasanya terdiri dari 16 gerbong inimenyediakan berbagai fasilitas, diantaranya adalah ruang duduk penumpang yang bertaraf eksklusif, wastafel dan toilet, smoking room, minuman dingin, LCD, dan tentunya kebersihan dan keamanan yang terjamin. Hal ini tentu sesuai dengan harga tiket yang ditawarkan pada calon penumpang.

tiket shinkansen


suasana dalam kereta shinkansen

Meski memiliki kecepatan super, penumpang tidak akan merasa mual dan pusing karena kereta ini dirancang agar penumpang tetap nyaman meskipun kereta melaju dengan kecepatan tinggi. Bagian dalamnya juga sangat luas dan tempat duduknya hampir seperti kursi duduk di pesawat terbang. Shinkansen menggunakan sistem komputer untuk mengatur pengoperasian dan sistem lalulintas kereta diatur secara terpusat. Shinkansen juga terkenal ramah lingkungan karena tidak menimbulkan polusi apapun.

4.Jenis-jenis Shinkansen
Ada tiga jenis Shinkansen yang beroperasi di jalur Tokaido Shinkansen:

a. Kodama : adalah jenis Shinkansen yang paling lambat dan kereta-kereta ini berhenti di setiap stasiun yang dilewatinya. Kodoma berarti gaung, gema, atau suara.


b. Hikari : Hikari berarti cahaya. Kereta-kereta ini melaju lebih cepat daripada kereta kodoma. Kereta jenis Hikari mampu menempuh jarak Tokyo-Osaka dalam 3 jam.


c. Nozomi : Nozomi berarti rasrat, keinginan, atau harapan. Kereta tercepat ini mampu menempuh jarak Tokyo-Osaka dalam 2,5 jam dengan kecepatan sampai 300 km/jam.


Sekian postingan kali ini, jangan lupa like facebook di box bawah untuk dapat melihat artikel terbaru kami. Terima kasih sudah membaca artikel tentang "Kereta Tercepat Nan Cantik Ini Bernama Shinkansen" dan semoga bermanfaat.^^. Untuk yang mau copy-paste tidak apa-apa asalkan memberi link aktif seperti ini ya teman-teman: http://japanindocuteculture.blogspot.com/2013/07/shinkansen.html Untuk yang suka copy-paste sembarangan hati-hati blog anda akan kami laporkan pada pihak blogger.

1 Response to "Kereta Tercepat Nan Cantik Ini Bernama Shinkansen"