.

Canggih Kuburan Jepang Sudah Dilengkapi Dengan QR Code Untuk Mengenang Almarhum


Tempat pemakaman, rumah masa depan atau tempat istirahat manusia terakhir di bumi ini sudah menjadi satu bidang bisnis khusus di mana pun berada. Bahkan di Indonesia ada kuburan untuk orang elite di daerah Bekasi dengan harga yang hanya bisa dijangkau orang berduit. Demi laporan Tribunnews.com dari Tokyo, Jepang, Minggu (3/2/2013).

Canggih Kuburan Jepang Sudah Dilengkapi Dengan QR Code Untuk Mengenang Almarhum

Di Jepang sudah punya standar dan rata-rata mengetahui harga sewa tanah kuburan. Hal yang biasa untuk sebuah kuburan dengan fisik tampak yang dibuat bagus sana-sini. Tapi kalau ditambah dengan kemajuan teknologi, dengan alat canggih seperti QR Code, ini memang menarik. Tujuannya jelas, untuk mengenang almarhum yang telah meninggalkan kita terlebih dulu. Alat ini sudah mulai diperkenalkan sejak 2008. Bukan barang baru. Tapi ternyata kurang populer di Jepang hingga saat ini.

QR Code umumnya, 90 persen bisa dibaca oleh semua telepon genggam (HP) yang ada di Jepang. Fasilitas itu ada di kebanyakan HP Jepang. Lha, kalau begitu semua kuburan bisa dilihat oleh semua orang dong?

Ada dua hal, bisa mau dilihat silakan saja, tetapi bisa juga tidak bisa apabila menggunakan username password yang diberikan perusahaan pemasuk QR Code tersebut. Umumnya memang kita dan keluarga tidak mau terlihat oleh orang lain bukan? Tapi ada saja orang yang terbuka, silakan lihat keluarga saya, begitu kira-kira, sehingga tak perlu password apa pun.

Lalu bagaimana penggunaan QR Code tersebut?

Mudah saja. Dari HP kita, tentu HP Jepang yang memiliki fasilitas Membaca QR Code, menghadapkan kamera HP ke QR Code tersebut, lalu HP ootomatis akan membaca. Setelah terbaca, akses dapat dilakukan, melihat di HP tersebut.

Bagi yang menggunakan password tentu harus memasukan username dan passwordnya dulu. Barulah bisa akses penuh. Setelah akses, kita dapat melihat foto-foto almarhum, bahkan juga bisa melihat videonya sekitar 30 detik beserta suaranya. Semua itu mengingatkan kembali kita kepada keluarga kita, pesan-pesan dari almarhum yang bersangkutan, seolah hidup lagi. Bisa pula link ke alamat situs dengan segala data keluarga yang ada dan bisa dilihat di HP tersebut. Sangat praktis sekali, semua urusan keluarga yang ada disana dapat dilihat dan dikenang oleh semua anggota keluarga. Sehingga kekangen kita dengan almarhum paling tidak dapat diobati.

Bukan hanya di kuburan saja, kita juga bisa memperoleh kartu seukuran kartu kredit dengan QR Code juga. Kartu ini dibagikan buat anggota keluarga yang masih hidup. Jadi bisa melihatnya di mana pun juga, asalkan membawa kartu tersebut. Jadi bisa berfungsi sebagai tanda pengenal dan bukti bahwa si pembawa ini anak si anu dan sebagainya. Lihat tuh ayah saya, suara ayah saya, misalnya, sambil memperlihatkan kepada temannya atau kerabat lainnya, ayahnya yang almarhum.

Semua peralatan itu tidak mahal hanya sekitar 50.000 yen per set atau sekitar Rp 5,2 juta (kurs Rp 104 per yen). Tetapi karena ditempel pada batu kuburan dan batu kuburan juga beraneka ragam bentuk dan corak, yang mahal sebenarnya batu kuburan atau pemakaman itu sendiri sehingga total bisa mencapai satu juta yen untuk sebuah pemakaman sekitar ratusan juta.

Tetapi pemakaman di Jepang biasanya dipakai untuk satu keluarga besar. Misalnya untuk ayahnya, ibunya, anak-anak-nya semuajadi satu kuburan karena model pemakaman di Jepang adalah mayat dibakar dan abunya dimasukkan ke pundi khusus, dimasukkan ke dalam kuburan tersebut. Boleh pula sebagian abu dibawa ke rumah, di dalam pundi kecil, ditaruh di butsudan, tempat sembahyangan keluarga di dalam rumah.

Apapun sampai kita meninggal rupanya jadi bisnis, termasuk juga di negeri Sakura ini. Tak ada salahnya memang mengenang jasa almarhum keluarga kita dengan mengklik HP mendeteksi QR Code. Apakah negara kita juga perlu alat seperti ini?


0 Response to "Canggih Kuburan Jepang Sudah Dilengkapi Dengan QR Code Untuk Mengenang Almarhum"

Poskan Komentar