.

Cara Memakai Yukata Step by Step Mudah, Cantik dan Benar + Gambar


Yukata adalah pakaian tradisional musim panas bangsa Jepang yang umumnya terbuat dari katun. Motif untuk wanita biasanya dengan desain ceria, warna warni bunga dan burung, sedang pria lebih terbatas pada warna dasar biru, hitam, hijau tua , abu-abu dan biru.


Yukata bisa dilengkapi dengan Obi (ban pinggang). Yang conventional mencapai panjang 3-4 atau 5 meter dan memerlukan ketrampilan untuk memakainya. Tapi dikenal juga Obi yang lebih mudah dipakai, yaitu Obi instant (tsukuri obi). Pemakaian tsukuri obi lebih mudah dan cepat, terutama bagi mereka yang belum terbiasa memakai obi panjang. Tsukuri obi cukup dipakai dengan mengikatkan tali ke pinggang dan menjepitkan simpul obi yang sudah jadi dengan sebuah penjepit/perekat di belakang pinggang.

Untuk  memakai yukata tidaklah sulit asalkan kalian sudah mempunyai aksesoris pelengkapnya agar terkesan anggun dan cantik. Yuk lang saja kita simak cara-caranya di bawah ini:

·Kenakan nagajuban (pakaian dalam biasanya berwarna putih, terlihat pada kerah), bagian depan adalan kiri menutup bagian kanan. Rapikan
-Berdiri tegak, masukkan kedua lengan ke dalam yukata.
-Kenakan Yukata, atur sehingga jahitan bagian tengah belakang (senui) tepat berada ditengah-tengah belakang badan.
-Satukan kedua ujung kerah (tomoeri) bagian depan yukata, tarik sedikit kerah kearah belakang tepat yg dibagian leher.
-Tarik yukata agak ke atas, sehingga ujung bawah yukata berada diatas mata kaki + 5 cm
-Atur bagian kanan yukata shitamae, kemudian tumpangkan bagian kiri yukata uwamae ke atas bagian kanan tadi.
-Rapikan yukata, ikat pinggang dengan tali pengencang (koshihimo).
-Atur yukata hingga tali pengencang tertutupi, kemudian ikat bagian badan (dibawah payudara) dengan koshihimo, membentuk lipatan di belakang pinggul (ohashori).
-Rapikan kerah yukata dan kerah nagajuban.
-Tutup bagian tadi dengan Obi dengan melilitkannya tepat di seputar tali-tali pengencang tadi berada. ikat dengan tali yang sudah ada pada Obi.
-Rekatkan hiasan pita berbentuk kupu-kupu (bunko) pada Obi
-Tarik perlahan Obi searah jarum jam, atur agar hiasan pita berbentuk kupu-kupunya (bunko) berada di bagian tengah belakang,
-Bagi yang bertubuh tinggi, yukata boleh dikenakan tanpa ohashori (lipatan di pinggang/pinggul)
-Tarara jadi deh. 

Kurang jelas? Lihat gambarnya!


Tinggal jalan-jalan saja tapi jangan lupa kenakan Obi dengan Geta (sandal kayu), dilengkapi dengan tas tangan kecil (Kenchaku). Dapat juga dengan membawa kipas kain.Untuk kesan formal, rambut dapat ditata rapi ditambah accessories. Untuk kegiatan non formal, biasanya rambut ditata secara sederhana.

Sumber: Yukata-ku.blogspot.com

0 Response to "Cara Memakai Yukata Step by Step Mudah, Cantik dan Benar + Gambar"

Poskan Komentar