.

Cara Perkenalan dalam Bahasa Jepang Yang Baik dan Benar(自己紹介)


Halo temen-temen.. Hari ini kita belajar bahasa jepang yuk! Kita mulai dari cara memperkenalkan diri dalam bahasa jepang yang baik dan benar atau dalam bahasa jepangnya sering dikenal sebagai jikoshokai (自己紹介) .. Oh iya berhubung banyak bertanya tentang cara belajar bahasa Jepang di komentar artikel ini. Admin membuat satu blog untuk belajar bahasa Jepang khusus pemula. Bila berminat silahkan kunjungi juga IntanHikari untuk belajar bahasa Jepang mulai dari awal sampai lulus tes JLPT. Ja, ganbattene.. ^^


Perkenalkan
はじめまして (hajimemashite)。

Nama saya adalah Minho
わたし(watashi) は(wa) ミンホ(Minho) です(desu)。
Minho: Ganti dengan nama kalian tapi nulisnya pakai tulisan katakana ya karena nama selain bahasa Jepang harus di tulis dengan katakana, sebaliknya jika nama kalian bahasa Jepang tulislah dengan huruf kanji. Misalnya: 花子(hanako)
Bagi yang belum hafal Katakana bisa lihat DISINI

Umur saya 17 tahun
17(juunana) さい(sai) です(desu)。
Juunana: Ganti dengan umur kalian. Lihatlah cara menulis umur dalam bahasa Jepang DISINI

Saya tinggal di Malang
マラン(malang) に(ni) すんで(sunde) います(imasu)。
Malang: Ganti dengan kota tempat anda tinggal (Pakai huruf katakana juga karena bukan kota di Jepang). Malang ditulis menjadi maran karena dalam bahasa jepang tidak mengenal ~ng tetapi hanya mengenal ~n (cara membacanya juga sama ~ng). Huruf L juga diganti R karena dalam bahasa Jepang tidak mengenal L.

Saya siswa SMA 6 Malang
マラン(malang) だい(dai) 6(roku) こうこう(koukou) の(no) がくせい(gakusei) です(desu)。
~koukou: artinya SMA. Di depan kata SMA ganti dengan nama sekolah kalian.

Sekarang saya kelas 1 SMA.
いま(ima) 1(ichi) ねんせい(nensei) です(desu)。
Ichi: Ganti kelas anda. Belum mengerti bilangan bahasa Jepang? Klik DISINI

Hobi saya menonton drama
しゅみ(shumi) は(wa) ドラマ(dorama) を(o) みる(miru) こと(koto) です(desu)。
dorama o miru: ganti dengan hobi kalian

Salam kenal
どうぞ(douzo) よろしく(yoroshiku)。

Versi Lainnya:

Perkenalkan
はじめまして(hajimemashite)。

Nama saya Intan
私(watashi)は(wa) インタン(Intan) と(to) 申(mou) します(shimasu)。
Intan: Ganti dengan namamu (Jangan lupa pakai Katakana)

Mahasiswa universitas Brawijaya
ブラウィジャヤ(Brawijaya) 大学(daigaku) の(no) 学生(gakusei) です(desu)。
Brawijaya: ganti dengan nama universitasmu (Jangan lupa pakai Katakana lagi)

Saya berasal/datang dari Jakarta
ジャカルタ(Jakarta) から(kara) 来(ki)ました(mashita)。
Jakarta: ganti dengan nama kota kalian (Pakai katakana!)

Saya suka sekali bahasa Jepang
日本語(nihongo) が(ga) 大好き(daisuki) です(desu)。
Nihongo: ganti hal yang paling kamu sukai

Setiap hari saya belajar bahasa Jepang sungguh-sungguh
毎日(mainichi) いっしょうけんめい(isshoukenmei) 日本語(nihongo) を(o) 勉強 しています(benkyoushiteimasu)。

Karena saya ingin pergi ke jepang
日本(nihon) へ 行きたい(ikitai) ですから(desu)。

Versi bahasa Inggris:
Cara Perkenalan dalam Bahasa Jepang Yang Baik dan Benar(自己紹介)
















Akhir perkenalan orang jepang selalu mengakhiri dengan kalimat seperti ini:
Senang berkenalan dengan anda.
どうぞ(douzo) よろしく(yoroshiku) おねがいします(onegaishimasu)。

Senang juga berkenalan dengan anda.
こちらこそ(kochirakoso) よろしく(yoroshiku) おねがいします(onegaishimasu)。
Balasan dari ucapan di atas

Untuk penutupan jangan lupa menundukkan kepala
















Sumber: Bangku Kuliah

23 Responses to "Cara Perkenalan dalam Bahasa Jepang Yang Baik dan Benar(自己紹介)"

  1. Balasan
    1. putry laila nur anjasmani15 Juni 2014 13.01

      saya adalah orang indonesia saya ingin belajar berbahasa jepang.......

      Hapus
    2. Putry untuk belajar mengenai bahasa jepang bisa belajar huruf-hurufnya dulu seperti hiragana dan katakana, lalu baru belajar kosakata dan membuat kalimat. Kamu bisa belajar di Imoshare atau jika berminat les privat saja kepada admin dengan mengirimkan email ke [email protected]

      Hapus
  2. :h sensei mau tanya.. itu watashi wa minho desu trus yang intan watashi wa Intan to mo shimasu knp bisa beda?pengaruhnya apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya dalam arti sama saja.. bedanya kalau "watashi wa minho desu" itu untuk perkenalan biasa aja, seperti kenalan sama teman atau adik kelas. Sedangkan "watashi wa intan to moushimasu" itu lebih sopan, fungsinya untuk merendahkan diri, bisa dipakai ketika memperkenalkan diri sama atasan / direktur, dan orang yang lebih tua.. mengerti khan charles? :e

      Hapus
    2. Ohh..ngerti :)
      :f
      sangat membantu Intan-san
      Doumu arigatou..
      hehe

      Hapus
    3. wah.. nihongo ga jouzu desune.. hehe..
      semangat ya ^^
      kochirakoso arigatou..
      :b

      Hapus
  3. tria ryosuke ( fitria rokhmawati)5 Juli 2014 15.56

    Sensai.. apakah harus memelajari huruf- huruf jepang terdahulu..??
    Apakah harus dua- duanya ?? Klu cma huruf katakana yg d blajari !! Itu aja gpp kh ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. fitria-san, huruf jepang itu campuran. kalau kamu cuma mempelajari huruf katakana saja nanti gak bisa membaca. Katakana sendiri di Jepang jarang digunakan. Digunakan hanya untuk menulis bahasa asing selain Jepang. Jadi katakana, hiragana dan kanji wajib dihapalkan yah. Ganbatte :j

      Hapus
  4. BBM PIN anata dono yo ni ?
    Watashitachiha bbm ni kaite issho ni manabu koto ga dekiru...!
    Mai PIN 73DCA5C3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dian-san, sumimasen ga watashi no pin wa arimasen. iitaikoto ga attara facebook de ii yo. https://www.facebook.com/anjellichan.minoz

      Hapus
  5. intan-san.. gimana caranya nyapin kelas pake bahasa jepang?
    mohon bantuannya..
    onegaishimasu

    BalasHapus
  6. sumimasen
    ralat mksud saya gimana nyiapin kelas dengan bahasa jepang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya nyiapin?? kata-kata yang digunakan ketika memberi salam sebelum pelajaran dimulai atau persiapan untuk mengajar bahasa jepang ya??

      Hapus
    2. iiya, saya juga mau nanya soal kata2 untuk menyiapkan kelas (sebelum memulai belajar) soalnya saya ketua kelas. mohon bantuannya

      :g

      Hapus
  7. sensei...akku pengen blajar b.jepang , trz pngen cpt lancar ngmong b.jepang
    yah gitu dehh klw bljr di skolah lbh bnyak gurau dri srius'nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. belajar otodidak atau les privat aja supaaya bisa serius.. :)

      Hapus
  8. Thanks banget kk .. ^_^
    Blognya bagus , jadi betah lama2 disini .. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama adhi..

      wah makasie ya, semoga artikel artikelnya juga tidak mengecewakanmu.. :b

      Hapus