.

Fenomena Penampakan Pelangi Malam di Langit Jepang


Pelangi merupakan fenomena alam yang sangat indah dan jarang terjadi apalagi saat malam tiba. Busur warna-warni yang muncul di langit sangat memukau mata seakan menyadarkan kita akan kebesaran Tuhan. Pelangi biasanya muncul setelah turun hujan. Tapi, ternyata pelangi juga dapat muncul pada malam hari.
Fenomena itu diabadikan dalam jepretan foto di prefektur paling selatan Okinawa, Jepang. Seorang peneliti dari Observatorium Astronomi Nasional Jepang di pulau itu menggunakan kamera khusus untuk merekam penampakan pelangi pada Sabtu tengah malam pekan lalu di Pulau Ishigaki, Jepang.


Seperti yang dikutip dalam laman NHK, Rabu (11/1), seorang Ilmuwan Jepang Hidekazu Hanayama yang melihat pelangi malam itu menganggapnya sebagai pengalaman mistik.



Berbeda dengan pelangi di siang hari yang ditimbulkan dari cahaya matahari, pelangi malam ini tercipta dari cahaya bulan. Menurut sumber, pelangi malam dapat dilihat sebelum dan sesudah bulan purnama saat udara lembab dan langit yang gelap. Fenomena ini terjadi akibat tetesan air di atmosfer yang membiaskan cahaya dari bulan.

Ishigaki memang sedikit gerimis pada Sabtu petang dan pelangi dilaporkan terlihat selama sekitar 30 menit ketikabulan purnama. Observatorium mengatakan, fenomena ini pernah difoto di Hawaii dan tempat lain, tapi jarang di Jepang.

Tapi fenomena ini sulit tertangkap kamera, karena cahaya bulan jauh lebih lemah daripada sinar matahari. Dan untuk melihat fenomena menakjubkan ini, bulan harus cukup rendah di kaki langit dan posisi kita harus berada membelakangi bulan.

0 Response to "Fenomena Penampakan Pelangi Malam di Langit Jepang"

Poskan Komentar