.

Hanabi Matsuri "Festival Kembang Api" yang Cantik di Jepang



Salah satu event yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke Jepang pada saat mendekati akhir musim panas adalah ”Hanabi Matsuri” atau festival kembang api. Festival kembang api ini pada umumnya digelar setiap tahunnya di seluruh wilayah Jepang mulai dari akhir Bulan Juli sampai Agustus. Festival biasanya berlangsung selama kurang lebih 1 jam dan benar-benar membuat siapa saja yang menonton merasa takjub.


Festival kembang api di Jepang akan dilaksanakan pada saat musim panas. Sejarah dilaksanakannya festival ini adalah sebagai perayaan untuk mendoakan penduduk yang meninggal akibat epidemi kolera dan kelaparan besar pada tahun 1732. 


Festival ini biasa disebut dengan "Hanabi Matsuri". Hanabi artinya kembang api, sedangkan matsuri artinya festival. Jadi "Hanabi Matsuri" bermakna festival kembang api. Untuk perayaannya sendiri dilakukan di pinggir sungai. Hal ini dikarenakan refleksi cahaya di air akan terlihat lebih indah. Bukan hanya terdapat kembang api saja, namun terdapat juga tempat hiburan seperti bazzar disekeliling area dilaksanakannya hanabi matsuri.


Masyarakat yang datang beraneka ragam. Mulai dari orangtua, anak-anak dan tentunya remaja. Dan tradisi untuk menghadiri festival ini adalah dengan menggunakan "Yukata". Yukata merupakan kimono non formal yang biasa digunakan untuk menggantikan kimono sesungguhnya disaat terdapat acara non formal. Dan Yukata sudah menjadi pakaian wajib ketika hanabi berlangsung. Walaupun tidak semua orang yang hadir menggunakan yukata, namun sebagian besar akan menggunakannya(terutama perempuan).


Sumber: wearehappyperson.blogspot.com

0 Response to "Hanabi Matsuri "Festival Kembang Api" yang Cantik di Jepang"

Poskan Komentar