.

Jajanan Khas Jepang "Oden" Gorengan Yang Dicelupkan Ke Dalam Kuah


Oden itu adalah makanan khas Jepang yang biasanya dinikmati malam hari ketika udara sedang dingin. Intinya, berbagai jenis makanan dimasukkan kedalam mangkok oden, direbus bersama dengan kaldu. Isi dari oden sendiri bermacam-macam dan tergantung dari tempat dimana kalian membelinya. Biasanya kalian akan menemui daging sapi, ikan, tahu, cumi, gurita, sosis, kentang, rumput laut, daging ayam, pangsit, telur, lobak, dan saya yakin bahan oden lebih dari ini.


Foto di atas diambil dari salah satu gerobak penjual oden di Jepang. Kalian akan sangat mudah menemukan penjual oden di seluruh daerah di Jepang, terutama ketika ada festival, maka biasanya disitu selalu ada penjual oden. Biasanya penjual ramen juga menjual oden.

Kalian dapat melihat dibawah, beberapa makanan dalam oden yang terendam kuah kaldu. Kaldu yang terus dipanaskan membuat makanan-makanan menyerap kaldu kedalamnya.


Sebenarnya ramen secara tradisional adalah makanan khusus musim gugur atau dingin, tapi kini dijual sepanjang tahun. Dibawah ini beberapa jenis makanan yang ada dalam oden lainnya yang sulit untuk ditebak.

Hanpen
Terbuat dari ikan dan ubi, dan terasa sangat lembut di lidah

Ganmodoki
Ini adalah tahu yang dicampur dengan potongan sayur, kemudian digoreng

Ini adalah isi dari Ganmodoki. Kalian dapat melihat disana potongan sayurnya

Satsuma Age
Ikan goreng tepung. Biasanya dijual juga terpisah dengan oden, dimana disajikan dengan mayonaise dan rasanya ENAK banget

Daikon
Daikon berarti lobak. Rasanya seperti kentang, tidak terlalu banyak mengandung rasa. Ukuran makanan ini besar sekali, sebesar telapak tangan.

Tsumire
Bakso ikan. Rasanya gurih dan enak

Wiener Maki
Sosis yang dibungkus dengan satsuma dan digoreng. Kemudian diletakan di pot oden

Pesanan oden dari gerobak lain

Tsukune
Ini adalah bakso ayam. Biasanya dijual berbarengan dengan yakitori. Tapi yang satu ini ditusuk dengan tusuk sate.

Naruto
Bagian yang berwarna putih dikiri disebut Naruto. Rasanya seperti chikuwabu tapi bentuknya berbeda dan ada spiral pink ditengahnya. Yang sebelah kanan itu ganmodoki.

Gyuusuji
Daging sapi, sama seperti tsukune, biasanya dijual dengan yakitori, tapi karena dimasukan kedalam pot oden maka jadilah oden

Hanpen
Hanpen seperti diatas, hanya bentuknya saja yang berbeda

Yaki Chikuwa
Ini adalah cumi yang digiling halus kemudian dibentuk seperti itu, dan kemudian digoreng

Chikuwabu
Sejenis pangsit ala Jepang

Konnyaku
Konnyaku suka disebut sebagai "lidah setan". Teksturnya juga lucu. Terasa seperti jeli tapi tidak kenyal. Rasanya tidak terlalu kuat, jadi sebagian besar dia menyerap kaldu dari kuah oden.

Ini adalah gerobak oden. Seperti yang terlihat di bawah, biasanya mereka juga menjual ramen digerobak yang sama. Ada kenikmatan tersendiri untuk menyantap oden di gerobak daripada di restoran.


Kalian tidak perlu tau nama dari setiap makanan di dalam oden. Kalian cukup menunjuk saja makanan yang ingin dimakan, kemudian penjualnya akan menaruhnya dipiring kecil dengan kuah oden, dan siap dinikmati. Saya sarankan agar kalian mencoba oden. Meskipun makanan didalamnya terlihat asing bagi kalian, tapi percayalah rasanya enak. 

Bahkan beberapa makanan seperti gyuusuji (daging sapi) dan sukune (bakso ayam), tentunya sudah tidak asing bagi lidah kalian. Kemudian pastikan juga kalian mencoba chikuwabu, rasanya seperti pangsit ayam. Pastikan kalian bilang chikuwaBu, bukan chikuwa.

Selanjutnya kalian bisa coba hanpen, atau daikon, yang terbuat dari lobak. Jika kalian suka tahu, maka ganmodoki cocok untuk kalian. Selanjutnya kalian bisa mencicipi satsuma age dan chikuwa, kedua makanan ini punya rasa yang sedikit asing bagi lidah kalian. Dan yang terakhir kalian dapat mencoba konnyaku. Ini mungkin yang paling aneh untuk dicoba.


Nah, yang satu ini juga unik di Jepang. Jika biasanya mesin penjual otomatis/ vending machine menjual minuman ringan atau rokok, yang satu ini menjual oden. 90% vending machine di Jepang menjual minuman, 9% menjual rokok, dan 1% sisanya menjual hal-hal yang aneh dan unik, salah satunya yah oden ini ^^



Sumber: Halojepang.blogspot.com

0 Response to "Jajanan Khas Jepang "Oden" Gorengan Yang Dicelupkan Ke Dalam Kuah"

Posting Komentar