.

Mengapa Drama Kabuki Hanya di Mainkan oleh Pria?


Salah satu seni tradisional Jepang yang sangat terkenal adalah Kabuki, yaitu drama tari yang aneh dan inkonvensional (tidak lazim). Kata Kabuki berasal dari Kabuku, yang artinya aneh dan tidak biasa. Dalam karakter huruf Cina (asal usul karakter huruf Jepang), Kabuki berarti Ka (tembang), Bu (tari) dan Ki (permainan). Sampai saat ini, Kabuki hanya dimainkan pria, hal itu bermula dari pelarangan kaisar terhadap wanita untuk tampil di panggung. Dan Kabuki hingga sekarang masih setia dengan pelarangan itu, meski larangan tersebut telah dicabut.




Pada tahun 1629 raja mengharamkan wanita tampil di panggung. Larangan tersebut berlangsung dua abad lebih. Baru pada tahun 1891, ketika pengaruh Barat sudah masuk Jepang, aktris drama Jepang bisa tampil lagi. Namun Kabuki tetap bertahan tanpa pemain wanita, sebab tarian Kabuki dirasa terlalu berat untuk wanita.

Banyak penonton asing tertarik pada Kabuki, justru pada permainan “perempuannya” yang sangat gemulai, yang disebut “onnagata” –meski dimainkan pria. Salah seorang onna-gata Kabuki yang terkenal adalah bando Tamasaburo. Umumnya pemain Kabuki turun temurun. Anak-anak aktor sejak kecil telah di didik keras dengan latihan-latihan berat untuk menjadi aktor Kabuki.

Permainan Kabuki dan panggungnya sangat fleksibel dan variatif. Kebebasan gerak pemainnya mungkin hampir sama dengan tarling, kesenian Cirebon. Pemain bisa saja muncul dari arena penonton dan jalan-jalan di tengah penonton sambil berdialog dengan mereka. Pada Kabuki, memang disediakan tempat di kiri belakang penonton untuk sebagian pemainnya. Di samping itu, panggung pun harus dibuat sedemikian rupa, karena dalam beberapa adegan, pemain Kabuki harus ''lenyap'' ke dalam bumi, atau naik gunung, memanjat pohon, tebing dan ''menghilang'' entah ke mana. Tentu saja, untuk mendukung penampilannya, semuanya di iringi sound effect dan permainan tata warna cahaya elektronis yang canggih (sesuai kemajuan teknologi Jepang).

Sumber: Hatarako News

0 Response to "Mengapa Drama Kabuki Hanya di Mainkan oleh Pria?"

Poskan Komentar