.

Mengapa Orang Jepang Tidak Suka Memakai Sepeda Motor?


Semua orang pastilah tahu jika negara Jepang adalah produsen alat transportasi elektronik (mobil, sepedamotor, kereta) yang paling banyak di dunia. Tetapi pastilah banyak juga di antara kalian yang bertanya-tanya mengapa sebagai negara produsen jarang menggunakan mobil atau sepeda motor yang mereka produksi sendiri? 

kereta api di Jepang

Jepang merupakan negara super maju termasuk negara bertingkat polusi sangat kecil. Masyarakat Jepang lebih banyak menggunakan jasa angkutan umum seperti kereta api, karena kereta api di sini sangat modern. Jadwal keberangkatannya saja selalu tepat waktu, kereta yang terlambat biasanya paling lama menunggu hanya empat menit. Maka jika kita lihat sepintas kelihatannya kota sepi, karena jarang kendaraan pribadi lalu lalang di jalan.

Bisa dibandingkan pengguna motor dengan sepeda itu lebih kurang satu berbanding satu juta seperti terlihat di Tokyo dan kota-kota lainnya. Di kota ataupun desa, semua orang jepang lebih suka menaiki sepeda pancal ataupun jalan kaki. Oleh karena itu negara maju ini juga terhindar dari kemacetan atau pencemaran udara. 

Bebas macet

Sedangkan penggunaan sepeda motor kebanyakan bukan untuk urusan pribadi, biasanya digunakan untuk delivery maupun mengantar barang atau pesanan makanan. Mobil juga digunakan pada waktu yang sangat diperlukan saja seperti tamasya keluarga, atau acara keluarga. 

Kapan hal ini bisa terjadi di negara indonesia ya? Alangkah baiknya jika setiap hari kita menaiki sepeda dan berjalan kaki. Selain bisa mengurangi pencemaran udara dan kemacetan, kita juga dapat berolahraga rutin setiap hari, menjaga tubuh agar tetap sehat, dan mencegah obesitas, belum lagi bersepeda dapat menghemat biaya karena tidak memerlukan bensin untuk transportasinya.

Semua orang memakai sepeda

Tidak heran jika orang Jepang dikatakan sehat-sehat dan panjang umur, karena kesadaran mereka akan kesehatan jauh lebih tinggi dari pada orang Indonesia.

“Di sini tempat parkir di stasiun kereta penuh oleh ratusan hingga ribuan sepeda, bukan mobil”, Kata seorang pengguna setia kereta api dengan menggunakan Kartu Langganan pengganti tiket, Nakazawa Yoshifusa kala itu di Stasiun besar Kanazawa.

Sumber: http://susibudiani.wordpress.com

0 Response to "Mengapa Orang Jepang Tidak Suka Memakai Sepeda Motor?"

Poskan Komentar