.

Mengenal Kandungan Gizi dalam Sushi dan Resikonya


Apa Itu Sushi?

Sudah tentu tiap orang pastinya ingin mencoba jenis makanan yang belum mereka konsumsi sebelumnya. Bila mengenai makanan yang unik, yang dapat Anda coba adalah makanan khas dari negara Jepang yang bernama Sushi. Apa itu Sushi? Bila mendengar tentang jenis makanan Sushi, yang muncul dipikiran setiap orang tentu adalah tiga hal yaitu nasi Jepang, nori atau rumput laut, dan juga ikan mentah terutama tuna. Yang menjadikan makanan tersebut unik tentu adalah penggunaan ikan mentah sebagai bahan utama dan juga kecap soyu yang asin. Sudah banyak kedai Sushi yang dapat Anda jumpai disekitar Anda. Namun tidak berarti Anda dapat sembarangan mengkonsumsi Sushi karena Anda harus tahu apa saja manfaat dan resikonya.

Gizi Dalam Sepotong Sushi 

Sushi, makanan asal Jepang ini memiliki banyak penggemar di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Meskipun banyak disukai, namun banyak juga yang ragu-ragu mengkonsumsi sushi karena sebagian besar bahan-bahannya terbuat dari bahan mentah. Agar Anda tidak ragu lagi dalam mengkonsumsi sushi, berikut ini adalah beberapa catatan mengenai kandungan gizi dalam sushi:

Salmon atau Tuna


Kedua jenis ikan ini adalah jenis ikan yang paling populer sebagai pengisi sushi. Dalam situs l-men.com disebutkan bahwa pada 100 gram daging tuna atau salmon segar mengandung 22 gram protein dan kandungan omega-3 yang tinggi. 

Nori (Rumput Laut)


Nori yang biasanya digunakan sebagai pembungkus sushi jenis sushi roll, memiliki kandungan nutrisi penting seperti protein, yodium, kalsium, zat besi, dan kaya serat. 

Wasabi


Beberapa orang tidak menyukai wasabi karena rasanya yang pedas di mulut. Namun sebenarnya, wasabi mengandung antioksidan isothiocyanate seperti brokoli yang berkhasiat mencegah kanker. Tak perlu menyantapnya dalam jumlah banyak, cukup sejumput, Anda sudah dapat merasakan manfaatnya.

Tobiko
Tobiko adalah telur ikan terbang. Ukurannya mungil, bervariasi antara 0.5 mm - 0.8 mm. Biasanya tobiko berwarna merah atau oranye, bertekstur renyah dan memiliki rasa gurih.


Tobiko mentah memiliki gizi yang tinggi karena kaya vitamin, protein dan omega-3. Kandungan kolesterolnya sebenarnya juga cukup tinggi, namun masih dalam batas aman jika mengkonsumsinya sekitar satu sendok teh per hari.

Sushi yang terbuat dalam makanan laut mentah membuat makanan ini cepat membusuk. Karena itu sebaiknya sushi yang sudah dihidangkan segera disantap. Dengan pengolahan dan pemilihan bahan-bahan yang tepat, sushi adalah makanan ringan yang menyehatkan. Jadi, tak perlu takut lagi mengkonsumsi sushi!

Resiko Terlalu Makan Banyak Sushi

Selain manfaat sushi, Anda perlu juga memahami apa saja resiko yang dapat muncul dari mengkonsumsi terlalu banyak sushi. Resiko yang paling signifikan adalah mengenai bahaya kandungan merkuri pada daging ikan mentah pada Sushi tersebut. Sushi yang mengandung merkuri yang terlalu tinggi tentu saja dapat memberikan efek buruk pada kesehatan tubuh. Resiko kedua adalah kandungan garam yang tinggi pada kecap soyu. Bagi Anda penderita darah tinggi, kecap tersebut tentu akan berakibat buruk. Resiko yang lain adalah yang berhubungan dengan kandungan bakteri dan cacing gelang pada ikan mentah Sushi tersebut. Pastikan untuk mencuci bersih ikan sebelum mengolah Sushi tentunya.

0 Response to "Mengenal Kandungan Gizi dalam Sushi dan Resikonya"

Poskan Komentar