.

Rekor Sushi Termahal, Terbesar, dan Terpanjang di Dunia


Sushi Terbesar di Dunia


Sushi terbesar ini dibuat oleh Umewaka di kota Anjo, Jepang. Beratnya 6 kilogram dengan diameter mencapai 25 centimeter. Sushi ini terdiri dari gulungan besar nori yang diisi dengan nasi dan 24 jenis isian sushi seperti salmon, tuna, tamagoyaki, alpukat, dan lain-lain. Untuk membuat sushi ini diperlukan nori sepanjang 2 meter untuk menggulungnya. Sushi ini bisa dipesan 2 hari sebelumnya dengan harga 15.000 Yen (Rp 1.728.000).

Sushi Terpanjang di Dunia


Sebuah mall bernama META di kota Yakaterinburg, Rusia, berhasil memecahkan rekor dunia Guinness Book of World Records (tahun 2011) dengan menghadirkan sushi kappa maki (sushi dengan isi mentimun) terpanjang di dunia. Sushi sepanjang 2,5 kilometer dapat mengelilingi stadion. Untuk membuatnya dibutuhkan 60 orang chef yang merakit 1,5 ton nasi, 500 kilogram mentimun, 14.000 lembaran nori, dan 25 kilogram biji wijen. Jika dipotong-potong, bisa menghasilkan sekitar 60.000 potongan sushi kappa maki!

Sushi Termahal di Dunia


Seorang chef asal Filipina yang bernama Angelito Araneta Jr., pada tahun 2010 berhasil membuat dunia terkejut dengan sushi termahal di dunia hasil ciptaanya. Sushi ini mahal karena menggunakan emas dan bahan-bahan premium yang langka. Seperti cuka balsamic Itali yang berusia 12 tahun, beras Jepang, air mineral berusia 70 tahun, gula Muscovado, salmon pink dari Norwegia,foie gras, mentimun laut, daging kepiting premium, kunyit liar, mayonnaise dengan mentega, nori berlapis emas 24 karat, mutiara asli dari Palawan, dan berlian asli Afrika. Sushi mahal ini dijual seharga 198,999 Peso Filipina (Rp 52.103.400) per porsinya.

Mozaik Sushi Terbesar di Dunia


Untuk merayakan 10 juta impor salmon Norwegia ke China, Norwegia membuat sebuah kreasi mozaik bergambar persatuan antara bendera China dan Norwegia di acara Shanghai Expo 2010. Untuk membuat mozaik sushi terbesar ini, diperlukan 60 orang chef asal Norwegia untuk membuat 8.734 potongan sushi aneka jenis yang disusun sedemikian rupa hingga sangat indah.

Sushi Terenak di Dunia


Sushi terenak di dunia ditemukan di Sukiyabashi Jiro, yang dimiliki oleh seorang tua bernama Jiro Ono. Usianya 85 tahun. Restoran yang terletak di basement gedung daerah Ginza, berukuran kecil dan hanya bisa memuat 10 orang saja. Meski kecil dan letaknya terpencil, restoran ini sangat istimewa. Sayangnya, tak mudah untuk bisa makan di sini. Selain soal harganya yang selangit, atau hampir 300 dolar AS untuk satu set sajian, kita juga harus melakukan reservasi, minimal tiga bulan sebelumnya. Kalau langsung go-show, jangan harap bisa mendapat tempat duduk.

0 Response to "Rekor Sushi Termahal, Terbesar, dan Terpanjang di Dunia"

Poskan Komentar