.

Resep Cara Membuat Okonomiyaki "Pizza Jepang" Yang Mudah dan Enak


Kali ini saya akan membagikan cara membuat salah satu makanan Jepang favorit saya yaitu okonomiyaki. Saya suka membuat ini ketika sedang bosan makan nasi dan lauk, juga ketika sedang malas masak hehehe. Untuk bahan cukup sediakan kol, telur, tepung, daging/seafood, saus okonomiyaki, dan mayonaise. Untuk takaran tidak saya berikan karena judulnya okonomiyaki, yang artinya sesuka hati, jadi pada dasarnya resep ini bisa memasukkan bahan-bahan yang disukai, tidak perlu benar-benar mengikuti bahan di resep ini.

Okonomiyaki terdiri dari dua versi:
versi Kansai: irisan kol dicampur dengan adonan seperti sewaktu membuat fuyunghai
versi Hiroshima (Hiroshimayaki): irisan kol hanya diletakkan di atas adonan yang dibulatkan seperti membuat panekuk

Walaupun Okonomiyaki yang asli digoreng di atas penggorengan datar yang disebut teppan, okonomiyaki bisa digoreng di atas wajan biasa (penggorengan datar) dengan hasil yang hampir sama enaknya.

Rahasia kelezatan okonomiyaki terletak pada saus okonomiyaki yang bisa dibeli di toko swalayan yang menjual bahan makanan Jepang. Saus okonomiyaki terbuat dari saus tomat khas Jepang dari tiram dan shoyu. Buat sendiri dari 3 sdm saus tomat, 2 sdm shoyu, 1 sdm saus tiram, 1 sdt gula pasir. Rebus bersama ½ sdt tepung maizena hingga mengental. Yuk langsung kita simak gimana resepnya!

1. Potong kol menjadi irisan kecil


2. Kocok telur dengan sedikit tepung. Tambahkan sedikit air putih. Masukkan irisan kol. Aduk rata.


3. Potong daging / seafood yang disukai. Boleh dioseng-oseng sebentar atau langsung dicampur dengan adonan telur,tepung, dan kol. Di foto yang saya pakai adalah cumi.


4. Selain bahan-bahan yang disebut di atas, Anda boleh menambahkan bahan-bahan lain yang disukai. Boleh dicoba-coba sesuai selera. Di foto di bawah ini saya menambahkan gorengan yang dijual di supermarket.


5. Setelah aduk rata, tuang minyak goreng secukupnya di kuali anti lengket atau “double pan”


6. Setelah beberapa lama, balik dan matangkan sisi lainnya.


7. Setelah matang, tuang saus okonomiyaki, taburi dengan nori tabur, katsuboshi, dan mayonaise. Hidangkan selagi panas.



0 Response to "Resep Cara Membuat Okonomiyaki "Pizza Jepang" Yang Mudah dan Enak "

Poskan Komentar