.

Sukiyabashi Jiro, Restoran Sushi Terbaik di Dunia


Jika ingin mencoba kelezatan sushi yang asli, tentu saja harus mampir ke negara asalnya, Jepang. Namun, restoran di Tokyo ini tak sekedar menyajikan citarasa asli sushi. Sushi barmungil ini dinobatkan sebagai restoran sushi terbaik di dunia.


Mendengar kata 'restoran terbaik di dunia', mungkin yang terlintas adalah restoran bintang lima dengan interior mewah dan bisa memuat ratusan pengunjung. Namun, Sukiyabashi Jiro berbeda. Sushi bar ini hanya memuat sekitar 10 tempat duduk. Lokasinya di Ginza, dekat sebuah stasiun kereta di Tokyo.


Jangan tertipu dengan tampilan restorannya yang sederhana. Di balik meja, ada otak brilian yang membuat restoran ini terkenal di seluruh dunia. Dialah Jiro Ono, kakek berusia lebih dari 80 tahun yang diberi gelar 'living national treasure' dan 'modern master' oleh pemerintah Jepang atas kontribusinya terhadap bidang kuliner. Jiro adalah sushi chef pertama yang menyandang 3 bintang Michelin.

Michelin Guide adalah buku panduan restoran terbaik di beberapa kota besar di dunia, di mana restoran tersebut diberi peringkat 1 sampai 3 bintang Michelin. Mendapat 1 bintang saja merupakan kebanggaan luar biasa, apalagi jika bisa mendapat nilai sempurna yaitu 3 bintang dari buku prestisius ini. Di seluruh dunia, restoran yang memperoleh 3 bintang Michelin kurang dari 100 nama, dan Sukiyabashi Jiro adalah salah satunya.

Anda tidak akan menemukan California Roll atau Philadelphia Roll di sini. Sushi yang disajikan autentik dan sederhana. Daging ikan dan makanan laut lain diolah dalam kondisi sangat segar. Cukanya pun dibuat sendiri.


Namun, kualitas sushi ini tak hanya berasal dari bahan baku terbaik. Jiro sendiri yang mengukur nasinya satu per satu. Ia tidak membiarkan asistennya membantu membentuk nasi untuk sushi karena ukurannya akan berbeda.

Perhatian Jiro terhadap hal-hal terperinci membuat sushi di restoran ini dibuat dengan presisi. Perbandingan ikan, temperatur nasi, hingga letak sushi di atas piring memperlihatkan keterampilan tingkat tinggi yang ia kuasai. Sushi baru dibuat saat dipesan, sehingga masih hangat saat tersaji di depan Anda.

Kalau Anda mampir ke sini, Anda tidak perlu memilih sushi dari daftar menu. Penyajiannya bergaya omakase, yaitu membiarkan si chef yang memilihkan sushi, mulai dari yang ringan sampai yang paling berat.

Sayang, Jiro dan semua asistennya tidak ada yang bisa berbahasa Inggris. Namun, jika Anda paham Bahasa Jepang, Anda akan tahu bahwa Jiro memiliki selera humor tinggi. Meski sudah termasyhur sebagai sushi chef terbaik dunia, ia tak pernah puas dan masih mengejar kesempurnaan. Wajar saja jika David Gelb membuat film dokumenter berjudul 'Jiro Dreams of Sushi'.


Chef terkenal dunia, Anthony Bourdain, sampai menobatkan Sukiyabashi Jiro sebagai restoran sushi terbaik di dunia. Joël Robuchon, chef asal Perancis, juga memfavoritkan sushi bar ini. Selain di Ginza, restoran ini juga membuka cabang di Roppongi Hills, Minato, Tokyo, yang memperoleh 2 bintang Michelin. Pengelolanya adalah putera Jiro, yaitu Takashi. Ingin mencicipi sushi istimewa ini? Siapkan uang tunai 24-33 ribu yen (setara Rp 2,6-3,7 juta) karena di sini tidak menerima kartu kredit atau debit.

0 Response to "Sukiyabashi Jiro, Restoran Sushi Terbaik di Dunia"

Poskan Komentar