.

Tama~chan, Seekor Kepala Stasiun Jepang Yang Sangat Lucu


Hallo, Hari ini kalian akan kuperkenalkan dengan seekor kepala stasiun yang bernama Tama. Lo kog seekor? Iya memang kepala stasiun ini bukan seorang manusia melainkan seekor hewan.. Hewan apakah itu?? Yuk kita simak aja!


Tama (たま) adalah kucing jenis calico yang menjadi kepala stasiun dan petugas pengoperasian pada Stasiun Kishi di Kinokawa, Perfektur Wakayama, Jepang (Wah aneh-aneh saja kucing jadi kepala stasiun!). Tama lahir pada tanggal 29 April, 1999 dengan 3 saudaranya. Namun salah satu saudaranya mati dan 2 lainnya diadopsi orang. Sehingga Tama yang memiliki bulu 3 warna dan induknya dipelihara oleh seorang pemilik kios makanan dan minuman di dekat stasiun.

Tama pun akhirnya hidup dengan induknya dan seekor kucing lagi yang diberi nama Chibi yang merupakan kucing yang dibuang pemiliknya di dekat stasiun yang akhirnya dibesarkan juga oleh induk Tama. Akhirnya ketiga kucing ini pun dikenal banyak orang dan disebut sebagai idola stasiun.

Pada bulan Agustus tahun 2004, Nankai Electric Railway, perusahaan perkeretaapian setempat memutuskan untuk menutup jalur kereta api lokal karena omset yang terus menurun yang kemudian diambil alih oleh perusahaan transportasi Ryobi Group yang bermarkas di Prefektur Okayama dan mendirikan sebuah perusahaan kereta api baru yang bernama Wakayama Electric Railway untuk dioperasikan di jalur Kishigawa yang panjangnya hanya 13,4 km sebagai anak perusahaan Okayama Electric Trainway.


Pemerintah kota Kishi kemudian membeli Jalur Kereta Api Kishigawa beserta bangunan stasiun Kishi dan meminta agar kandang ketiga kucing yang berada di depan stasiun untuk dipindahkan karena dinilai mengganggu. Namun ternyata setelah jalur tersebut dioperasikan lagi pada 1 April 2006, Mitsunobu Kojima (direktur Ryobi Group merangkap direktur Wakayama Railway) yang berkunjung ke Stasiun Kishi, terpikat pada pandangan pertama kepada Tama. Dia pun mengijinkan Tama, Chibi dan induknya untuk tinggal di stasiun dan menjadikan Tama sebagai maneki neko untuk menarik pengunjung.

Akhirnya Tama diangkat menjadi kepala stasiun pada 5 Januari 2007. Peristiwa ini sungguh fenomenal, karena sebelumnya belum pernah ada seekor kucing yang menjadi kepala stasiun di Jepang. Setelah Tama diangkat sebagai kepala stasiun pengunjung stasiun pun meningkat hingga 17% dan meningkatkan penghasilan penduduk lokal secara tidak langsung karena wisatawan yang datang. Tamapun tidak lupa diberi topi, seragam dan gaji berupa makanan gratis seumur hidup oleh pemerintah Jepang.

0 Response to "Tama~chan, Seekor Kepala Stasiun Jepang Yang Sangat Lucu"

Poskan Komentar