.

Apa Yang Dimaksud Dengan "JR-Pass" Japan Rail Pass?


Apa Artinya Japan Rail Pass?
Japan Rail Pass adalah tiket kereta untuk menjelajah jepang dari hokkaido sampai kyushu dengan harga yang sangat murah dan hanya boleh dipakai untuk pemegang visa turis (temporary visitor). Tiket yang dikeluarkan oleh Japan Railways Group (JR) ini bisa digunakan untuk menumpang hampir semua sarana transportasi (kereta, bus, bus antar kota, dan ferry) yang dimilki Japan Railways Group di seluruh Jepang.

"JR-Pass" Japan Rail Pass

Siapa yang dapat menggunakan JR-Pass?
-FIT atau group kecil dan keluarga
-Ticket ini hanya berlaku untuk orang asing (selain warga negara Jepang) dan mempunyai harga yang ekonomis
-Turis dengan visa ”Temporary status“

Jenisnya Apa Saja?
Ada dua macam Japan Rail Pass, Green untuk kelas utama dan Ordinary untuk kelas biasa. Pass ini ada yang berjangka 7, 14 dan 21 hari. Sudah bertahun-tahun harga (dalam Yen) Japan Raill Pass ini relatif tidak berubah:

Harganya Berapa?

Harga "JR-Pass" Japan Rail Pass

Tempat belinya dimana?
Pass yang memang khusus diperuntukkan para wisatawan dari manca negara ini harus dibeli di luar Jepang, melalui travel agent, kantor-kantor perwakilan Japan Airlines atau beli disini lihat sidebar sebelah kanan bergambar kereta. Pada waktu membeli, si pembeli menerima Exchange Order yang harus ditukar menjadi Japan Rail Pass di salah satu stasiun-stasiun Japan Railways Group (JR), termasuk stasiun di Terminal 2, Narita Airport dan stasiun di Kansai Airport. Pada waktu menukar, Exchange Order ini harus disertai paspor si pembeli, yang akan diperiksa status visanya, karena hanya pemegang paspor dengan visa berstatus ”temporary visitor” yang bisa membeli dan menggunakan Japan Rail Pass ini. Masa berlaku Japan Rail Pass ini dihitung mulai dari saat Exchange Order ditukar menjadi Japan Rail Pass.
Cara Pakai JR-Passnya Gimana?
Hampir semua karcis kereta di Japang dijual lewat mesin karcis otomatis yang terdapat di setiap stasiun. Dan para penumpang masuk ke dan keluar dari stasiun lewat “automatic ticket-reading gate” yang umumnya tidak dijaga. Pemilik Japan Rail Pass tidak bisa masuk dan keluar lewat “automatic ticket-reading gate” karena tidak memiliki karcis yang bisa “dibaca” oleh automatic gate tersebut. Jadi ia harus masuk lewat “gate” yang dijaga oleh petugas dengan menunjukkan pass yang dimilikinya. Demikian juga pada waktu keluar dari stasiun. Pada foto di bawah, gate yang paling kanan adalah jalan masuk dan keluar bagi pemilik Japan Rail Pass. Tampak petugas di belakang loket kaca.

Loket Penukaran "JR-Pass" Japan Rail Pass

Kapan bisa memakainya?
Meskipun Japan Rail Pass ini bisa dipakai sewaktu-waktu (dalam masa berlakunya) untuk menumpang di gerbong-gerbong kereta yang tempat duduknya tidak dipesan, untuk perjalanan yang jauh (untuk mana biasanya penumpang cenderung menggunakan kereta berkecepatan tinggi yang dikenal dengan nama Shinkansen) atau pada waktu-waktu tertentu (minggu-minggu akhir dan awal tahun, sekitar 27 April sampai 6 Mei yang dikenal sebagai Golden Weeks, dan sekitar 11 sampai 20 Agustus yang dikenal sebagai musim Obon Festival), disarankan untuk memesan tempat lebih dulu.

Dimana Tempat Pemesanan Tempat Duduk untuk JR-Pass?
Pemesanan tempat ini bisa dilakukan di Travel Service Center (yang terdapat di banyak tempat di Jepang), Reservation Office (Midori-no-madoguchi) pada setiap stasiun JR, yang ditandai dengan gambar penumpang duduk dalam warna hijau (midori), atau travel agents yang beraffiliasi dengan JR, dengan menunjukkan Japan Rail Pass, untuk mendapatkan karcis dengan nomor tempat duduk yang dialokasikan kepada sang pemesan.

Kippu Uriba "JR-Pass" Japan Rail Pass

Selain JR-Pass adakah tiket murah yang lainnya?
Selain Japan Rail Pass, untuk wisata di kota Tokyo bisa dibeli Tokyo Metro Open Ticket, yang berlaku buat 9 jalur kereta bawah tanah di Tokyo Metropolitan. Pass yang berjangka 1 hari harganya Y600, dan yang berjangka 2 hari harganya Y980. Untuk menjangkau daerah yang lebih luas, misalnya mau melancong juga ke Yokohama dan Kamakura, bisa dibeli Holiday Pass. Pass ini berlaku selama sehari, dan hanya bisa digunakan pada hari Sabtu, Minggu atau hari-hari libur resmi. Karena itu dinamakan Holiday Pass. Buat wisata di dearah Kansai bisa dibeli Kansai Thru Pass yang berjangka 2 hari (dengan harga Y3800 untuk dewasa dan Y1900 untuk anak), atau berjangka 3 hari (dengan harga Y5000 untuk dewasa dan Y2500 untuk anak). Dengan Kansai Thru Pass ini kita bisa naik kereta, kereta bawah tanah (selain jalur JR) serta bus di Osaka, Kyoto, Nara, Kobe dan Wakayama, serta mendapat harga discount atau promosi buat lebih dari 350 atraksi turis di kota-kota di atas.


0 Response to "Apa Yang Dimaksud Dengan "JR-Pass" Japan Rail Pass?"

Poskan Komentar