.

10 Tips Untuk Diet dan Langsing Seperti Wanita Jepang


Siang minasan. Hari ini Japanindocuteculture akan membeberkan rahasia diet orang Jepang. Okay gak pake basa basi langsung saja ya kita simak artikel 10 Tips untuk diet dan langsing seperti wanita Jepang dibawah ini:

10 Tips Untuk Diet dan Langsing Seperti Wanita Jepang

1. Ikan
Seperti kalian tahu Jepang merupakan konsumen ikan terbesar di dunia. Laki-laki maupun perempuan semuanya suka banget yang namanya ikan ini. Ibaratkan orang Indonesia yang suka makan tempe. hehehe. Orang Jepang tahu ikan tersebut banyak kandungan vitamin dan manfaatnya. Seperti yang dilansir oleh dailymail.co.uk menurut penelitian Harvard School of Public Health dan University of Washington, konsumsi ikan secara rutin dapat memaksimalkan kesehatan, bahkan mencegah kematian prematur. Selain memangkas risiko kematian prematur, konsumsi ikan penting untuk menyehatkan jantung dan perkembangan otak dalam meningkatkan kognisi serta menjauhkan gangguan radang otak. 

Tidak hanya itu saja ikan juga cocok untuk diet dan menurunkan berat badan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di University of Georgia, minyak ikan dengan DHA membantu menghentikan konversi pra-sel lemak ke dalam sel lemak sehingga mengurangi penumpukan lemak secara keseluruhan. Penelitian sebelumnya juga menunjukkan konsumsi kapsul minyak ikan diikuti dengan berolahraga efektif menurunkan lebih banyak lemak daripada olahraga tetapi tanpa asupan suplemen minyak ikan. Nah gimana teman-teman setelah baca ini yuk kita makan ikan..

2. Kecap
Orang Jepang juga mengonsumsi kecap asin atau shoyu. Biasanya ketika makan sushi pelengkapnya adalah shoyu. Mereka lebih suka memasak atau membumbui makanan dengan kecap asin daripada dengan saus tomat. Bahkan menurut penelitian penggunaan kecap asin Jepang 10x lipat lebih banyak daripada negara lainnya. Nah pertanyaannya sekarang mengapa kecap terutama kecap asin dapat membuat kita langsing? Karena kecap di jepang memiliki kandungan rendah lemak dan kalori dan memiliki protein yang sangat tinggi. Protein yang terdapat dalam kecap ini melebihi telur lho teman-teman.

3. Buah 
Nah untuk yang satu ini pasti kalian sudah tahu bahwa buah memiliki kandungan serat yang banyak. Wanita Jepang juga sering makan buah untuk melakukan dietnya. Mau tahu buah favorit masyarakat Jepang? Buah yang sering dimakan untuk diet adalah buah pisang. Mereka biasanya diet dengan makan pisang dan segelas air putih pada pagi hari. Selebihnya mereka boleh makan apapun di siang hari atau malam hari. Walaupun begitu makanan juga harus dijaga. Mereka tidak boleh makan makanan yang manis dan terlalu banyak gula. Makanan ringanpun hanya boleh dimakan sekali sehari. 

4. Kedelai
Orang Jepang juga suka kedelai lho tapi bukan tempe. Mereka lebih suka kedelai yang alami seperti kacang edamame, miso, tofu, miso dan lain-lain. Kacang kedelai mempunyai kandungan protein yang baik untuk menggantikan daging. Selain rendah lemak jenuh dan koresterol, kacang kedelai juga mempunyai protein nabati dan serat yang cukup untuk membuat kita mengontrol nafsu makan. Tidak heran banyak wanita jepang memilih kedelai untuk menu dietnya.

5. Sarapan
Beda dengan Indonesia. Wanita Jepang yang sedang berdiet sangat mementingkan sarapan pagi. Mereka rela memasak pagi-pagi untuk makanan suaminya ataupun dimakan sendiri. Porsi sarapan makanan pagi lebih banyak daripada makan siang dan makan malam. Mereka menganggap makan pagi berfungsi untuk membakar lemak yang ada dalam tubuh sehingga dapat menghasilkan energi yang banyak untuk bekerja. 

Kebiasaan ini sangat berbeda dengan negara kita. Orang Indonesia tidak suka makan pagi akibatnya agak siangan tubuh kita akan terasa lapar dan tidak terjadi proses metabolisme atau pembakaran lemak pada tubuh. Jadi percuma khan lemaknya tidak bisa terbakar, belum lagi tubuh akan merasa lemas karena tidak menghasilkan energi yang cukup untuk bekerja. Jadi minasan jangan lupa sarapan ya..

6. Nasi 
Wanita Jepang tidak menghindari nasi untuk berdiet. Mereka lebih memilih nasi dibandingkan dengan muffin, donat, roti, atau makanan pengganti nasi yang lainnya. Namun mereka umumnya makan nasi tanpa bumbu. Makanya di Jepang jarang ketemu sama nasi goreng, nasi kuning, nasi uduk, hmm mungkin ini alasannya ya. Menurut Dr. Sophia Hage, karbohidrat dalam nasi memang baik dan tidak boleh dihindari karena normalnya kita membutuhkan 50% hingga 60% karbohidrat dari total makanan yang kita konsumsi. Dengan catatan konsumsilah nasi tersebut secukupnya. Jika ingin diet lebih baik makan nasi dengan jumlah sedikit seperti orang Jepang, makan nasi hanyalah satu mangkok kecil bukan satu piring seperti kita.

7. Sayuran Segar
Dalam hidangan Jepang, sayur ini tidak bisa dittinggalkan karena sering kali sayur seperti paprika, lobak, kembang kol, terung, sering kali menjadi sajian utama masyarakat jepang selain ikan. Kebiasaan inilah yang biasa membuat wanita Jepang bertubuh langsing. Tahu khan sayur itu kaya serat sehingga membuat jadwal bab kalian menjadi lancar, lemakpun ikut hilang.

8. Teh Hijau
Tahukah kalian teh hijau jepang itu selalu ada di meja makan setiap makan pagi, siang maupun malam. Bahkan restoran-restoran Jepang menyajikan teh hijau secara gratis untuk tamunya. Wah enak dong.. Tunggu dulu enak menurut orang Jepang, namun untuk orang Indonesia seperti kurang cocok dilidah. Rasanya pahitttttt tahu. Soalnya dulu pernah diajak sacho pergi ke restoran Jepang, sambil nunggu makanan si ocha (teh  hijau) sudah ada di meja. Ya lagsung saja aku minum. Ternyata pahit banget kayak teh tanpa gula atau malah kayak jamu. hehe.

Kebiasaan minum teh hijau ini baik bagi tubuh karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat mengikat radikal bebas dalam tubuh. Apalagi jika diminum seperti wanita Jepang. Tubuh anda akan menjadi sehat dan langsing.

9. Cara Mengunyah
Ada satu nasehat dari Jepang mengenai hal ini yaitu hara hachi bunme yang artinya makanlah sampai 80% kenyang. Karena jika terlalu kenyang, lambung akan akan terbiasa dengan porsi yang besar dan itu akan berdampak buruk bagi tubuh. Nah untuk menghindari hal tersebut orang Jepang biasanya makan dengan cara mengunyah secara perlahan. Dengan mengunyah lebih lama akan memberikan sugesti kenyang lebih cepat pada tubuh. Belum lagi sinyal otak yang memberi tahu rasa kenyang bekerja selangkah lebih lambat dibanding cara kita makan. Untuk menyeimbangkannya maka diperlukan cara mengunyah yang lebih lama agar tubuh dapat memberi sinyal kenyang di waktu yang tepat. 

10. Olahraga
Terakhir stelah mengatur tata cara dan nafsu makan kita alangkah baiknya jika kita juga melakukan olahraga kecil dan rutin setiap hari. Orang Jepang setiap hari juga berolahraga dengan cara bersepeda setiap hari, jalan kaki, jogging. Selain mencegah polusi, kegiatan tersebut dapat melangsingkan tubuh bukan?

Sekian artikel 10 Tips Untuk Diet dan Langsing Seperti Wanita Jepang ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya minasan. Terima kasih sudah membaca. 

3 Responses to "10 Tips Untuk Diet dan Langsing Seperti Wanita Jepang "

  1. Ganbatte... :D Salam Blogger [www.caraseoblogger.com] :) Keep writing Original & High quality Content :) :o

    BalasHapus
    Balasan
    1. okay sob.. makasie komennya.. :i anatamo ganbattene.. salam blogger juga.. :q

      Hapus
  2. Bambu yang dipergunakan sebagai bahan pakaian dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan secara alami. Natural Bambu merupakan salah satu contoh merek produk pakaian pelangsing.
    Buka link berikut : http://tokomaksi.com/Pakaian

    BalasHapus