.

Cara Cepat dan Mudah Mengupas Kentang Dengan Tangan Kosong * Ala Jepang


Hoaaam, bangun tidur masih ngantuk eh di meja makan sudah ada kentang goreng. hmm yummy.. kentang yang enak ini memberikan inspirasi Japanindocuteculture untuk menulis artikel berjudul Cara Cepat Mengupas Kulit Kentang Dengan Tangan Kosong * Ala Jepang. Wah emang bisa? Bisa dong. Yuk kita simak caranya. 

Cara Cepat Mengupas Kulit Kentang Dengan Tangan Kosong * Ala Jepang

Mau tanya nih biasanya teman-teman mau masak kentang dikupas dulu apa direbus dulu? Terus ngupas kentangnya pakai apa? pakai alat canggih, pakai pisau, atau pakai alat yang lain? Wah kayaknya ribet banget. Dulu sebelum memakai cara praktis ini, admin japanindocuteculture juga gitu ngupasnya, ngupas kentang pakai pisau, setelah dikupas masukin ke air yang ada dibaskom biar ga hitam kentangnya, baru direbus kemudian diolah menjadi begedel, kentang goreng atau makanan enak lainnya. Tapi sekarang mengupas kentang tidak perlu repot-repot pakai alat, pakai tangan kosongpun bisa lho.

Cara Cepat Mengupas Kulit Kentang Dengan Tangan Kosong * Ala Jepang

Pertama siapkan kentang yang ingin dikupas, beri lingkaran pembatas pada kentang, rebus kentang di air mendidih sampai matang, setelah matang angkat dan sajikan dalam piring. Sementara itu siapkan air dingin atau air es. Masukkan kentang yang sudah matang tersebut ke dalam air es selama 10 detik. Terakhir tarik kulit kentang dari garis lingkaran yang sudah kita buat tadi. Taraaa jadilah kentang yang terlepas dari kulitnya. Gimana keren khan.. memang orang Jepang itu sangat kreatif sekali dan pintar membuat segalanya menjadi mudah ya. Jika cara tersebut kurang jelas silahkan lihat videonya disini ya.




Selain cara tersebut lebih mudah ternyata dengan merebus kentang terlebih dahulu itu akan menjaga vitamin yang terdapat pada kentang tetap utuh dan tidak berkurang. Ketika sebuah kentang besar direbus bersama dengan kulitnya, 300 gram kentang mengandung 261 kalori, 5,6 gram protein dan 0,3 gram lemak. Jika kalian mengupas kentang sebelum perebusan, maka akan kehilangan sekitar setengah gram protein, tapi isi kalori dan lemak tetap sama. Dikupas atau tidak, kentang rebus mengandung 5,4 gram serat, dan 2,6 gram gula alami. 

Cara Cepat Mengupas Kulit Kentang Dengan Tangan Kosong * Ala Jepang

Manfaat kentang rebus lainnya yang jarang diketahui adalah tingginya kandungan Vitamin B-kompleks. Vitamin B kompleks membantu membentuk sel-sel darah tubuh kita dan mengurai energi dari protein, karbohidrat dan lemak dari makanan yang kalian makan. Sebuah kentang rebus ukuran sedang mampu mencukupi setengah dari vitamin B-6 harian yang dibutuhkan tubuh, serta sekitar 30 persen dari asupan harian thiamin dan niacin yang direkomendasikan.

Tidak cukup sampai disitu saja, Kentang rebus juga mengandung vitamin C dalam jumlah yang cukup banyak. Hanya saja ketika kalian mengupas kentang tersebut sebelum direbus, kandungan vitamin C nya akan turun hingga 50%. Karena kentang termasuk dalam umbi-umbian, kentang juga dikenal memiliki kandungan mineral yang cukup kaya seperti magnesium, fosfor, dan potasium. Mineral-mineral tersebut berperan penting untuk membantu tubuh membangun tulang, jaringan saraf dan fungsi otot. Bahkan sebuah kentang rebus dengan ukuran besar mampu mencukupi seperempat kebutuhan harian kalium yang direkomendasikan. Nah sekarang tahu khan mana yang lebih baik? Dikupas dulu baru direbus atau direbus dulu baru dikupas? Kalian yang memilih okay.. 

Ada tips nih sebelum kalian membeli kentang, pilihlah kentang yang baik dan mempunyai kriteria seperti berikut ini, kentang haruslah cukup keras, kulitnya mulus dan permukaannya rata. Pilih yang tidak banyak matanya dan bebas dari noda hijau. Noda hijau pada kentang dicurigai mengandung solanin. Jadi, sebaiknya dihindari. Noda hijau juga membuat kentang terasa pahit. Sekian postingan Cara Cepat Mengupas Kulit Kentang Dengan Tangan Kosong * Ala Jepang. Semoga bermanfaat. 

1 Response to "Cara Cepat dan Mudah Mengupas Kentang Dengan Tangan Kosong * Ala Jepang"