.

Asal Mula Kata Moshi Moshi Dalam Bahasa Jepang Yang Misterius


Pernah dengar orang Jepang mengangkat telepon? Jika orang Indonesia biasanya mengucapkan assalamualaikum atau hallo ketika mengangkat teleponnya. Maka orang Jepang biasanya mengucapkan moshi moshi yang artinya hallo hallo. Tidak ada orang Jepang yang menjawab mengucapkan kata moshi saja, tapi mereka mengatakannya dua kali yaitu moshi  moshi. 

Asal Mula Kata Moshi Moshi, Kata Hallo Dalam Bahasa Jepang Yang Misterius

Pernahkah kalian terbesit pertanyaan "Mengapa orang Jepang menjawab telepon dengan moshi-moshi atau kata moshi diulang dua kali?" "Mengapa tidak hanya dengan satu kata saja moshi?" Padahal jika dilihat padanannya dengan hallo dalam budaya Indonesia, tidak diucapkan dengan hallo-hallo bukan? Ternyata oh ternyata hal itu ada asal mulanya teman-teman.

Kata moshi dalam bahasa Jepang merupakan bentuk singkat dari kata sopan moshimasu yang berasal dari kata dasar mosu yang berarti ucap. Biasanya kata moshimasu dipakai untuk memperkenalkan diri secara formal dan sopan. Contohnya 初めまして、私はインタンと申します。Kalimat tersebut dibaca Hajimemashite, watakushi wa intan to moushimasu.  (Perkenalkan nama saya Intan).

Usut punya usut nih bentuk pengulangan kata moshi ternyata berhubungan erat dengan cerita rakyat (folklore) Jepang pada zaman dahulu yang menceritakan adanya youkai (siluman atau manusia jadi-jadian). Siluman Jepang ini terkenal sebagai pemakan manusia (baik makan jiwa manusia maupun tubuh manusia itu sendiri, tergantung jenis youkainya) dan biasanya para youkai suka menggunakan taktik kotor untuk menjebak manusia agar jatuh dalam perangkap dan menjadi santapan para youkai.

Pada zaman dahulu kala kata moshi sering dipakai untuk memanggil orang di jalan dan para youkai suka menggunakan bentuk sapaan ini untuk menjebak korbannya di malam hari. Youkai hanya akan memakan manusia yang menjawab panggilan mereka saja, sedangkan manusia yang cuek tidak menjawab panggilan youkai akan selamat jiwanya tanpa gangguan.

Ketika yokai beraksi, dia akan menyapa korbannya dengan kata sapaan "moshi". Dan jika ada seseorang yang membalas sapaannya dan berkata "hai". Langsunglah si yokai akan menerkam jiwa orang itu dan memakan tubuhnya.  Tapi manusia lebih cerdas, mereka menggunakan siasat menyapa seseorang dengan memakai bentuk pengulangan kata moshi untuk memanggil, karena para youkai tak bisa mengucapkan ulang satu kata yang sama secara berurutan. Jika seseorang dipanggil moshi, kemungkinan besar sang pemanggil adalah youkai sehingga orang-orang bisa berhati-hati dan tidak perlu menjawab panggilan itu. Tapi jika dipanggil dengan kata moshi-moshi, silahkan berlega hati karena pemanggilnya bukanlah youkai melainkan manusia. Dengan begitu selamatlah manusia dari jeratan perangkap youkai.

Sekian artikel yang berjudul Asal Mula Kata Moshi Moshi Dalam Bahasa Jepang Yang Misterius. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca.

Sumber: Acara Fuji TV “Riyuu Aru Tarou”

2 Responses to "Asal Mula Kata Moshi Moshi Dalam Bahasa Jepang Yang Misterius"

  1. wah, baru tau saya, ternyata berhubungan dengan siluman aka yokai ya hehe
    tadinya kirain saya ada maksud tersendiri dari pengulangan kata moshi itu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya gan.. gak ngira ya asal kata moshi2 dari siluman.. hehe

      Hapus