.

Cara Menjaga dan Merawat Rambut Agar Tetap Lurus Setelah Smoothing Atau Rebonding


Rebonding atau Smooting adalah sebuah perawatan rambut agar rambut yang keriting atau gelombang dapat menjadi lurus dan terlihat lebih indah. Rebonding atau smoothing ini biasanya disukai oleh para wanita yang ingin mengubah rambutnya menjadi modis. Meskipun biaya yang dikeluarkan sangatlah tidak murah tergantung tipis tebal panjangnya rambut seseorang. Semakin panjang dan tebalnya rambut seseorang semakin mahal juga biayanya. 

Cara Menjaga dan Merawat Rambut Agar Tetap Lurus Setelah Smoothing Atau Rebonding

Untuk meluruskan rambut terkadang para perempuan bingung memilih teknik pelurusan rebonding atau smoothing. Bagusan mana rebonding atau smoothing? Apa bedanya rebonding dan smoothing? Lebih baik mana rebonding atau smoothing? Nah disini Japanindocuteculture akan mencoba jawabannya supaya kalian tidak galau lagi. Mau tahu khan?

Smoothing adalah metode pelurusan rambut hanya dengan menjepit dengan jari tengah dan telunjuk untuk mendapatkan hasil lurus serta olesan obat untuk meluruskan rambut. Sedangkan Rebonding adalah metode atau tehnik pelurusan rambut dengan 2 step yaitu pemberian obat pelurus rambut dan pencatokan. Metode rebonding mungkin lebih berasa sakitnya daripada smoothing, secara rambut di jambak-jambak waktu catok, gimana ga sakit. Hehe. Namun keunggulannya menggunakan rebonding akan lebih memuaskan karena rambut lurus akan bertahan lama dan awet, sedangkan smoothing memang awalnya terlihat lebih lurus daripada rebonding tapi rambut smoothing akan lebih mudah mengembang dalam beberapa bulan kemudian. 

Dengan tehnik rebonding atau smoothing seorang cewek akan terlihat lebih percaya diri. Namun efek tehnik rebonding dan smoothing tidak akan bertahan lama sampai kurun waktu tertentu. Jika menggunakan teknik rebonding rambut kita maksimal bisa bertahan maksimal sampai setahun, jika menggunkan teknik smoothing rambut kita bisa bertahan kira-kira 4-5 bulan. Hal itu juga tergantung bagaimana upaya kita menjaga rambut agar tetap lurus. Oleh karena itu diperlukan beberapa perawatan agar rambut yang sudah direbonding  atau dismoothing tersebut tetap lurus atau setidaknya tahan lebih lama. Inilah Tips Cara Menjaga dan Merawat Rambut Agar Tetap Lurus Setelah Smoothing Atau Rebonding :

- Jangan keramas atau mencuci rambut yang baru saja direbonding. Ini supaya obat kimia pada rambut tidak berkurang atau hilang yang menyebabkan rambut tidak lurus kembali.

- Setelah beberapa hari kira-kira 4-7 hari atau tergantung perintah salonnya, lakukan keramas agar obat bisa meresap dengan baik dan lebih penting lagi ketika keramas sebaiknya menggunakan air dingin atau air biasa saja. Karena jika menggunakan air panas ditakuti nantinya bisa bereaksi terhadap obat pelurus rambut yang menyebabkan rambut menjadi rusak.

- Setelah mandi jangan menggunakan pengering rambut atau pun catok terutama ketika rambut dalam keadaan basah karena akan berakibat pada kerusakan rambut. Lebih baik keringkan rambut secara alami di tempat yang teduh dan kering.

- Ketika menggunakan catok untuk menata rambut agar lebih lurus, pakailah hair moisturizer atau produk yang dapat melembabkan rambut, supaya rambut tidak terlalu kering dan kepanasan. Sebaiknya tidak perlu terlalu sering menggunakan catok rambut, karena dapat menghilangkan kelembapan rambut.

- Keringkan rambut dalam keadaan berdiri tegak sehingga rambut tidak mengembang dan berantakan.

- Disarankan memakai masker rambut seminggu sekali untuk menjaga kelembaban rambut. Jika perlu pakai juga penutup rambut untuk menjaga supaya suhunya tetap stabil.

- Jangan menggunakan sisir yang bergigi padat, sebaiknya gunakan sisir yang bergigi jarang. Sisir dengan gigi yang padat akan membuat rambut mudah patah apalagi jika cara menyisirnya tidak benar. Sisir padat sendiri hanya untuk rambut yang bertipe tebal dan kuat karena menyisir dengan sisir padat bisa membuat rambut patah dan rusak.

- Hindari paparan sinar matahari langsung karena bisa merusak rambut rebonding. Jika hendak keluar sebaiknya pakailah penutup rambut seperti topi, kerudung ataupun payung.

- Jangan mengikat rambut terlalu lama karena dapat membuat rambut jadi gelombang dan mengurangi kelurusan rambut, selain itu penggunaan pengikat rambut terlalu lama juga bisa membuat rambut cepat rontok.

- Perhatikan kandungan dalam produk perawatan rambut, Bila di dalammya terdapat kandungan aminoa atau alcohol, sebaiknya segera hentikan pemakaian produk karena kedua kandungan tersebut dapat membuat rambut menjadi kering dan bertambah rusak.

- Bersihkan rambut secara rutin menggunakan shampoo dengan menggunakan conditioner untuk menjaga kelembutan rambut. 

- Jangan terlalu sering menggunakan peralatan styling. Bila anda harus melakukannya, coba atur tingkat suhu peralatan styling sehingga tidak terlampau panas dan merusak rambut.

- Setelah rebonding sebaiknya rambut tidak diwarnai karena akan membuat rambut lebih kering dan rapuh. Hindarilah pewarnaan rambut paling tidak 2 sampai 4 minggu dan lakukan perawatan untuk mengembalikan vitalitas rambut setiap seminggu atau dua minggu sekali, bisa dilakukan di salon atau di rumah.

Sekian postingan Cara Menjaga dan Merawat Rambut Agar Tetap Lurus Setelah Smoothing Atau Rebonding. Semoga bermanfaat.

11 Responses to "Cara Menjaga dan Merawat Rambut Agar Tetap Lurus Setelah Smoothing Atau Rebonding"

  1. Saya smoothing hari jumat jam 3 siang(selesainya),kata yg punya salon boleh keramas hari minggu siang.. Itu gak apa2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gak papa.. disuruh seperti itu supaya obat smoothingnya bisa awet.. .

      Hapus
  2. hihihi..
    setelah rebonding, memang agak sukar untuk menjaga rambut kita, biasanya cepat juga balik nya, ttipsnya sangat bagus, terimakasih
    :e

    BalasHapus
  3. Kalau pake hair energy sebaiknya di lakukan berapa kali.dlm seminggu?trus di lakukan setelah atw seblum keramas pake sampo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lakukan secara rutin 2minggu sekali setelah selesai keramas..

      Hapus
  4. Saya rebonding hari minggu selesainya jam 2 siang. Katanya harus nunggu 4hari baru boleh keramas. Hari kamis nya boleh lagsung keramas gak ya? Makasih.

    BalasHapus
  5. shanas 13 september 2014 11.4213 September 2014 11.42

    Rambut aku kering bgd nie tante .gara"dismooting mlu
    Gmn cranya biar rmbut aku kmbali lmbab lg

    BalasHapus
  6. kak boleh tanya ? kan rambut saya udah pernah tuh di rebonding terus hasilnya rambut saya kembali mekar dan tumbuh rambut keriting2, niat nya mau saya rebonding lagi rambut saya , tapi saya takut nanti mendapatkan hasil yang negatif buat saya . gimana caranya agar rambut saya sesudah di rebonding akan selamanya menjdi indah tanpa mekar ataupu rusak . terus obatobatan apa saja yang baik untuk rebonding . mohon sarannya kak.terimakasih

    BalasHapus