.

Beribu Manfaat Baik Dan Nilai Positif Bermain Game


Para gamers jangan takut untuk bermain game.  Berdasarkan penelitian ternyata dengan bermain game kita akan mendapatkan beribu-ribu manfaat. Mesipun kita sudah banyak mendengar dampak negatifnya. Hal itu tidak perlu dikhawatirkan asalkan kita bisa mengaturnya dengan baik. Seperti membagi waktu antara waktu bermain dengan waktu aktifitas sehari-hari, tidak mempraktekkan nilai-nilai negatif yang ada di dalam game ke dalam kehidupan sehari-hari, dan banyak lagi lainnya.

Beribu Manfaat Baik Dan Nilai Positif Bermain Game

Hal ini juga didukung oleh salah satu profesor Universitas negeri kincir angin. "Selama bertahun-tahun, peneliti selalu mengatakan bahwa bermain game dinilai negatif. Padahal, penting juga untuk mengetahui bahwa video game bisa membantu berkembangan anak, misalnya keseimbangan dan daya tangkap," kata Isabela Granic, Profesor dari Radboud University Nijmegen di Belanda. Okay langsung saja yuk kita lihat manfaatnya:

Meningkatkan IQ Otak
Bermain game seperti catur sangat direkomendasikan untuk meningkatkan kerja otak. Iyalah tahu khan kalau bermain catur itu harus penuh strategi, cara, dan pemikiran yang bagus untuk mengalahkan raja musuh. Bukan hanya itu, hal ini terbukti dari sebuah penelitian dari 4000 mahasiswa Venezuela yang menghasilkan kenaikan skor IQ secara signifikan setelah mereka diperintahkan bermain catur selama 4 bulan.

Menghilangkan Stress dan Depresi
2009's Annual Review of Cybertherapy and Telemedicine menemukan bahwa gamers yang memiliki masalah kesehatan mental seperti stress dan depresi, dapat melampiaskan rasa frustasi mereka dengan bermain video game. Hipotesis dari hasil studi ini menyatakan bahwa permainan pada game tertentu akan memungkinkan mereka menghindari tingkatan stress yang mereka alami. Sehingga bermain game dapat membantu mereka untuk menenangkan pikirannya.

Meredahkan Emosi
Saat emosi bergejolak tidak ada salahnya untuk bermain game karena permainan akan membuatmu lebih tenang dan dapat berfikir jernih kembali. Emosi akan segera reda setelah kalian bermain game. Apalagi kalau dalam game itu kalian bisa melampiaskan kemarahan, misalnya seperti game pukul-pukulan badut atau boneka [Maaf lupa namanya. heehe].

Membangun Semangat Kerjasama atau Team Work dan Keharmonisan
Para gamers terutama yang suka duet atau memainkan game dengan beberapa orang lainnya akan menumbuhkan semangat kerjasama yang tinggi. Hal itu juga yang mempererat kekerabatan mereka menjadi lebih akrab. Bermain juga akan lebih rame jika kita memainkannya dengan orang yang kita sayangi. Misalnya main sama pacar, main sama suami, main sama keluarga. Dengan bermain game bersama kita juga dapat menciptakan keharmonisan antar keluarga atau pasangan.

Meningkatkan Kreatifitas
Memainkan game tertentu seperti Fashion show dan Poo juga akan meningkatkan kreatifitas kita. Dalam game Fashion Show misalnya hanyalah orang yang bisa mendesain bajunya sekreatif mungkin yang akan mendapat nilai paling tinggi. Sedangkan dalam game android Poo juga perlu kreatifitas agar si karakter Poo sendiri bisa terlihat mempesona dibandingkan dengan lainnya.

Beribu Manfaat Baik Dan Nilai Positif Bermain Game

Mencegah Alzaimer [Penyakit Hilang Ingatan]
Dengar dengar nih bermain game juga dapat mencegah Alzaimer atau hilang ingatan. Profesor Dr Robert Freidland mengatakan bahwa jaringan otak yang tidak terpakai menyebabkan hilangnya kekuatan otak yang biasanya dapat beresiko terkena penyakit Alzaimer. Untuk menghindari penyakit bahaya tersebut bermain game merupakan salah satu cara agar kekuatan otak kita tidak hilang begitu saja dan dapat selalu terpakai.

Mengembangkan Kemampuan untuk memecahkan masalah
Ketika kita bermain game pasti setiap level disuguhkan beberapa masalah yang berbeda-beda. Mulai dari level pertama kita akan mengerjakan dan menyelesaikan masalah yang paling mudah. Level kedua masalah akan lebih sulit daripada level pertama. Begitu pula yang terjadi pada level-level yang berikutnya.  Disitulah otak kita bekerja untuk menemukan solusi yang tepat. Kemampuan memecahkan masalah pada dunia game tentunya juga akan berlaku pada dunia nyata. Orang yang bisa mengembangkan kemampuannya dalam dunia game dalam kehidupan sehari-haripun mereka cenderung tanggap dan cepat menyelesaikan masalah daripada orang yang tidak pernah bermain game.

Meningkatkan Konsentrasi
Hasil penelitian menyebutkan bahwa para gamers memiliki fokus yang lebih bagus terhadap apa yang terjadi disekelilingnya. “Video game bergenre action itu menguntungkan, dan ini adalah fakta” kata Daphne Bavelier, ahli syaraf dari Rochester. “Hasil penelitian kami ini juga sangat mengejutkan karena proses belajar lewat main game ternyata cepat diserap seseorang. Dengan kata lain, game dapat membantu melatih orang-orang yang memiliki problem dalam berkonsentrasi" tegas Bavelier.

Mencegah Kepikunan pada masa tua
Wah ternyata bermain game juga dapat mencegah kepikunan di masa tua. Ini nih buktinya.

“Bermain (videogame) bersama cucu sangat baik bagi para lansia. Sebab, kami tahu bahwa interaksi sosial mampu meningkatkan kemampuan daya pikir para manula,” kata peneliti yang juga profesor psikologi dari University of Illinois, Amerika Serikat, Dr Arthur F. Kramer.

Dalam penelitian yang dilansir jurnal Psychology and Aging edisi Desember disebutkan, studi itu melibatkan 40 lansia sehat dengan range usia antara 60-70 tahun. Awalnya, para partisipan mengikuti beberapa variasi tes mental. Riset tersebut menunjukkan manula yang bermain video game dengan strategi berat bisa meningkatkan skor mereka berdasarkan jumlah uji coba daya ingat.

Riset mencakup 49 manula yang secara acak ditugasi untuk main videogame, dan kelompok yang tidak ditugasi main game selama lebih dari sebulan. Kelompok main game menghabiskan waktu 23 jam untuk terlibat dalam “Rise of Nations, video game dimana para pemain berkeinginan mencapai dominasi dunia. Menguasai dunia membutuhkan setumpuk tugas berat termasuk strategi militer, membangun kota-kota, mengelola ekonomi dan memberi makan rakyat.game-ron-21

Ketika penelitian berakhir, kemampuan mental mereka kembali diuji. Jika dibandingkan dengan mereka yang tidak memainkan video game, pemain Rise of Nations menunjukkan peningkatan yang lebih besar soal cara kerja otak, ingatan jangka pendek, daya nalar, dan kemampuan berganti tugas.

0 Response to "Beribu Manfaat Baik Dan Nilai Positif Bermain Game"

Poskan Komentar