.

Cara Menggoreng Tempe Enak dan Gurih Tanpa Bumbu Jadi [Alami]


Hayoo ngaku siapa yang suka masak tempe dengan bumbu jadi dalam kemasan? Pasti hampir semua orang sudah memakainya khan? Yup memang sih aku akuin daripada bikin bumbu tempe sendiri cepetan pakai bumbu jadi tapi tips aja jangan terlalu keseringan pakai bumbu kaya gitu. Bener sih praktis, murah, tahan lama, hasilnya juga lumayan enak. Tapi ingat sebaik-baiknya bumbu jadi yang ada pengawetnya masih lebih baik bumbu alami sob. 

Cara Menggoreng Tempe Enak dan Gurih Tanpa Bumbu Jadi [Alami]

Ya walaupun bikin tempenya agak lama dikit, namun hasilnya juga tidak kalah memuaskan. Selain rasa enak yang didapat, memasak tempe dengan bahan alami juga akan melindungi badan kalian dari zat-zat kimia yang berbahaya seperti bahan pengawet yang ada pada bumbu-bumbu jadi tersebut. Tidak hanya itu, jika kita sehari-hari sudah terpengaruh bumbu jadi, semuanya masakan memakai bumbu jadi, maka para ibu dan kita-kita bisa melupakan bumbu aslinya. Masuk akal khan? Ya masuk bangetlah. Lha bumbu seperti itu sudah merajarela di kehidupan kita. Bumbunya juga macam-macam mulai dari bumbu yang simple seperti tempe goreng, ayam goreng, rendang, sop, kare, bali dan banyak lagi yang lainnya.

Sebenarnya membuat tempe goreng yang enak dan gurih hanya memerlukan sedikit bahan yang sederhana. Bahan yang simpel dan tentu saja alami. Ini nih yang kalian butuhkan:

Bahan Membuat Tempe:
  • Sekotak Tempe
  • 3 Buah Bawang Putih
  • Garam Halus
  • Air Putih
  • Minyak Goreng
Alat Membuat Tempe Goreng:
  • Cuek [Pasangannya uleg-uleg]
  • Uleg-uleg [Gak tahu bahasa Indonesianya apa. hehe]
  • Wajan [Alat penggorengan]
  • Sutil [Alat untuk menggoreng biasanya buat balik gorengan yang ada di wajan]
  • Serok [Alat penyaringan ketika sedang menggoreng]
  • Piring Polos berwarna putih [Motifnya terserah ya. haha]
Cara Membuat Tempe Goreng:
  • Potong tempe menjadi kotak atau persegi panjang [sesuaikan bentuknyalah], sisihkan.
  • 3 buah bawang putih yang sudah dikupas kulitnya, garam secukupnya [biasanya satu sendok teh] campurkan, letakkan di cuek, lalu uleg sampai halus. Terakhir masukkan air putih kira-kira seperempat gelas. Aduk rata hingga air dan bumbu menyatu. Bumbunya sudah siap.
  • Setelah itu tempe yang sudah di potong celupkan dan rendam sebentar pada air bumbu.
  • Sementara itu panaskan minyak pada wajan.
  • Setelah panas, masukkan tempe yang sudah direndam satu persatu.
  • Jika tempe sudah berubah warna kuning keemasan, balik dengan sutil, tunggu sampai matang, lalu angkat dengan serok. Biarkan sejenak agar minyak pada tempe terlepas.
  • Setelah matang, tempe siap disajikan pada piring yang sudah disiapkan.
  • Selamat makan. 
Note: 
Kalau lihat di blog lain ada yang pakai bawang merah dan merica bumbunya. Tapi menurut Japanindocuteculture bumbu bawang putih, garam dan air sudah cukup mewakili dan memberikan rasa gurih yang enak pada tempe. Terimakasih telah membaca artikel Cara Menggoreng Tempe Enak dan Gurih Tanpa Bumbu Jadi [Alami] ini ya.

Sumber: Resep dari mama

0 Response to "Cara Menggoreng Tempe Enak dan Gurih Tanpa Bumbu Jadi [Alami]"

Poskan Komentar