.

Cara Menghitung Dan Memperkirakan Umur Kucing Dengan Tepat Dan Benar


Mungkin para penggemar kucing atau seseorang yang memelihara kucing sangat ingin tahu umur kucingnya sudah berapa tahun. Perasaan dulu masih kecil deh. Ini kog sudah besar ya. Kira-kira umur kucing ini berapa ya? Banyak juga yang mengandai-andai seperti Japanindocuteculture sendiri. Seandainya kucing ini seperti manusia, sekarang sudah umur berapa tahun ya? Sampai umur berapa kucing bertahan hidup? Sampai berapa tahun kucing kesayanganku bisa menemaniku? Bisakah nanti anak cucuku melihatmu? hahaha lebay deh. Nah jika kalian ingin mencari tahu jawabannya mungkin penjelasan ini bisa membantu kalian.

Cara Menghitung Dan Memperkirakan Umur Kucing Dengan Tepat Dan Benar

Cara Menghitung Umur Anak Kucing
Pada waktu lahir biasanya berat anak kucing kurang lebih 90-100 gram
Anak kucing berumur 0 – 3 hari: Tali pusar masih menempel di perut.
Anak kucing berumur 7 – 10 hari: Mata mereka mulai terbuka.
Anak kucing berumur 2 – 3 minggu: Si puz mulai bisa berdiri, mata dan telinga mulai terbuka.
Anak kucing berumur 4 minggu: Si puz biasanya sudah tertarik dengan permainan, biasanya mereka suka bermain dengan sodara sesama kucing dan merespon benda-benda yang ada di lingkungannya.
Anak kucing berumur 5 minggu: Si puz seharusnya sudah memiliki kaki dan tangan yang kuat pada saat ini.
Anak kucing berumur 6 minggu lebih: Si puz sudah menjadi sangat aktif dan suka keluyuran.

Cara Menghitung Umur Kucing Dengan Giginya

Gigi bayi/susu tumbuh ketika:
Kucing berumur 2 minggu: Deciduous incisors (gigi kecil di bagian depan) mulai tumbuh.
Kucing berumur 3 – 4 minggu: Deciduous canines (gigi taring) mulai tumbuh.
Kucing berumur 4 – 6 minggu: Deciduous pre-molars/biscupids, yaitu gigi yang terletak diantara gigi taring dan gigi molar mulai muncul.
Kucing berumur 8 minggu: seluruh gigi susu sudah tumbuh.

Gigi dewasa tumbuh ketika:
Kucing berumur 12 – 16 minggu: gigi seri tumbuh.
Kucing berumur 4 – 6 bulan: gigi canine, molar dan pre-molar mulai tumbuh.
Kucing berumur 7 bulan: gigi dewasa telah tumbuh dengan sempurna.

Cara Menghitung Dan Memperkirakan Umur Kucing Dengan Tepat Dan Benar

Dengar-dengar nih ternyata kucing rumahan lebih panjang umur daripada kucing liar yang tinggal di luar. Kebanyakan kucing dapat hidup mencapai umur 11 sampai 12 tahun. Bahkan ada juga kucing yang berumur 16-20 tahun. Namun kucing outdoor [kucing liar] rata-rata umurnya hanya 8 tahun saja. masuk akal juga sih kucing liar memang lebih rentan terkena virus dari lingkungannya, lebih rentan terkena kecelakaan lalu lintas seperti ketabrak kereta, ketabrak mobil, ketabrak motor, dimakan hewan buas, bahkan ada juga yang mati karena sakit akibat siksaan manusia. Lain halnya dengan kucing rumahan yang segalanya tercukupi seperti makanan sehat, tempat tidur yang nyaman, bisa tidur di kasur, kursi dan tempat empuk lainnya, apalagi kalau sang pemilik rajin merawatnya dengan baik, sering memeriksakan kesehatan kucing ke dokter hewan. Hal tersebut merupakan faktor tinggi alasan kucing rumahan dapat bertahan hidup lebih lama.

Cara Membandingkan Umur Kucing Dengan Manusia
Menurut berbagai sumber ada 3 cara untuk membandingkan umur kucing dengan umur manusia:
  • Satu [1] tahun umur kucing = enam [6] tahun umur manusia. Apabila ada kucing yang berumur 4 tahun maka ibaratkan manusia kucing tersebut sudah berumur 4x6=24 tahun. Wah masih muda ya. 
  • Satu [1] tahun pertama kucing setara dengan manusia usia 15 tahun, dan tahun berikutnya satu [1] tahun usia kucing setara dengan empat [4] tahun usia manusia. Apabila ada kucing yang berumur 4 tahun maka ibaratkan kucing tersebut berumur 15+(3x4)=27 tahun umur manusia. Wah jadi belajar matematika nih.
  • Satu [1] tahun pertama kucing setara dengan manusia usia 20 tahun, dan tahun berikutnya satu [1] tahun usia kucing setara dengan empat [4] tahun usia manusia. Apabila ada kucing yang berumur 4 tahun maka ibaratkan kucing tersebut berumur 20+(3x4)=32 tahun umur manusia.

Cara Menghitung Dan Memperkirakan Umur Kucing Dengan Tepat Dan Benar

Cara Menghitung Umur Kucing Dengan Matanya:
Lihatlah mata kucing dengan seksama, Apakah kalian melihat ada kekeruhan pada lensa matanya? Sama seperti manusia, kucing juga dapat terjangkit penyakit katarak. Seekor kucing dengan mata berawan kemungkinan umur kucing tersebut 12 tahun atau lebih tua. Juga iris halus mata mereka ketika mereka masih menjadi anak-anak kucing, tapi ketika mereka semakin tua, menjadi lebih bergerigi dan jernih. 

Cara Menghitung Umur Kucing Dengan Ototnya:
Amatilah tubuh kucing untuk melihat perkembangan bagaimana otot atau tulang kucing tersebut. Kucing muda lebih mempunyai otot dengan bentuk halus dan kencang. Kucing yang lebih tua memiliki kulit ekstra menggantung, dan tulang belikat mereka bisa jadi lebih menonjol. 

Cara Menghitung Umur Kucing Dengan Kebiasaannya:
Memantau kebiasaan mereka juga merupakan cara yang terbaik untuk mengetahui umur kucing masih muda atau tidak. Kucing lebih muda lebih cenderung suka bermain dengan benda-benda disekitarnya, suka berkeliaran dan mempunyai rasa ingin tahu yang lebih besar. Kucing dewasa lebih unik lagi, mereka sudah mulai mengerti saat-saat bermain atau tidak, mereka juga mulai tertarik kepada kucing lawan jenisnya, dan biasanya juga suka bercinta saat malam tiba. Haha. Kucing tua lebih suka bermalas-malasan seperti tidur, rasa ingin bermainnya juga berkurang, mungkin kucing tua ini sepertinya lebih suka berburu daripada bercinta ataupun bermain. 

Cara Paling Akurat Untuk Menghitung Umur Kucing
Mau cara akurat lagi yaitu dengan mengingat tanggal lahir kucing kita dan letakkan di memo Hp atau terapkan sebagai pengingat jadi kita tidak akan lupa umur kucing kesayangan kita. Sekian sudah Cara Menghitung Dan Memperkirakan Umur Kucing Dengan Tepat Dan Benar. Semoga menghibur dan bermanfaat.

Sumber:

0 Response to "Cara Menghitung Dan Memperkirakan Umur Kucing Dengan Tepat Dan Benar"

Poskan Komentar