.

Fakta-Fakta Ilmiah Menarik Mengenai Keistimewaan Pada Kucing


Punya peliharaan kucing lucu? Jangan lupa juga mengenal dirinya agar kalian dapat lebih dekat dengannya, lebih sayang, lebih bisa menjaganya seperti keluarga sendiri. Bukankah ada peribahasa yang menyatakan tidak kenal maka tak sayang. Hehe. Langsung saja deh Apa Saja Sih Fakta-Fakta Ilmiah Keistimewaan Pada Kucing?

Fakta-Fakta Ilmiah Menarik Mengenai Keistimewaan Pada Kucing

Fakta Pertama

Hewan lucu yang bernama kucing ini mempunyai pelindung pada tubuhnya. Para peneliti telah mengungkapkan bahwa pada kulit kucing terdapat otot yang berfungsi untuk menolak telur bakteri. Otot kucing tersebut juga bisa menyesuaikan dengan sentuhan manusia. Yang istimewanya lagi permukaan lidah kucing tertutupi oleh berbagai benjolan kecil yang runcing, benjolan ini mengerucut seperti kikir atau gergaji. Bentuk lidah ini sangat berguna untuk membersihkan bulu pada kulit-kulitnya. Permukaan yang kasar dapat membuang bulu-bulu mati pada tubuhnya. Kucing juga terkadang memakan rumput atau sayuran agar bulu-bulu yang ditelannya dapat dicerna dan keluar dengan mudah. Pernahkah kalian memperhatikan kucing minum? jika kalian sempat memperhatikannya pasti kalian tahu tidak ada setetes cairan yang jatuh dari lidahnya. Itu karena lidah kucing mempunyai penyerapan yang bagus.

Fakta Kedua
Penelitian bakteri pada kucing juga dilakukan terhadap seluruh badannya. Hasilnya adalah negatif. Hasil penelitian bakteri pada kulit luar, cairan yang diambil dari dinding mulut, lidah, dan yang menempel pada bulunya 80% negatif tidak berbakteri. Sedangkan hasil sisanya kucing mempunyai bakteri yang biasanya berkembang juga pada tubuh manusia seperti enterobacter, streptococcus, dan taphylococcus. Bakteri tersebut tidak akan berpengaruh dan menimbulkan penyakit pada manusia ataupun hewan lain. Menurut Dr. George Maqshud, ketua laboratorium di Rumah Sakit Hewan Baitharah, jarang sekali ditemukan adanya bakteri pada lidah kucing. Jika bakteri itu ada, maka kucing itu akan sakit. Jikapun ada bakteri yang menyebabkan kucing sakit kemungkinan itu faktor dari luar seperti lingkungan kotor atau makanan buruk yang dimakannya. Bisa juga terkena virus kucing lain.

Fakta ketiga
Kucing tidak menyukai air karena air adalah tempat yang sangat subur untuk pertumbuhan bakteri. Terlebih lagi pada genangan air di luar rumah seperti genangan air hujan di jalan, genangan lumpur. Kucing juga sangat bisa menjaga kestabilan kehangatan tubuhnya. Dia tidak suka berjemur terlalu lama dan tidak dekat-dekat dengan air. Alasannya agar bakteri tidak berpindah kepadanya. Inilah yang menjadi faktor kuat tidak adanya bakteri pada tubuh kucing.

1 Response to "Fakta-Fakta Ilmiah Menarik Mengenai Keistimewaan Pada Kucing"