.

Mitos Horror Di Balik Lagu 'Nina Bobo' Lagu Pengantar Tidur


Seperti yang dilansir dari sumbernya Wikipedia dan Sayangi.com, lagu Lullaby Nina Bobo ini ternyata mempunyai cerita mistis dibalik kelembutan syairnya. Memang sih mungkin sudah ada yang tahu. Apalagi cerita mitos ini sudah ada yang membuat versi layar lebarnya. Film bioskop 'Oo Nina Bobo' ini telah dirilis tanggal 20 Maret tahun 2014. Wah masih 6 hari yang lalu dong. Yups insyaallah kalau masih ada, kalian bisa melihatnya di bioskop kesayangan kalian. Lalu bandingkan dengan cerita mitos yang ditulis oleh Japanindocuteculture ini. Apakah sama? Untuk melihat trailernya silahkan menuju ke SINI.

Mitos Horror Di Balik Lagu 'Nina Bobo' Lagu Pengantar Tidur

Para orang tua yang memiliki anak kecil atau anak bayi seringkali menyanyikan lagu pengantar tidur nina bobo untuk melelapkan anaknya agar tertidur lagi. Selain karena nada dan bait lagu ini pendek serta mudah diingat, konon katanya ketika lagu itu dinyanyikan, ada seseorang gadis yang membantu anak kecil tersebut tidur terlelap. Siapakah gadis itu? Dia adalah... nanti tahu sendiri kog.. hehe..

''Nina bobo oo nina bobo.. kalau tidak bobo digigit nyamuk..''

Ada tiga versi cerita yang berbeda menceritakan asal usul lagu Nina Bobo ini. Menurut cerita dua versinya mengatakan bahwa lagu Nina Bobo lahir dari nama seorang gadis bernama Nina. Sedangkan cerita menurut versi ketiga lagu Nina bobo dikatakan tidak ada sangkut pautnya dengan nama gadis tersebut. Lalu manakah yang benar?? Terserah kalian mau pilih yang mana dan mau percaya yang mana. Kalau JCC percaya sama cerita yang rasional, tapi jika kalian lebih menyukai hal hal yang berbau gaib atau mistis tidak apa-apa.  Japanindocuteculture hanya menginformasikan saja.

Dalam versi pertama disebutkan bahwa lagu Nina Bobo ini diciptakan oleh seorang wanita Jawa bernama Mustika untuk anaknya yang bernama Helenina Mustika Van Rodjnik, hasil pernikahannya dengan seorang pria Belanda bernama Van Rodjnik. Helenina yang seringkali dipanggil dengan sapaan Nina ini lahir pada tahun 1871. Nina sering kali tidak bisa tidur di malam hari [insomnia]. Untuk membuat Nina mudah tertidur, Ibunya yang bernama Mustika kemudian bersenandung kecil untuk menenangkan gelisah Nina, hingga akhirnya Nina pun tertidur lelap.

Karena sudah terbiasa mendengarkan lagu itu, Ninapun menjadi tidak bisa tidur jika tidak mendengar lagu tidur dari sang Ibu. Hal tersebut membuat sang ayah, Kapten Van Rodjnik meminta istrinya untuk membuatkan lirik dari lagu tersebut agar lebih menarik untuk dinyayikan. Sejak saat itu setiap malam Mustika menyanyikan lagu nina bobo untuk anak kesayangan, konon katanya lagu tersebut merupakan lagu 'Nina Bobo' yang sering kita nyanyikan itu. 

Di tahun 1875, Nina menderita sakit parah. Karena sakit yang dideritanya itu Nina menjadi susah tidur. Sakit Nina berkepanjangan, setiap malam ibunya terus menerus menyanyikan lagu "Nina Bobo" agar Nina bisa tertidur dan menghilangkan rasa sakitnya. Sayang seribu sayang, Hingga akhirnya pada tahun 1878 hidup Nina usai di umurnya yang menginjak 6 tahun. Nina jatuh sakit dan meninggal dunia. 

Sejak Nina meninggal dunia, kejadian aneh pun mulai terjadi. Van Rodjnik kerap kali mendengar Mustika menyanyikan lagu ini. Kepada suaminya, Mustika mengaku sering kali mendengar Nina sedang menangis karena tidak bisa tidur dan dia meminta lagu tidur yang biasanya disenandungkan olehnya. Sejak saat itu, tak terhitung berapa kali Mustika menyanyikan lagu ini, hingga akhirnya ajal menjemput Mustika.

Sejak kematian Mustika, Van Rodjnik pun mengalami hal serupa, kerap kali dalam pandangannya, ia melihat anaknya Nina sedang menangis dan memintanya untuk mendendangkan lagu ini untuk tidur. Awalnya, Van Rodjnik tidak mempedulikannya, sampai suatu ketika Van Rodjnik didatangi arwah Nina yang memintanya menyanyikan lagu nina bobo. 

Begini ceritanya, alkisah pada suatu malam Kapten Van Rodjnik yang tengah tertidur pulas tiba-tiba terkejut ketika mendapati ada tangan seorang anak kecil kira-kira berumur 6 tahun sedang menangis dan membangunkannya. Anak kecil tersebut berkata, "Pa.... Kok Papa gak nyanyiin lagu tidur buat aku....??". Setelah kejadian itu pikiran Kapten Van Rodjnik pun terganggu dan setiap malam ia selalu menyanyikan lagu "Nina Bobo" tersebut berulang-ulang hingga dia meninggal.

Konon katanya ketika anda menyanyikan lagu ini sebagai pengantar tidur anak anda yang masih bayi, tepat ketika anda meninggalkan kamar tempat anak anda tertidur. Nina akan datang ke kamar anak anda dan membuat anak anda tetap terlelap hingga keesokan paginya. 

Mitos Horror Di Balik Lagu 'Nina Bobo' Lagu Pengantar Tidur

Dalam cerita versi kedua, Nina diceritakan adalah seorang keturunan dari keluarga musisi klasik belanda yang sedang mencoba meniti karir di Indonesia. Nina yang bernama lengkap Nina Van Mijk dulunya merupakan gadis cantik belia dengan kehidupan yang normal-normal saja seperti anak remaja lainnya. Dia suka sekali bersosialisasi dengan anak seusianya. Namun suatu ketika hal ini berubah 180 derajat.

Suatu hari, di malam yang kelam disertai dengan petir-petir yang menyambar. Perilaku dan wajah Nina berubah. Dia menjadi sosok yang menyeramkan. Rambutnya berantakan, matanya menghitam, Nina yang berada di kasurnya melipat tubuhnya kebelakang persis dalam posisi kayang, merayap mundur sambil menjerit-jerit dan sesekali mengumpat-ngumpat dengan bahasa Belanda. Pemandangan mengerikan tersebut disaksikan oleh keluarga itu.

Sudah beberapa hari berlalu, sejak malam itu Nina dipasung di dalam kamarnya. Tangan dan kakinya diikat dengan seutas tambang. Keadaan Nina semakin memburuk, tubuhnya semakin kurus dan pucat. Ibu Nina hanya bisa menangis tiap malam ketika mendengar Nina menjerit-jerit. Ayah Nina kebingungan dan ketakutan melihat kejadian yang menimpa anaknya. Diapun meninggalkan Indonesia dan kembali ke Belanda. Pembantu rumanya pun pergi meninggalkan rumah itu karena takut. Tinggalah Nina yang dipasung dan Ibunya di satu rumah tak terurus.

Di suatu malam, ibu Nina tidak mendengar Nina yang selalu menjerit-jerit. Dia merasa aneh dan memutuskan pergi ke kamar Nina. Ternyata Nina dalam keadaan lesu dan sangat ketakutan. Melihat anaknya seperti, ibu Nina tidak tega dan melepaskan pasungan anaknya. Walaupun Nina menyeramkan, ibunya tetap membelai anaknya dengan lembut. Ninapun meminta ibunya untuk mendendangkan sebuah lagu tidur untuknya. Dengan kasih sayang, sang ibu menyanyikan lagu Nina Bobo karangannya itu. Nina pun terlelap hingga nafas terakhir. Sang ibu sangat bersyukur sekali Nina sudah terlepas dari penderitaannya. Meskipun Ibunya sendiri sangat kehilangan anak tercintanya. Sangat tragis kisah ini. Hiks hiks. Cinta ibu memang sepanjang masa. Salut sama ibunya.

Lanjut ke versi ketiga. Sebuah fakta dari dokumen Wikipedia mengatakan bahwa bahasa lagu yang berasal dari Indonesia ini merujuk pada bahasa Cina dan Portugis. Kata bobo yang bermakna tidur diambil dari bahasa Cina, sedangkan Nina dalam bahasa Portugis bermakna menina alias perempuan atau seorang gadis, dan bukan merujuk pada sebuah nama. Beberapa sumber lain mengatakan lagu ini adaptasi dari sebuah lagu gereja berjudul Abide With Me.

Ada juga yang mengatakan lagu nina bobo ini sebenarnya berasal dari negeri kincir angin belanda dan dipopulerkan pertama kali oleh Anneke Grönloh dan Wieteke van Dort, lagu ini juga begitu melegenda di negara-negara lainnya. Seperti inilah lirik lagu dalam bahasa Belanda tersebut.

Slaap meisje, oh slaap, meisje 
(tidurlah gadis, o tidurlah gadis)
als je niet gaat slapen, zul je door een mug gestoken worden
(jika kamu tidak tidur, disengat seekor nyamuk)

Laten we gaan slapen, oh lief meisje 
(tidurlah tidur, o gadis manis)
als je niet gaat slapen, zul je door een mug gestoken worden
 (jika kamu tidak segera tidur, kamu akan disengat nyamuk)

Nah sekarang sudah jelas khan kalau di versi ketiga ini Nina dalam lagu Nina Bobo bukanlah nama seorang gadis melainkan sebuah arti dari gadis itu sendiri. Selesai sudah postingan Mitos Horror Di Balik Lagu 'Nina Bobo' Lagu Pengantar Tidur Anak Indonesia. Semoga bermanfaat. Dont forget comment my article if you like it and share if you love it. Thank you for reading. Visit again.

2 Responses to "Mitos Horror Di Balik Lagu 'Nina Bobo' Lagu Pengantar Tidur"

  1. serem juga tuh sob,ternyata ada asal usulnya gitu,nina itu diambil dari nama anak perempuan ya..
    oiya,follow back ya.. blog kamu udh aku follow

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ada mitosnya makanya dibuat layar lebar.. :b uda aku follow back kog.. ^^

      Hapus