.

Motivasi! Sadarilah Kemampuan Hebat Dalam Dirimu


Apakah kalian sudah mengerti kemampuan hebat dalam dirimu?? Jika jawabannya tidak. Maka kalian perlu menonton video yang telah disiapkan Japanindocuteculture ini. Tontonlah sejenak dan renungkan artinya. Walaupun videonya berbahasa inggris, dan sayangnya penulis juga tidak bisa nerjemahin. hehe maav ya (kalau bahasa Jepang sih bisa). Kalau memang gak bisa bahasa Inggris coba artikan lewat bahasa tubuh.


Mengerti? Belum mengerti? Yuk langsung saja deh JCC akan jelaskan secara rinci, singkat, padat, dan jelas. Di suatu hari anak SMA dan pelatihnya bermain baseball di lapangan yang luas. Nah sang pelatih itu menyuruh muridnya agar melakukan latihan fisik. Dengan cara yang menurut muridnya tidak masuk akal dan mustahil mereka dapat melakukannya. Percakapan ini hanya fiksi semata karena JCC tidak tahu bahasa Inggris yg baik dan benar. Anggap saja percakapan ini sama seperti yang ada di video.

Pelatih: ''Hei anak-anak, kalian mau menjadi pemain baseball yang hebat?''
Anak2 SMA: ''Iya mau''
Pelatih: ''Kalau begitu, begini caranya''
Anak2 SMA: ''Gimana?''
Pelatih: ''Merangkaklah dengan menggendong temanmu dari gawang ini sampai gawang itu''
Anak2 SMA: ''Hah.. gak mungkin.. itu jauh sekali kita pasti tidak kuat''
Pelatih: ''Coba kalian lakukan sekarang''
Anak2 SMA: ''Iya.. iya''
---Anak-anak SMA pun merangkak dengan menggendong temannya---
---Namun baru sampai 1/4 lapangan saja mereka MENYERAH---
Pelatih: ''Ayo semangat kalian pasti bisa!!''
Anak2 SMA: ''Tenaga kami tidak kuat, aku sudah capek, apalagi disuruh gendong teman''
Pelatih: ''Itu tidak mungkin, itu karena pikiran kalian saja yang takut padahal kemampuanmu itu sangat luar biasa. Mau bukti? Aku akan menyuruh teman kalian untuk membuktikannya''
Anak2 SMA: ''Hahaha itu tidak mungkin''
Pelatih: ''A dan B maju, A coba gendong B sampai gawang yang ada disana.''
A: ''Tidak mungkin aku pasti jatuh sebelum mencapai gawang itu''
Pelatih: ''Tidak selama kau bisa bertahan dan aku akan menutup matamu''
A: ''Lihat saja nanti''
-----Si A mulai merangkak dengan menggendong si B-----
---------------1/4 lapangan terlalui------------------------ ''Semua temannya tertawa''
---------------1/2 lapangan terlampaui--------------------- ''Semua temannya mulai diam''
---------------3/4 lapangan terlewati----------------------- ''Semua temannya mulai berdiri keheranan''
--------------- 1 lapangan full tercapai--------------------- ''Semua teman terperanga dan takjub''
-----Si A dan Si B kemudian membuka matanya----------- ''Semua temannya bilang wow''.
Pelatih: ''Bagaimana kamu bisa khan?''
Si A: ''Astaga begitu besar kemampuanku tapi aku sama sekali tidak menyadarinya''

Melalui cerita dan video di atas penulis menyimpulkan ''Selama kita tidak melihat beban besar yang akan kita lalui, tidak membayangkan betapa sulitnya pekerjaan itu, kita pasti bisa mencapai keberhasilan karena kita semua memiliki kemampuan yang luar biasa''. Dengan kata lain Janganlah berputus asa dan menyerah hanya karena kalian merasa tidak sanggup mengerjakannya. Salah satu cara untuk mengujinya adalah mencoba dengan kemampuan terbaik kalian.

Kebanyakan orang menyerah karena memang membayangkan kesulitannya dulu, jarang sekali orang yang mau mencoba terlebih dahulu. Misalnya nih ketika mahasiswa sastra Jepang yang disuruh dosennya untuk menerjemahkan selembar kertas berisi cerita yang penuh dengan huruf kanji. Sebagian besar banyak mahasiswa yang mengeluh. Wow bacaan apa ini, aku gak bisa baca, sulit banget pe-ernya, artinya apaan sih, banyak kanji juga, aduhhh aku jadi pusing baca ini semua. 

Motivasi! Sadarilah Kemampuan Hebat Dalam Dirimu

Mahasiswa yang malas biasanya mereka tidak mau berusaha mengerjakannya, mereka lebih suka menyontek dengan alasan tidak bisa dan banyak kanji, mereka tidak mau berurusan dengan kesulitan tersebut. Padahal jika mereka mau berusaha membuka kamus, mencari arti kanji satu per satu, merangkai kalimat, dan menyusunnya menjadi cerita yang rapi insyaallah semua mahasiswa itu bisa mengerjakannya. Sesungguhnya dosen tidak butuh nilai bagus dari mahasiswanya. Dosen tersebut memberikan suatu proses penerjemahan agar mahasiswanya terlatih, bisa hapal kanji, dan berharap suatu hari nanti mahasiswanya menjadi interpreter atau translator profesional yang sukses.

Saat mengerjakan skripsi juga sama. Dulu penulis semester 1-7 tidak tahu apa artinya skripsi itu. Sampai-sampai semester 8 penulis kebingungan. Banyak yang mengatakan skripsi itu seperti monster, banyak orang yang gagal dengan skripsinya, banyak yang stress karena skripsi, banyak yang menelantarkan kuliah hanya karena skripsi. Tapi waktu itu penulis tidak takut akan semua hal itu, percaya diri  dan cuek saja apa kata orang. Yang penting semesteer akhir penulis harus LULUS. Penulis selalu mencoba walaupun judul dan isi skripsi harus berulangkali ditolak dan direvisi. Walaupun begitu penulis tidak menyerah, tetap berjuang, berhari-hari begadang. Hasilnya dalam 3 bulan skripsi terselesaikan dengan lancar. Alhamdulillah. Ini bukannya pamer tapi penulis membuktikan bahwa jika suatu pekerjaan tidak dilihat besar bebannya, tidak dirasakan betapa sulit pekerjaan itu, disertai dengaan usaha keras dari kemampuan kita, pekerjaan pasti bisa berhasil.

So, Janganlah bilang tidak bisa melakukan sesuatu hal, sebelum mencobanya. Sekian postingan hari ini. Semoga artikel Motivasi! Sadarilah Kemampuan Hebat Dalam Dirimu bisa bermanfaat dan memotivasi diri kalian. Dont forget comment my article if you like it and share if you love it. Thank you for reading. Visit again.

Sumber: Video nemu plus pengalaman.

0 Response to "Motivasi! Sadarilah Kemampuan Hebat Dalam Dirimu"

Poskan Komentar