.

Tips Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Ampuh


Sebelum menuju ke jenjang berikutnya [Tips Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Ampuh] mari kita mengenal ketombe terlebih dahulu. Apakah kalian sudah mengerti arti ketombe sebenarnya? Ya benar ketombe atau panggilan ilmiahnya Pityriasis capitis adalah pengelupasan berlebihan pada kulit kepala. Pengelupasan kulit kepala normalnya hanya terjadi sekali dalam satu bulan. Namun ketombe pengelupasannya bisa terjadi sekali dalam 2 minggu, bahkan ketombe yang paling parah terjadi berkali-kali di setiap bulan dan disertai dengan pemerahan dan iritasi. Ketombe juga merupakan gejala awal seborrhoeic dermatitis, psoriasis, infeksi jamur atau kutu rambut.

Tips Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Ampuh

Mengapa terjadi ketombe?
Ketombe bisa disebabkan karena kulit kepala kering, paparan sinar matahari, penyakit, sisa shampo saat keramas. Ketombe dalam beberapa kasus merupakan masalah nutrisi buruk, khususnya disebabkan defisiensi [kekurangan] mineral seng. 

Tips Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Ampuh
Nah setelah kita mengenal lebih dalam apa itu ketombe dan penyebabnya pasti akan lebih memudahkan mengetahui cara mengusir ketombe. Sebenarnya ada banyak cara menghilangkan ketombe, baik cara alami, maupun cara non alami seperti memakai shampo atau pergi ke klinik kecantikan perawatan rambut. Nah dari salah satu cara di atas tentunya ada kekurangan dan kelebihan masing-masing. 

Menurut Japanindocuteculture Shampo adalah hal yang paling ampuh untuk mengatasi ketombe. Sebenarnya ketombe bisa hilang sendirinya jika kita rajin keramas tentunya dengan shampo anti ketombe atau shampo yang cocok dikepala kita. Ketika seseorang memakai produk shampo X misalnya. Mungkin ada sebagian orang yang memakai sampho ini ketombe di rambutnya tidak hilang-hilang, tapi di lain sisi ada juga seseorang yang cepat sekali mengatasi ketombe di rambutnya hanya dengan memakai shampo X ini. Mengapa hal tersebut terjadi? Ada bermacam-macam alasan.

Pertama, perbedaan kulit kepala seseorang yang mengakibatkan ketidakcocokan bahan shampo. Shamoo itu sama seperti jodoh. Kalau namanya jodoh tidak cocok pasti banyak pertengkaran, membuat otak kita menjadi stress. Sama seperti Shampoo kalau tidak cocok bisa mengakibatkan kulit kepala menjadi kering, ketombe, dan berminyak. Nah melihat hal seperti itu alangkah baiknya kalian move-on ke lain hati untuk mendapatkan hasil yang terbaik. 

Kedua, orang yang bisa mengatasi rambut ketombenya karena dia telah melakukan keramas dengan Shampo X secara rutin, teratur dan konsisten. Konsisten dalam arti tidak berganti-ganti shampo misalnya ketika shampoo X habis karena tidak ada maka kalian menggunakan shampo A dulu sebagai pengganti sementara. Shampo lain merek, lain juga bahannya. Kulit kepala itu juga tidak suka diduakan. Jadi misalnya Shampo X sudah terlihat kualitasnya dan membuat rambutmu bagus, tidak berketombe, jangan coba-coba ganti shampo yang lain. Keramas secara rutin minimal 2x seminggu juga membantu membuat rambutmu tidak berketombe. Lain halnya dengan orang yang sama-sama memakai shampo X tapi dia hanya memakai 1x seminggu. Efeknya akan terlihat berbeda.

Ketiga, yaitu sisir. Jangan biarkan sisirmu digunakan oleh orang lain apalagi orang itu berketombe karena ketombe itu sifatnya menular. Nah jika sisirmu sudah terinfeksi maka rambutmu juga otomatis kena. Seseorang yang ketombenya tidak sembuh-sembuh itu mungkin hal itu dikarenakan dia memakai sisir bergantian dan dipakai sana-sini. Percuma dong pakai shampo X anti ketombe, perawatan sana-sini, tapi ternyata sisirnyalah yang menjadi biang keroknya. Cucilah sisir sesering mungkin untuk menjaga kebersihan rambut dan terhindar dari ketombe. Jagalah sisirmu sebaik mungkin jangan bolehkan siapapun untuk menggunakannya untuk kebaikan diri sendiri. 

Keempat, jangan menggaruk kulit kepala walaupun gatal. Hal itu malah akan memperburuk keadaan dan memperbanyak ketombe. Bayangkan saja kulit kepala yang akan mengelupas digaruk pasti kulit itu langsung terkelupas, apalagi jika tanganmu dalam keadaan kotor dan kuku panjang-panjang pasti kulit kepalamu dapat teriritasi tentu saja lukapun ada. Insyaallah jika kamu menggunakan shampo yang tepat dan tidak menggaruk kulit kepala, yakinlah ketombe pasti hilang

Kelima, hindari rambut dari paparan sinar matahari yang terlalu lama. Paparan sinar matahari yang berlebihan selain dapat membuat rambutmu menjadi merah, kulit kepalamu juga akan ikut mengering. Kulit kepala kering akan memudahkan terjadinya ketombe. Maka dari itu jika beraktifitas keluar rumah dianjurkan memakai pelindung kepala seperti payung, topi, atau kerudung. Tapi ingat apabila sudah di tempat teduh bukalah agar keringat dalam kepala cepat menguap, dan terhindar dari infeksi jamur penyebab ketombe. 

Keenam, bilaslah shampo pada saat keramas sebersih-bersihnya jangan sampai tertinggal pada kulit kepala karena itu akan menyebabkan timbulnya ketombe. Bilaslah berulang kali untuk hasil yang maksimal.

Ketujuh, karena di atas sudah disebutkan ketombe bisa juga terjadi karena defisiensi [kekurangan] mineral seng. Maka banyaklah memakan makanan yang mengandung mineral seng. Mineral seng banyak ditemukan pada kerang-kerangan, ayam kalkun, kacang-kacangan, dan babi [tidak direkomendasikan untuk orang muslim]. 

Kedelapan, apabila cara pertama sampai ketujuh tersebut sudah dilaksanakan dengan benar. Bersabarlah karena semua hal penyembuhan butuh proses dan tidak bisa langsung instan. Lihatlah efeknya beberapa minggu kemudian. Yang paling penting berdoalah semoga ketombe kalian bisa hilang dan tidak mengganggu aktifitas kalian lagi.

Kesembilan, apabila ketombe sudah parah, tidak bisa disembuhkan dengan cara diatas, dan terjadi kemerahan yang disertai iritasi. Coba konsultasi pada ahlinya di klinik kecantikan. 

Kesepuluh, jangan menggunakan alat pengering berlebihan karena hal itu ternyata dapat menimbulkan ketombe. Semoga artikel Tips Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Ampuh ini bisa bermanfaat dan membantu.

Sumber:
Wikipedia
Pengalaman Penulis
Berbagai artikel 

0 Response to "Tips Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Ampuh"

Poskan Komentar