.

26 Arti Tingkah Laku Dan Kebiasaan Kucing Yang Lucu


Kucing adalah hewan imut yang dihalalkan untuk dipelihara oleh orang Islam. Bahkan zaman dahulu nabi Muhammad SAW juga memiliki kucing kesayangan. Coba lihat artikel Japanindo Cute Culture sebelumnya yang berjudul Mengapa Nabi Muhammad SAW Suka Kucing?. Maka dari itu masyarakat indonesia yang mayoritas beragama islam pasti lebih suka memelihara kucing daripada anjing. Kucing sebagai hewan peliharaan mempunyai tingkah laku yang lucu dan khas. Apa saja tingkah lakunya? 


26 Arti Tingkah Laku Dan Kebiasaan Kucing Yang Lucu

1. Kucing datang jika dipanggil pus
Apakah kalian tahu mengapa setiap kucing ketika dipanggil pus selalu menghampiri kita. Itu karena kucing sejak zaman dahulu sudah terbiasa dipanggil pus ketika diberi makan. Jadi sampai sekarangpun kucing berfikir jika dia dipanggil pus pasti dia akan diberi makan. Makanya dia noleh sama orang yang berkata pus. Namun, panggilan pus ini bisa diubah jika kita membiasakannya mulai sejak dini. Misalnya sejak kucing itu lahir, kita beri nama momo dan pada saat kita memberi makan memanggil dia dengan nama momo juga. Pasti dia akan menoleh jika dipanggil momo bukan pus. Kalau kucingku sih aku beri nama puz endut. Jadi kalau dia dipanggil puz doang ya gak noleh. Tapi kalau dipanggil puz endut, puz endut.. dia langsung lari dan menjawab panggilanku. Meow... 

2. Kucing memakan kotorannya sendiri
Pernahkah kalian melihat kucing memakan kotorannya sendiri? Kucing yang suka memakan kotorannya biasanya adalah seorang ibu. Hal ini dilakukan saat induk kucing mengasuh anak-anaknya saat berumur kurang dari 30 hari. Istilah kerennya ibu kucing ini selalu membasuh, membersihkan dengan menjilati kemaluan anaknya atau terkadang kaki yang terkena kencing atau kotoran dari anaknya sendiri. Yah menjilati itu khan kadang-kadang juga merasakan, kemudian memakannya. Hehe. Andaikan kucing bisa berjalan, mengambil air sendiri, dan menceboki anaknya sendiri. Mungkin ibu kucing tidak perlu melakukan hal itu. 

3. Kucing memakan anaknya sendiri

Induk kucing selain memakan kotoran anaknya sendiri. Dia juga dikenal dengan makhluk kanibal. ibu kucing menjadi kanibal ketika anak yang dikandungnya keguguran, anak yang lahir mati, ataupun anak kucing yang sangat lemah dan berpenyakitan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran penyakit kepada anak-anak kucing lainnya yang masih sehat dan mencegah penularan penyakit dari anak satu ke lainnya. Kebiasaan seperti ini sangatlah normal dan bukan hal yang aneh. Namun terkadang ada juga induk kucing yang suka makan anaknya walaupun anaknya sangat sehat. Ini dikarenakan induk kucing sedang stress dan mengalami masalah kekurangan hormonal. Kucing jantan juga bisa memakan anak kucing yang baru lahir. Namun bedanya kucing jantan ini hanya berniat buruk. Kucing jantan memakan anak-anak kucing karena ingin menjadikan kudapan atau cemilan semata. Mungkin karena anak kucing baunya amis seperti daging mentah. Jadi jika ada bapak dari anak-anak kucing menghampiri, sebaiknya hindari dulu. 

4. Kucing hanya suka memakan ikan
Kucing suka makanan bukan karena rasanya tapi karena bau atau aroma makanan tersebut. Makanya kucing cenderung suka sekali makan ikan yang baunya amis dan menyengat. Namun sama seperti panggilan pus, kucing ini juga bisa memakan makanan lain selain ikan. Misalnya kucingku puz endut selain suka makan ikan, puz endut juga suka sekali makan mie goreng instan, bakmi, pangsit mie, mie ayam, tempe goreng, nasi sama petis madura. Jadi gak repot juga mau makanin puz endut. Haha.

26 Arti Tingkah Laku Dan Kebiasaan Kucing Yang Lucu
Puz endut makan mie

5. Kucing terkadang makan tanaman dan rumput
Jika kalian memperhatikan kucing yang sedang berjalan-jalan, pasti pernah melihat kucing memakan rumput atau tanaman di pot. Memakan tanaman dan rumput adalah tingkah laku yang normal pada kucing. Kebiasaan memakan rumput dapat menjadi purgative atau obat pencerna untuk mengeluarkan bulu-bulu atau bahan-bahan yang tidak tercerna dari dalam badannya. Walaupun kucing termasuk hewan karnivora, kucing juga butuh menjadi vegetarian untuk kelancaran pencernaannya atau penghilang rasa mual.

6. Kucing pendiam terlihat liar dan berguling-guling gak karuan
Kucing yang semula pendiam dapat menjadi liar dan berguling-guling gak karuan. Itu bisa jadi karena kucing kita menghirup aroma tumbuhan mint yang namanya Nepeto cataria. Seperti manusia mabuk habis minum bir. Responnya kira-kira 5- 15 menit setelah terpaparnya aroma itu. Kucing menjadi keras kepala selama 1 jam atau lebih setelah respon inisiasi dimulai. Ini karena adanya bahan aktif cis-transnepetalactone, yang dapat memberikan aksi seperti zat halusinasi meskipun stimulus saraf pusat berkaitan dengan estrus atau birahi. Respon yang diberikan kucing terhadap catnip dengan cara menggosok-gosokkan kepala dan bergeleng-geleng, berair-liur, menatap, kulit bergetar, berguling-guling, berlompat-lompat. Hanya 50-70% kucing yang menunjukkan tingkah laku ini. Jadi jangan terkejut melihat reaksi ini karena sifatnya hanya sementara.

7. Kucing menjilati wajah, rambut, atau tangan kita
Mengapa hal itu terjadi, sebuah pengalaman dari anak kucing yang baru lahir, yang induknya lakukan adalah menjilati dan membersihkan tubuh anaknya. Hal tersebut merupakan perwujudan kasih sayang dan kepedulian yang dicurahkan oleh kucing. Jadi, jika kucing kadang-kadang menjilati rambut, wajah atau tangan kita, itu artinya si kucing kesayangan menunjukkan kasih sayang, perhatian dan kepedulian terhadap kita sebagai pemiliknya.

26 Arti Tingkah Laku Dan Kebiasaan Kucing Yang Lucu
Kucing pajangan di kulkas

8. Kucing menjilati tubuhnya setelah dipegang
Kucing punya kelenjar aroma yang merangsang ketika kita menyentuhkan bulunya. Itulah feromon atau bau khas kucing sebagai penanda individu. Manusia juga punya bau yang dapat dicium kucing. Jika kucing mencium bau manusia di tubuhnya, bau karakteristiknya sendiri dapat tertutupi. Bau manusia begitu tajam sehinga mengalahkan bau sang kucing sendiri. Sang kucing tidak terima ini dan segera menjilati bulunya agar bau manusia hilang dan baunya kembali. Tidak heran begitu anda memeluknya terlalu lama, ia akan segera lari dan membasuh dirinya.

9. Kucing memijat-mijat 
Ketika anak kucing menyusu, biasanya anak kucing akan memijat atau mendorong-dorong tangan atau cakar terhadap ibunya, baik sebagai tanda kepuasan atau mendorong aliran susu. Ketika kucing dewasa, maka kucing memijat untuk menunjukkan kepuasan dan kesenangan. Hal ini berlaku untuk kucing betina dan jantan. Perilaku seperti ini mirip banget seperti manusia yang ketemu sama benda yang empuk-empuk. Pasti pengennya juga mijet-mijet. Hahaha.

10. Kucing melakukan kencing spraying di sembarang tempat
Kucing melakukan kencing spraying [menyemprot] untuk mengklaim kepemilikan sesuatu atau menandai daerah kekuasaan. Misalnya puz endut melakukan spraying di depan rumah. Itu artinya halaman depan rumah itu sudah menjadi daerah kekuasaannya. Kucing lain yang mencium bau bekas spraying tersebut tidak akan berani mendekat. Jika mendekat pasti nanti ada perkelahian. Perilaku sprying biasanya dilakukan oleh kucing jantan, kucing betina biasanya tidak melakukan spraying. Beberapa kucing betina yang melakukan spraying hanya karena meniru perilaku kucing jantan. Maka dari itu kucing jantan memerlukan pengebirian untuk mengurangi perilaku spraying. Kadang meskipun sudah dikebiri mereka terus melakukan spraying bahkan jika mereka dikebiri sejak masih kecil.

11. Kucing menggaruk dinding dan kursi
Sikap kucing yang sukanya menggaruk dinding dan kursi biasanya sangat menyebalkan karena menyebabkan peralatan rumah tangga menjadi rusak. Perilaku tersebut dilakukan untuk menajamkan kukunya agar dapat mencengkeram mangsa lebih kuat. Nah untuk menjaga agar peralatan tidak terkena cakaran kucing. Jangan biasakan dan cegahlah kucing untuk mengasah kukunya pada peralatan tersebut. Kalau perlu berilah kucing tersebut kursi rusak atau peralatan lain yang tidak dipakai untuk pengganti pengasah kukunya. 

12. Kucing mengeong pada sesama kucing
Kucing mengeong sebagai sinyal sosial kepada sesama kucing. Sinyal sosial ini bisa berupa pertanda kalau dia butuh bantuan, merasa senang, memanggil temannya, menyapa, atau merasa puas. Puz endut juga nih. Biasanya enak-enak tidur, terus dengar suara kucing lain jadi kebangun. 

13. Kucing hobinya tidur berjam-jam
Kucing tidur rata-rata 16 jam sehari. Hal ini untuk mencharge tubuhnya untuk berburu. Ketika berburu, kucing menggunakan energi secara mendadak, besar-besaran, dan cepat agar dapat menangkap buruan secara efisien. Nah untuk itu diperlukan istirahat yang cukup agar stamina kucing pulih kembali.

26 Arti Tingkah Laku Dan Kebiasaan Kucing Yang Lucu
Puz Endut Tidur Berjam2

14.  Kucing mengubur kotorannya
Kucing mengubur kotorannya untuk menandai area teritorialnya. Mungkin bau kotoran kucing bagi manusia sama, akan tetapi dalam kotoran atau kencing kucing terdapat bau kimiawi unik yang disebut feromon. Lain lagi dengan kucing besar liar (golongan Phantera) seperti Singa, Macan, Macan tutul, dan Jaguar. Mereka tidak mengubur kotoran mereka dalam menandakan area teritorial mereka. Kucing liar yang lebih kecil seperti kucing kampung mengubur kotoran mereka untuk memastikan kucing besar tersebut tidak merasa tertantang. Kucing ini juga mengubur kotoran mereka untuk melindungi diri sendiri atau anaknya dari ancaman predator pemangsa lain. Ini juga yang dilakukan kucing rumahan (Felis Catus) yang bedanya di perumahan tidak ada singa atau pemangsa lain. Kucing peliharaan yang ada di rumah kita juga mengubur kotoran mereka agar kalian tidak marah dan merasa tertantang. 

15. Kucing marah pada orang yang tidak dikenal
Kucing sangat hapal dengan aroma orang-orang yang berada didekatnya. Aroma dan gerakan seseorang yang akrab atau yang jahat kepadanya sangat bisa dihapalkan dengan mudah.  Nah orang asing yang baunya tidak dikenal kucing biasanya kucing tersebut akan lari dan menghindar. Kecuali orang asing tersebut bawa makanan untuknya. Pasti akan disambut hangat oleh kucing itu. Haha. Contohnya puz endut kucing kesayanganku, ketika tidur dikursi ruang tamu. Ada temannya mama datang. Dia langsung pindah tidur senden sebelahku. Manja banget pokoknya kucingku ini.

16. Kucing berdesis seperti ular
Kucing berdesis itu artinya tanda kekesalan. Kucing tidak mampu menangkap burung, cicak, kupu2, tikus sebagai mangsa sehingga menunjukkan kekesalannya dengan berdesis. Kucing senang meniru ular karena bagi si kucing, ular adalah hewan berbahaya. Dia punya taring seperti kucing, tetapi punya bisa. Kucing tidak punya bisa, tetapi dengan meniru desis ular, ia berharap lawannya mengira kalau ia juga punya bisa yang mematikan. 

17. Kucing melakukan salto atau lompatan
Kucing melakukan persiapan dengan bersalto. Hal ini dilakukan untuk memperoleh sudut terbaik untuk mencengkeram mangsa sehingga mangsa lebih mudah tertangkap. Lemparkan boneka atau sesuatu yang mirip tikus, pasti dia juga akan bersalto dan melompat-lompat.

18. Kucing memainkan mangsanya sebelum di bunuh
Bagi kucing rumahan, mendapat mangsa adalah peristiwa langka. Kucing dapat saja menggigit langsung sehingga mangsanya langsung mati, tetapi hal ini tidak dilakukan. Ia ingin bersenang-senang dan menikmati momen dimana si kucing memperoleh mangsanya. Bagi ibu kucing, sering dia tidak suka membunuh langsung mangsanya, tetapi membawanya hidup-hidup untuk membagi kegembiraan dengan anak-anaknya. Kalau puz endut lain lagi, dia suka berburu tikus, mainin tikus terus ditinggal gitu aja. Mungkin gak suka dagingnya kali ya.

19. Kucing suka menggosokkan tubuhnya pada kaki atau benda
Kucing menggosokkan dirinya pada benda sebagai tanda benda tersebut adalah miliknya. Kucing memiliki feromon dan feromon alias bau khas ini menempel pada benda-benda tersebut. Kucing lain yang ingin menggosokkan tubuhnya di benda yang masih ada feromon dari kucing lain tidak akan berani menggosokkan tubuhnya kecuali ia berani mengambil resiko seperti perkelahian. Jadi, jika kucing menggosokkan tubuhnya ke kaki kamu, itu tandanya dia merasa kamu adalah miliknya.

26 Arti Tingkah Laku Dan Kebiasaan Kucing Yang Lucu
Puz Endut dan Pacarnya

20. Kucing mengeong pada manusia
Beda dengan sesama kucing yang menandakan sosialisasi, kucing mengeong pada manusia itu artinya kucing sedang lapar dan menginginkan perhatianmu. Ketika kucing mengeong, kita harus bisa menanggapinya dengan mengelus-elusnya dengan halus dan memberinya makan. 

21. Kucing suka jalan mondar-mandir
Kucing berjalan mondar mandir artinya dia mencari sesuatu untuk dimakan atau diminum dan mencari tempat yang enak untuk tidur pulas. Kalau kamu mengerti, cobalah untuk membantunya mencari makanan atau tempat yang enak untuk tempat tidur kucingmu.

22. Kucing duduk sambil melihat kita
Kucing penasaran dengan kegiatan apa yang kita lakukan. Mau apa ya diai? Apa dia mau makan? atau dia mau memberiku makan? atau dia mau ngapain? Pasti si kucing dalam pikirannya bertanya-tanya seperti itu.


26 Arti Tingkah Laku Dan Kebiasaan Kucing Yang Lucu
Puz Endut Melihatku

23. Kucing suka lari mengikuti kemana kita jalan
Admin JCC pernah punya kucing namanya si putih. Si putih ini sukanya kalau aku keluar rumah, dia selalu ikut. Misalnya aku pergi ke toko, dia nganterin sampai depan toko. Setelah aku selesai belanja. Dia berlari lagi ke aku ngajak pulang bareng. Wah kucing setia banget, sayangnya si putih sudah hilang entah kemana. Intinya kucing yang suka lari mengikuti kemana kita jalan itu punya rasa setia ke pemiliknya. Ingin bisa jalan-jalan bareng dan bermain bersama. 

24. Kucing menggigit-gigit kuku
Kucing menggigit-gigit kuku artinya dia sedang membersihkan dan mengasah kukunya agar tetap tajam untuk mencengkeram mangsanya. Air liur kucing istimewa lho teman-teman. Coba lihat keistimewaan kucing di artikel Fakta-Fakta Ilmiah Menarik Mengenai Keistimewaan Pada Kucing.

25. Kucing tidur mendengkur seperti suara ngorok
Kucing biasanya tidur tanpa suara. Tapi kalau kita mengelus-ngelus lembut bulu kucing tersebut, terkadang ada suara ngorok yang memang sengaja dibuat kucing agar terdengar oleh kita. Itu tandanya kucing lebih pulas tidurnya dan ingin lebih dimanja lagi.

26. Kucing yang menggerak-gerakkan ekornya ketika kita berbicara padanya
Kucing yang menggerak-gerakkan ekornya ketika kita berbicara padanya, itu tandanya kucing sedang mendengarkan curhatan kita. Walaupun dia tidak bisa membalas dan memberi pendapat untuk memecahkan masalah. Dia masih bisa mendengarkan, memperhatikan, menghibur kita agar tidak sedih, tidak marah dan bisa tersenyum lagi.

Selesai sudah artikel 26 Arti Tingkah Laku Dan Kebiasaan Kucing Yang Lucu. Jangan lupa share ya kalau suka. Share, Like [tombol di bawah postingan] dan Komentar kalian sangat berarti untuk masa depan blog Japanindo Cute Culture ini. Jika mau berlangganan artikel Japanindo Cute Culture silahkan follow twitter, follow Google plus, like facebook [tombol kecil di samping postingan] atau masukkan email kalian dikotak bawah postingan. Mau Copy Paste artikel juga diperbolehkan asalkan mencantumkan link sumber seperti ini www.japanindocuteculture.com, jika tidak mau mencantumkan link siap siap aja blognya diblacklist oleh DMCA. Hihihi. Terimakasih sudah membaca dan berkunjung ya. Have Nice Day.. \(^o^)/

1 Response to "26 Arti Tingkah Laku Dan Kebiasaan Kucing Yang Lucu"

  1. aaaakkk, setelah baca ini, jadi makin sayang sama si minju,, kucing gue :b
    suka ngikut kemana pun gue pergi, terus pas aku abis dari wc, eh dia jilatin kaki aku :D mungkin maksudnya ikut ngebersihin, hahaha

    BalasHapus