Bahaya!! Makan Mie Instan Menyebabkan Kanker dan Busuknya Usus | JapanindoCuteCulture.com

Bahaya!! Makan Mie Instan Menyebabkan Kanker dan Busuknya Usus

Siang Minasan, gimana kabarnya? siang ini rencananya mau makan apa? jangan makan mie instan terus lho. Nanti bahaya dan beresiko besar. Yang masih belum tahu bahayanya, hari ini Japanindo Cute Culture akan mengajak kalian semua untuk sadar akan bahayanya mie instan. Mungkin kalian sudah sering kali mendengar bahwa makan mie instan berlebihan akibatnya bisa menimbulkan penyakit kanker. Tapi heran deh, kenapa kalian masih mau memakannya? Terutama untuk para mahasiswa mahasiswi yang suka banget makan mie di kost-kostan. Biasanya nih kalau mahasiswa ke supermarket pasti belanja mie instan beraneka rasa untuk kudapan sehari-hari. Bukan mahasiswa aja, para pekerja yang sibuk juga melakukan hal yang sama. Apalagi masyarakat kalangan menengah ke bawah. Harga mie instan murah dan bisa dimakan sekeluarga. Hal tersebut bisa menjadi alasan kuat mengapa keluarga Indonesia menyukai mie instan. Sebelum kalian meneruskan makan mie cobalah baca artikel ini yang telah JCC rangkum dari berbagai sumber.


Bahaya!! Makan Mie Menyebabkan Kanker dan Busuknya Usus

Bahan Pembuat Mie Instan::

Mie Instan Mengandung Lilin
Mie instan ternyata mempunyai kandungan lilin yang berguna untuk membuat mie merekat satu sama lain. Kandungan lilin tersebut dapat merusak sistem kerja pencernaan tubuh, sehingga dapat menyebabkan gangguan jika dikonsumsi secara terus menerus dan dapat mengakibatkan tumbuhnya sel penyebab kanker. Selain itu tubuh juga akan mengalami kesulitan untuk mencerna zat lilin tersebut. Karena tubuh kita memerlukan waktu sekitar 2 hari untuk mencerna zat lilin yang terdapat pada mie instan.

Mie Instan Mengandung Natrium
Mie instan mempunyai kandungan natrium tinggi yang dapat memicu timbulnya penyakit hipertensi, maag dan tekanan darah tinggi. Natrium tersebut dapat bersifat menetralkan lambung, sehingga lambung akan mensekreasi asam dalam jumlah banyak untuk mencerna makanan. Akibatnya asam lambung menjadi naik dan terjadi pengikisan dinding lambung. Bagi penderita hipertensi, kandungan natrium tersebut cukup berbahaya karena dapat meningkatkan tekanan darah.

Mie Instan Mengandung Zat-Zat Berbahaya Lainnya
Bumbu dan pelengkap
Bumbu mie instan mengandung bahan penyedap rasa MSG (vetsin) yang biasanya terdapat pada media mikrobial yang digunakan untuk mengembangbiakkan mikroorganisme. Mikroorganisme ini fungsi untuk memfermentasikan bahan baku vetsin.

Bahan penambah rasa
Biasanya mie instan tersedia dalam berbagai pilihan rasa yang menggunakan flavor. Bahan inilah yang akan memberi rasa pada mie instan. Pemasalahan yang sebenarnya terdapat pada sumber flavor tersebut. Jika flavor bersumber dari hewan tentu harus jelas jenis dan cara penyembelihannya.

Cara Memasak Untuk Meminimalisir Resiko::
Pada saat sedang memasak mie, air rebusan mie tersebut jangan digunakan sebagai kuah.
* Sebaiknya air rebusan pertama mie tersebut dibuang, kemudian jika kalian ingin membuat mie kuah, gunakan air panas/hangat lainnya (air termos) yang tidak tercampur dengan mie pada saat memasak.
* Atau masak mie instan sambil diaduk-aduk, kemudian buang air rebusan mie tersebut. Setelah itu masak kembali mie dengan air mendidih yang baru dan masak mie hingga matang dan siap untuk diberi bumbu.

Hal terpenting yang harus anda perhatikan:
“Peringatan bagi kita semua bahwa Mie Instan tidak boleh dimasak bersamaan dengan bumbunya karena MSG yang terkandung didalamnya bila dimasak diatas suhu 120°C akan berpotensi menjadi Karsinogen Pembawa Kanker. Perhatikan prosedur penyajian pada bungkus Mie Instan, semua menganjurkan agar masak mie dulu baru ditaburi bumbu atau bumbunya di taruh di mangkok”.
Ada tips juga dari someone untuk mengeluarkan semua racun tersebut minumlah minyak ikan salmon alaska, plak dialiran darah hilang dan kalian akan sehat kembali.

Resiko yang Ditimbulkan::
1.Mencegah penyerapan gizi
Bagi anak di bawah lima tahun ini bisa menghambat kemampuan anak menyerap nutrisi dengan benar dan dari makanan yang tepat.

2.Kanker

Ini khususnya pada mie instan yang dikemas dalam wadah styrofoam. Styrofoam adalah satu dari sekian banyak penyebab kanker.

3.Keguguran

Ibu hamil yang makan mie instan selama kehamilan lebih mungkin untuk mengalami keguguran. Hal ini karena mie instan mempengaruhi perkembangan janin.

4.Menurunkan Metabolisme

Menkonsumsi mie instan dampak jangka panjangnya dapat mempengaruhi metabolisme tubuh. Hal ini karena akumulasi dari zat-zat kimia beracun seperti pewarna makanan, pengawet dan aditif dalam mie.

5.Menyerap Propylene glycol

Mie instan mengandung propylene glycol, bahan anti-beku yang mencegah mie dari pengeringan dengan mempertahankan kelembaban. Tubuh menyerap dengan mudah dan terakumulasi di jantung, hati dan ginjal. Ini menyebabkan kerusakan dan kelainan pada organ tubuh itu dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

6.Gangguan pencernaan

Mie instan terkenal mengganggu sistem pencernaan. Konsumsi lanjutan dari mi instan mengakibatkan kembung, sembelit.

7.Obesitas

Makanan penyebab utama obesitas. Hindari mie karena mengandung jumlah lemak dan besar natrium yang menyebabkan retensi air dalam tubuh.

8.Mengandung MSG (Monosodium glutamat)

Sekitar 1-2% dari populasi alergi terhadap MSG. Ketika orang-orang yang alergi terhadap MSG mengkonsumsinya sebagai bagian dari diet mereka, mereka akhirnya menderita rasa terbakar, nyeri dada dan kemerahan pada wajah, atau nyeri dan sakit kepala.

9.Mengembangkan hipertensi, penyakit jantung, stroke

Ini karena mi instan mengandung jumlah natrium yang tinggi. Kelebihan konsumsi natrium menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, stroke dan kerusakan ginjal. Jadi, hindari konsumsi berlebihan mie.

10.Junk Food

Mie instan dianggap sebagai junk food yang mengandung jumlah besar karbohidrat, tetapi minim vitamin, mineral atau serat. Ini juga memiliki tingkat tinggi lemak jenuh dan lemak trans.

Bukti Bahayanya Mie Instan::
Hasil penelitian mengatakan mengkonsumsi mie instant 4 hari berturut-turut berpotensi kanker, mioma, kista atau amandel sebesar 75%. Jika anda tidak percaya, cobalah ambil kuah atau bumbu mie instant lalu taburkan ke atas pot yang berisi Bunga atau tumbuhan. Beberapa hari kemudian tumbuhan tsb akan layu atau mati.

Bahaya!! Makan Mie Menyebabkan Kanker dan Busuknya Usus

Berita yang dilansir dari Kompas.com, Petugas Departemen Kesehatan dan Makanan Taiwan melakukan razia mendadak ke beberapa toko dan menyita mie instan Indomie produksi Indonesia. Mereka menyatakan, mi instan buatan Indofood tersebut mengandung dua bahan yang tidak diperkenankan untuk digunakan dalam makanan dan dilarang diperjualbelikan. Menurut tes yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan Taiwan, Indomie memiliki 2 bahan pengawet yang tidak lolos dalam klasifikasi barang impor, yaitu bahan pengawet hydroxy methyl benzoate pada minyak dan bahan pengawet benzoic acid pada bumbunya.

Kepala administrasi bagian medicine food Wang Shu Fen menyatakan, hydroxy methyl benzoate biasanya dipakai untuk bahan kosmetik. Taiwan sendiri melarang memakai bahan pengawet ini di dalam makanan. Adapun benzoic acid dipakai untuk bahan pengawet makanan, tetapi dilarang dipakai di mie instan. Bahan pengawet ini jika dikonsumsi berkepanjangan akan merusak kinerja liver, sakit maag, muntah, dan keracunan asidosis metabolik.

Sementara Pemerintah Singapura mengadakan investigasi pada produk Indomie untuk memastikan apakah Indomie mengandung kedua bahan berbahaya tersebut. Menurut AVA (Agri-Food and Veterinary Authority), Singapura juga tidak mengizinkan pemakaian zat pengawet itu pada produk mie instan.

Ada pun pemerintah Indonesia menyatakan Indomie aman karena kedua bahan berbahaya tersebut masih “dibawah ambang” batas pemakaian. Dari Detik Finance diberitakan bahwa Sofyan Wanandi menyatakan kasus Indomie itu sekedar salah kirim. Indomie yang seharusnya untuk pasar Indonesia, ternyata terkirim ke Taiwan. Akibatnya, pemerintah Taiwan melarangnya karena mengandung Nipagin yang dilarang dipakai sebagai pengawet makanan di sana.

Yang paling parahnya lagi pada tahun 2009 ada seorang anak yang bernama Hilal. Dia sehari-hari makan mie instan karena ibunya sibuk bekerja. Ibunya sudah memperingatkan anaknya bahwa mie tersebut tidak baik bagi kesehatan. Namun karena Hilal terlanjur suka dengan mie, dia tidak bisa makan yang lain. Terkadang Hilal juga suka sembunyi-sembunyi beli mie di toko untuk makannya. Akibatnya sekarang Hilal ususnya dioperasi dan dipotong karena kata dokter ususnya telah rusak dan membusuk kebanyakan makan mie. Sejak itulah ibu Hilal kapok dan sadar bahwa mie instan tidak baik bagi kesehatan dia dan keluarganya. Lihat cerita lengkapnya DISINI.

Bahaya!! Makan Mie Menyebabkan Kanker dan Busuknya Usus

Nah sekarang sudah tahu khan efek dan bahayanya makan mie instan? Lebih baik hindari dan lindungi keluarga tercinta kita. Yuk sama-sama membiasakan diri kembali ke alam dan menjauhkan makanan Junk Food  atau makanan sampah ini. Jika tidak punya uang atau repot, lebih baik makan tahu, tempe, telor saja digoreng sama kecap daripada makan mie. Mie memang enak tapi tidak mengandung gizi sama sekali, bahkan lebih banyak bahayanya daripada manfaatnya.

Sekian Jangan lupa share ya kalau suka. Share, Like [tombol di bawah postingan] dan Komentar kalian sangat berarti untuk masa depan blog Japanindo Cute Culture ini. Jika mau berlangganan artikel Japanindo Cute Culture silahkan follow twitter, follow Google plus, like facebook [tombol kecil di samping postingan] atau masukkan email kalian dikotak bawah postingan. Mau Copy Paste artikel juga diperbolehkan asalkan mencantumkan link sumber seperti ini www.japanindocuteculture.com, jika tidak mau mencantumkan link siap siap aja blognya dihapus oleh DMCA. Hihihi. Terimakasih sudah membaca dan berkunjung ya. Have Nice Day.

Sumber: 
https://www.facebook.com/Panti.Jomblo.MasBro/posts/456197024436562
http://thekaltara.blogspot.com/2013/07/bahaya-mie-instan.html
http://www.unikbaca.com
http://infoindonesiakita.com/2009/08/21/bahaya-mie-instant/
http://megapolitan.kompas.com/read/2009/08/21/1238313/Usus.Dipotong.akibat.Kebanyakan.Mi.Instan.1

0 Response to "Bahaya!! Makan Mie Instan Menyebabkan Kanker dan Busuknya Usus"

Post a Comment