.

Cara Menetralkan Tahu Yang Berformalin


Semua orang pasti tahu apa itu Tahu. Makanan yang satu ini merakyat sekali dengan harganya yang murah. Gizi pada tahu juga tidak kalah dengan makanan lain. Tahukah kalian pada tahu terdapat berbagai macam kandungan gizi, seperti protein, lemak, karbohidrat, kalori dan mineral, fosfor, vitamin B-kompleks seperti thiamin, riboflavin, vitamin E, vitamin B12, kalium dan kalsium (sangat bermanfaat untuk kekokohan tulang manusia). Istimewanya lagi sekitar 80% asam lemak tak jenuh pada tahu tidak banyak mengandung kolesterol, sehingga sangat aman bagi kesehatan jantung. Makanan ini juga mudah dicerna oleh nenek, kakek, atau balita yang giginya belum tumbuh sempurna.

Cara Menetralkan Tahu Yang Berformalin

Disamping gizi yang banyak, ternyata tahu juga memiliki kekurangan. Kadar air yang tinggi dalam tahu membuatnya mudah rusak karena mudah ditumbuhi mikroba. Pedagang dan para produsen tahu yang mengetahui hal itu terkadang sangatlah licik. Mereka biasa memasukkan bahan pengawet dan pewarna agar tahu mereka bisa terjual laris, menarik perhatian, dan awet [tidak gampang busuk dan hancur]. Padahal penggunaan pengawet dan pewarna itu sangatlah tidak baik dan bisa merusak kesehatan manusia seperti timbulnya penyakit kanker. 

Untuk mengantisipasi tahu yang terkena formalin. Kita bisa berjaga-jaga dengan melakukan observasi dan mengenali Ciri-Ciri tahu mengandung formalin [klik Linknya]. Namun jika kalian masih ragu, silahkan memakai Cara Menetralkan Tahu Yang Berformalin di bawah ini. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Sebelum dimasak, cucilah tahu terlebih dahulu dengan air yang mengalir
2. Panaskan air dan masukkan tahu mentah tersebut ke dalamnya. Tunggu sampai mendidih atau kira-kira 15-20 menit.
3. Angkat dan cuci lagi dengan air mengalir.
4. Tahu baru siap diolah, dimasak, atau digoreng.

Tujuan perebusan tahu tersebut adalah untuk menghilangkan formalin (dalam tata nama IUPAC disebut formaldehid), karena titik didih formalin adalah 98 derajat celcius, maka perebusan tahu dengan air mendidih (titik didih air 100 derajat celcius), mengakibatkan formalin dapat hilang dari tahu tersebut dan berpindah dari tahu ke air. Sedangkan tujuan pencucian tahu tersebut adalah untuk membersihkan sisa formalin yang tersisa pada tahu). Untuk menyimpan tahu agar awet secara alami bisa dibaca di artikel Cara Mengawetkan Tahu Secara Alami.

Semoga artukel untuk hari ini bermanfaat dan berguna untuk kalian. Cobalah untuk lebih selektif lagi dalam mengolah makanan agar kita dan keluarga tercinta dapat terlindung dari bahaya penyakit mematikan. Sampai jumpa lagi besok dengan artikel yang menarik lainnya. Jangan lupa share ya kalau suka. Share, Like dan Komentar kalian sangat berarti untuk masa depan blog Japanindo Cute Culture ini. Jika mau berlangganan artikel Japanindo Cute Culture silahkan follow twitter, follow Google plus, atau masukkan email kalian dikotak bawah postingan. Terimakasih sudah membaca dan berkunjung ya. Have Nice Day.. \(^o^)/

1 Response to "Cara Menetralkan Tahu Yang Berformalin"

  1. mohon ijin untuk mengcopy artikelnya, sebagai bahan pengetahuan kekuarga kami.

    BalasHapus