.

Mengapa Memotong Bawang Merah Membuat Mata Kita Menangis?


Konnichiwa minasan, hari ini Japanindo Cute Culture akan bertanya kepada kalian. Mengapa Bawang Merah Saat Di Potong Menyebabkan Mata Perih dan Menangis? Ada yang tahu jawabannya. Nah jika belum tahu, yuk kita sama-sama membaca artikel ini dan mengetahui cara-cara mudah untuk memotong bawang merah agar mata kita tidak perih dan menangis lagi.

Mengapa Bawang Merah Membuat Mata Menangis Ketika Di Potong

Menurut ahli, bawang merah mengandung senyawa kimia untuk melindungi diri dari serangan mikroba dan insektisida saat bawang merah ditanam di bawah tanah. Senyawa kimia tersebut mengandung sulfur yang berfungsi mengusir serangga, insektisida, dan mikroba saat bawang merah dipanen. Kandungan kimia tersebut juga membuat bawang merah berbau tajam dan kuat.

Saat seseorang memotong bawang merah, enzim alliinase yang berada di dalam bawang merah berubah membentuk gas amino acid sulfoxides atau disebut juga gas sulfur atau nama yang banyak dikenal masyarakat yaitu belerang. Gas belerang ini kemudian terbawa ke udara dan bereaksi dengan mata manusia sehingga menyebabkan iritasi dan pedih di mata. Akibat reflek mata terhadap gas belerang tersebut, mata kita otomatis mengeluarkan air mata agar tidak terjadi iritasi dan alergi pada mata. Jadi jangan heran ketika kita memotong bawang merah, kita bisa menangis tersedu-sedu. Apalagi memotong bawang merah sambil menonton film sedih. Hiks hiks. Bisa banjir jadinya. hehe

Jika kalian tidak mau menangis ketika memotong bawang merah. Ada beberapa cara yang diyakini orang-orang untuk mengurangi tangisan bawang merah dan pedih di mata. 

Mendinginkan Bawang Merah
Letakkan bawang merah ke dalam kulkas atau kalau mau cepat letakkan saja di freezer sekitar 10-15 menit, kemudian bawang merah bisa dipotong atau diiris kecil-kecil. Hal ini dipercaya dapat mengurangi kadar enzim dari bawang yang telah dilepaskan oleh udara.

Memotongnya Dekat Kipas Angin
Memotong bawang merah seperti di bawah, di samping atau di dekat kipas angin juga dipercaya membantu gas belerang agar tidak menuju ke mata kalian. 

Memotong di Bawah Air
Memotong bawang di bawah air atau pada air yang mengalir dipercaya bisa melarutkan zat belerang pada air sehigga membuat mata kalian bisa terhindar dari zat ini.

Menyalakan Api
Anda bisa menyalakan lilin dengan api dan mengiris bawang di dekatnya, atau mengiris di dekat kompor panas karena panas api bisa menjauhkan belerang dari mata. Tapi hati-hati jangan sampai tangan terbakar.

Selesai sudah artikel Mengapa Bawang Merah Membuat Mata Menangis Ketika Di Potong dan Tips untuk mengatasinya. Jangan lupa share ya kalau suka. Share, Like [tombol di bawah postingan] dan Komentar kalian sangat berarti untuk masa depan blog Japanindo Cute Culture ini. Jika mau berlangganan artikel Japanindo Cute Culture silahkan follow twitter, follow Google plus, like facebook [tombol kecil di samping postingan] atau masukkan email kalian dikotak bawah postingan. Mau Copy Paste artikel juga diperbolehkan asalkan mencantumkan link sumber seperti ini www.japanindocuteculture.com, jika tidak mau mencantumkan link siap siap aja blognya diblacklist oleh DMCA. Hihihi. Terimakasih sudah membaca dan berkunjung ya. Have Nice Day.. \(^o^)/

Sumber: 
http://fimelle.com/artikel-504-alasan-seseorang-menangis-saat-mengupas-bawang-merah.html
http://www.vemale.com/kuliner/tips-dapur/46697-tips-agar-tak-menangis-saat-memotong-bawang-merah.html

0 Response to "Mengapa Memotong Bawang Merah Membuat Mata Kita Menangis?"

Poskan Komentar