.

Tips Mahir, Pintar dan Lancar Berbahasa Jepang Untuk Pemula


Banyak sebagian lulusan SMA masuk ke Jurusan Sastra Jepang di universitas karena mereka menyukai hal-hal berbau Jepang, drama, movie, lagu Jpop, komik, anime, ataupun kesasar, dan dipaksa orang tua. Ya segala macam alasan yang mendasari pastinya ada saja. Ada yang dari SMAnya sudah lancar berbahasa jepang kemudian ingin mendalami bahasa Jepang, ada yang SMAnya tidak tahu apa-apa tapi ingin sekali belajar bahasa Jepang. 

Tips Mahir, Pintar dan Lancar Berbahasa Jepang Untuk Pemula

Termasuk penulis Japanindocuteculture ini. Dia adalah seorang perempuan yang pengen banget pergi ke luar negeri dan ingin punya teman atau pacar Buule. Hahaha. Yup karena aku pikir Jepang adalah tempat yang indah untuk wisata jadi aku tertarik sekali ingin mempelajari bahasa dan budayanya. Apalagi sama yang namanya Haruma Miura. Pengen pergi ke Jepang terus meluk dia. Akhirnya penulis nyemplung juga ke jurusan Sastra Jepang. Bisa dibilang nekad sih masuk sini. Lha padahal SMAnya jurusan IPA. Gak bisa sama sekali bahasa Jepang!! 

Tips Mahir, Pintar dan Lancar Berbahasa Jepang Untuk Pemula

Sedikit Tips saja nih sebelum masuk jurusan Sastra Jepang upayakan sudah hafal Hiragana dan Katakana dulu. Biar nanti gak keteteran nerima pelajarannya. Seperti penulis dulu, udah buku kehabisan, hiragana sama katakana gak hapal sama sekali. Sempat beberapa minggu menjadi orang bodoh seperti Nobita tiap ulangan selalu saja dapat Nol. Tiap disuruh baca sama sensei selalu terbata-bata mengeja seperti anak kelas 1. Penderitaanku tidak sampai disitu saja. Bahkan karna aku paling bodoh dikelas, aku pernah dimarah2in habis-habisan sama dosen paling kibishi [istilah jawanya 'Paling Disiplin']. Dia berkata waktu itu "Kalau kamu minggu depan tidak bisa nulis atau baca bahasa Jepang, lebih baik tidak usah ikut pelajaran saya!!!". Tahukah kalian perasaanku seperti itu? Rasanya hatiku hancur berkeping-keping, malu setengah mati, ingin rasanya menangis sekencang-kencangnya dan berhenti kuliah. Darisana aku punya dua pilihan. Akankah aku menyerah untuk belajar bahasa Jepang dan berhenti kuliah? Atau meneruskan perjuanganku ini yang berliku-liku dan tetap kuliah?

Tips Mahir, Pintar dan Lancar Berbahasa Jepang Untuk Pemula

Yang namanya pemula belajar bahasa Jepang. Memang lebih berat belajarnya daripada yang sudah bisa bahasa Jepang. Tidak bisa langsung mahir, pintar dan lancar berbahasa jepang seperti yang lainnya. Setelah kejadian itu, aku memutuskan untuk tidak menyerah dan belajar lebih keras lagi. Setiap hari aku hapalkan hiragana dan katakana satu persatu. Aku hapalin dengan cara seperti INI dan berkat bantuan Dosen pembimbing akademikku tercinta aku bisa belajar menulis hiragana dan katakana dengan cepat. Mau tahu caranya?

Tips Mahir, Pintar dan Lancar Berbahasa Jepang Untuk Pemula

Caranya agar kalian bisa menulis hiragana dan katakana dengan cepat yaitu dengan cara setiap hari menulis 2 lembar cerita bahasa jepang bolak-balik. Namanya aja pertama kali belajar nulis bahasa Jepang. Pasti awalnya ada rasa repot, males, dan rasa kaget 'Hah' banyak banget. Tapi ya sudahlah untuk kebaikan diri sendiri. Akhirnya aku nulis cerita tersebut, satu per satu, satu paragraf per paragraf satu halaman perhalaman mulai sore hari sampai begadang jam 2 pagi. Astaga nulis gitu aja kog repot. Menulis seperti itu butuh dihafalkan dan harus sesuai urutannya. Jadinya tidak semudah menulis saja. Apalagi huruf hiragana itu bentuknya keriting-keriting. hehe

Tapi berkat latihan keras seminggu penuh menulis cerita bahasa Jepang tersebut. Akhirnya aku bisa membaca bahasa jepang sedikit demi sedikit, bisa menulis hiragana dan katakana walaupun tulisannya masih jelek, dan yang paling penting aku masih bisa belajar di kelas dosen killer itu. Alhamdulillah. Mulai dari sanalah kemampuan bahasa Jepangku meningkat. Yang tadinya nilaiku Nol, sekarang nilai ujianku hampir setiap hari 95-100. Dan pertama kalinya aku dipuji sama dosen-dosen karena aku berhasil mengejar ketinggalanku. Berhasil menguasai pelajaran dasar bahasa Jepang. Karena yang terpenting untuk mahir berbahasa Jepang adalah menguasai dasar bahasa Jepang terlebih dahulu. Jika level dasarnya sudah tidak bisa, untuk naik ke level berikutnya juga akan sulit. 

Sebenarnya untuk Mahir, Pintar dan Lancar Berbahasa Jepang rumusnya hanya satu yaitu Terbiasa dan selalu mempraktekkannya. Bahasa akan lancar jika kita terbiasa memakainya. Inilah cara-cara agar kalian bisa terbiasa dengan bahasa Jepang:

1. Senangilah bahasa Jepang, dengan begitu kalian akan senang mempelajarinya dan termotivasi untuk belajar.

2. Biasakan menulis bahasa Jepang seperti menulis buku harian. Dengan begitu buku harian kita tidak ada yang bisa baca khan. Selain kita sendiri dan orang Jepang. Hahaha. Selain buku harian, kalian juga bisa menggunakan bahasa Jepang pada memo, sms sama teman yang bisa bahasa Jepang, update status media social dengan bahasa Jepang atau sekedar menulis lirik lagu romantis untuk pacar dalam bahasa Jepang.

3. Menonton film, anime, drama atau movie bahasa Jepang. Untuk rekomendasi lihat 25 Movie Jepang Paling Romantis DISINI dan 17 Movie Horror Jepang DISINI.

4. Baca komik bahasa Jepang. Usahakan jangan yang terjemahan tapi komik asli. Kemudian coba kira-kira artinya kalau perlu cari di kamus. Rekomendasi kamus bahasa Jepang DISINI.

5. Mendengarkan lagu-lagu bahasa Jepang. Mungkin ini, anu, dan itu bisa jadi rekomendasi.

6. Bergabung pada grup-grup bahasa Jepang yang banyak native-nya. Kalian bisa belajar komunikasi dengan mereka. Rekomendasi gabunglah ke grup facebook seperti ini.

7. Berbicara dengan bahasa Jepang dengan teman, keluarga ataupun boneka juga bisa membantu melancarkan komunikasi bahasa Jepangmu.

8. Cari teman orang jepang dari Facebook, twitter, skype dan chat. Dengan begitu kalian akan terbiasa berkomunikasi memakai bahasa Jepang.

9. Hafalkan kosakata bahasa Jepang setiap hari.

10. Kursus bahasa Jepang pada ahlinya. Mau kursus sama penulis juga bisa. Hehehe

11. Kuliah dan Tinggal di Jepang sangat membantu sekali untuk kemampuan bahasa Jepang kamu. Kamu bisa mengikuti beasiswa monbusho untuk mendapatkan kuliah gratis dari pemerintah Jepang.

Jika ingin kuliah sastra Jepang penulis rekomendasikan banget ke Universitas Brawijaya karena dosen-dosen disini profesional ngajarnya, perhatian banget sama mahasiswanya, disiplinnya juga tinggi, banyak menjuarai lomba-lomba bahasa jepang, dan mahasiswa brawijaya yang lolos ujian monbusho untuk kuliah di Jepang juga paling banyak di Indonesia.

Sumber: Pengalaman sendiri

9 Responses to "Tips Mahir, Pintar dan Lancar Berbahasa Jepang Untuk Pemula"

  1. Kakak unibra juga? Tes masuknya gimana? Mau masuk situ nih sastra Jepang jugaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mahasiswi Universitas Brawijaya.. Adek ikut Snmptn aja nanti. Terus pilih sastra Jepang Unibra. Atau pakai jalur mandiri tapi biayanya agak mahal sih.. hehe

      Hapus
  2. Dan pengen lolos monbu juga.tee hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. rajin belajar aja dek kalau bisa usahain ipnya kumlot, jadi nanti bisa dipilih universitas untuk ikut monbu.. cemungud ya.. :e

      Hapus
  3. Oh ya kak mau tanya soal pola kalimat, kalau "watashi wa imouto ga hitori imasu dakara watashi wa futari kyoudai desu" gitu boleh nggak kak dikasih sambungan "dakara" gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penggunaan dakaranya kurang tepat dek. Dakara itu bentuk dari kata non formal 'deskara' yang artinya 'karena'. Terus penggunaannya juga gak boleh disambung sama -masu [bentuk kata kerja] tapi sambungannya itu kata benda bentuk non formal [-da]. Misalnya: amedakara, kasa wo wasurenaidene. [jangan lupa bawa payung karena sekarang hujan]. Kalau kalimat adek sebaiknya gini aja. 'Imouto ga hitori imasukara, watashi no kyoudai wa futaridesu'.

      Hapus
  4. Kak arti kosakata itu apa, kak? .....

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah tahun ini aku masuk Sastra Jepang Universitas Brawijaya jalur undangan. 3 Tahun di SMA mau mengabdi belajar bahasa jepang di Unibra akhirnya keturutan juga hahaha.
    Intan Senpai mohon bimbingannya :)

    BalasHapus