.

Mengubah Indonesia Menjadi Negara Maju, Just Tips and My Opini


Well, postingan ini ditulis karena sebuah komentar yang ditulis oleh seseorang, seseorang tersebut bertanya 'Mengapa jepang suka menjajah kita?'. Menjajah yang dimaksud disini adalah soal produk Jepang yang merajalela di Indonesia. Seperti perabot rumah tangga, makanan, aplikasi dan tentu saja sepeda motor atau mobil. Seluruh dunia pasti tahu negara Jepang adalah negara maju no.2 setelah Amerika Serikat. Mengapa negara Jepang bisa menjadi negara maju sedangkan negara Indonesia tidak? Padahal negara Jepang adalah negara yang lebih kecil daripada Indonesia. Soal jajah-menjajah tidak ada hubungannya dengan besar kecilnya negara itu. Tapi berkaitan dengan negara besar [bukan dilihat dari luas wilayah] menjajah negera kecil. Negara maju pasti menjajah negara berkembang. Sebenarnya Indonesia bisa juga bebas dari penjajahan. Namun, seringkali orang Indonesia tidak menyadari hal itu dan tidak mau berubah. Mungkin inilah tips agar kalian bisa sadar dan bisa membuat perubahan pada negara Indonesia tercinta.

i love indonesia

Dilihat dari segi geografis dan populasinya, negara Jepang juga mempunyai kekurangan. Kekurangannya, negara Jepang rentan gempa karena negaranya sendiri terletak diatas tiga lempeng benua yaitu Eurasia, Pasifik dan Laut Filipina. Lempeng-lempeng yang perlahan bergerak dan saling bergesekan antara satu dengan yang lainnya, menyebabkan tekanan gempa di Jepang menjadi besar sehingga menimbulkan kekuatan gempa yang sangat dahsyat. Hampir 5 menit sekali gempa ini bisa terjadi. Sedangkan dilihat populasi. Populasi orang Jepang setiap tahunnya menurun. Alasannya karena orang Jepang sendiri tidak suka mempunyai banyak anak.  Dengan kekurangan seperti itu, mengapa negara Jepang bisa maju. Bagaimana cara menutupi kekurangan negara tersebut? 

1. Negara Jepang membuat aturan yang ketat dan semua warga negara mematuhinya. Kebanyakan orang Jepang akan malu sendiri jika melanggarnya. Jika dilarang membuang sampah sembarangan. mereka tidak akan membuang sampah sembarangan. Seperti dalam artikel Membuang Sampah di Jepang Super Ribet

2. Orang Jepang diajarkan berfikir kritis sejak kecil sampai lulus kuliah. Sepulang sekolah, siswa masih diberi les tambahan oleh orang tua. Misalnya les piano, les privat, dan lain-lain.

3. Orang Jepang mencintai produk dalam negeri. Menghargai produk dalam negeri. Menomer satukan produk dalam negerinya.

4. Ada pendidikan khusus untuk menanggulangi gempa, bencana alam, dan renang. Orang jepang belajar semua ini untuk meminimalisir korban bencana alam. Mereka sadar bahwa negaranya memang rawan bencana. 

5. Orang Jepang disiplin waktu dan rela berkorban demi perusahaan dan negaranya. Mungkin kalian bisa belajar di Pendapat Orang Jepang Mengenai Waktu

6. Orang Jepang mengajarkan bahasa Jepang ke hampir seluruh wilayah di dunia. Buktinya setiap tahun ada 2 kali tes kemampuan bahasa Jepang di beberapa negara berbeda. Tes itulah yang dinamakan JLPT atau noryokushiken.

7. Orang Jepang banyak mendirikan perusahaan dan pabrik cabang di luar negeri. Seperti perusahaan sepeda motor, mobil, makanan, dll.

8. Orang Jepang kekurangan populasi. Jadi mereka banyak merekrut orang asing untuk bawahan atau pegawainya. 

9. Mereka mendistribusikan film yang paling diminati oleh seluruh orang di dunia dan satu-satunya negara yang mempunyai produksi video XXX terbesar. 

10. Jepang mempunyai hasil seni, komik dan anime yang bisa membesarkan nama Jepang. Kedua karya tersebut memang tidak semua negara bisa membuatnya. 

11. Walaupun Jepang merupakan negara maju. Mereka masih bisa menjaga tradisi lelulur dan keseimbangan alam. Jepang bisa menciptakan negaranya menjadi negara yang bersih, indah, segar, tidak ada polusi, tidak ada kemacetan, dan bebas. 

12. Transportasi negara Jepang sangat tradisional. Mereka suka berpergian menggunakan sepeda pancal, naik kendaraan umum, dan yang paling disukai adalah jalan kaki. Orang jepang bisa menghabiskan 1 jam untuk berjalan kaki lho.

13. Wanita di Jepang lebih suka menjadi wanita karir daripada menjadi ibu rumah tangga. 

14. Film dan drama Jepang yang ada di televisi kebanyakan mengajak penonton untuk berfikir dan belajar tentang pengetahuan umum. Misalnya Detektif Conan yang mengajak penonton untuk memecahkan teka teki, Otenki Oneesan mengajak penonton untuk belajar mengenai cuaca, Kami no Shizuku mengajarkan penonton tentang seluk beluk minuman anggur seperti cara membuat, cara meminum, jenis2nya, dll.

Nah jika kalian sudah tahu tentang Jepang. Pasti bisa mengerti mengapa negara Jepang bisa menjadi negara maju. Yup benar, Jepang mempunyai SDM yang kreatif dan produktif. Mereka banyak menghasilkan karya seni yang disukai dunia, seperti komik dan anime. SDA yang mereka miliki memang sedikit, tapi mereka tahu cara mengoptimalkan, misalnya dengan memasarkan dan melelestarikannya. Hal ini tentu saja sangat berbeda sekali dengan Indonesia.

Pertanyaannya sekarang, apakah negara kita tetap bisa maju jika pemerintah banyak yang korupsi, udara penuh polusi, penghijauan mulai menghilang, tempat umum atau wisata penuh sampah, sumber daya alam tidak dikelola dengan baik, sumber daya manusia tidak produktif? pasti kalian bisa menjawabnya. Bahkan hatiku sakit, waktu mendengar orang Jepang yang berkata bahwa kereta Indonesia itu seperti kereta buangan atau kereta bekas di Jepang. Saking tidak mampunya Indonesia membeli kereta atau membuat kereta yang bagus seperti negara lain. Belum lagi para koruptor yang suka memakan uang rakyat untuk kepentingan pribadinya. Haduh2 gimana Indonesia mau berkembang menjadi maju.

Mengubah Indonesia Menjadi Negara Maju, Just Tips and My Opini

Sebenarnya membuat Indonesia menjadi maju sangatlah mudah. Pertama-tama kita haruslah sadari dulu, apa yang harus kita ubah. Misalnya polusi. Bagaimana cara kita meminimalisir adanya polusi di negara kita. Caranya back to nature. Menggunakan alat transportasi ramah lingkungan seperti sepeda pancal, becak, dokar, atau jalan kaki. Wah kalau itu sih susah dan bikin capek. Hmm memang jika kalian sudah terbiasa memakai sepeda motor atau mobil ke suatu tempat, pastilah gampang bilang capek atau jangan-jangan kalian gengsi karena dikira gak punya duit. 

Tahu gak sih, kebiasaan kalian ini beda banget sama orang Jepang. Orang Jepang tidak mau memakai atau membeli sepeda motor atau mobil. Mereka lebih suka pergi jalan kaki, naik kendaraan umum atau naik sepeda. Mengapa mereka tidak suka memakai sepeda motor? karena mereka tahu, hal itu akan menambah polusi dan berdampak jelek pada lingkungan. Oleh karena itu, negara Jepang lebih suka mengekspor mobil dan sepeda motor ke luar negeri termasuk negara Indonesia. Bahkan negara Jepang mendirikan perusahaan motor dan mobilnya di negara tercinta kita. Alasannya simple, orang Indonesia suka sekali pergi menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor. Orang Indonesia selalu mengutamakan keenakannya daripada efek sampingnya. Tiap hari ada saja orang yang membelinya. Entah itu dengan cara kredit ataupun lunas. Tahukah kalian, kebiasan buruk inilah yang menguntungkan negara lain. kebiasaan inilah yang membuat perusahaan Jepang berdiri di Indonesia dan menyebar luaskan produksinya. Kebiasaan inilah yang membuat negara lain kaya karena kita telah membeli produknya. Bayangkan jika orang Indonesia lebih memilih jalan kaki atau naik sepeda saja. Pastinya perusahaan sepeda motor dan mobil tidak akan mendirikan perusahaannya disini. 

Lalu bagaimana cara agar orang Indonesia terbiasa jalan kaki dan bersepeda saja? Caranya kita biasakan diri sendiri dahulu, baru mengajak orang terdekat kita, seperti keluarga, sahabat dan teman. Kalian pernah khan gerak jalan waktu SMA, atau gerak jalan waktu perayaan agustusan. Jalan kaki akan lebih senang, dan tidak terasa capek jika kita melakukannya bersama-sama. Selain tidak menimbulkan polusi, jalan kaki lebih menyehatkan tubuh dan membuat panjang umur. Kalau tidak percaya baca Resep Rahasia Awet Muda dan Panjang Umur Orang Jepang. Bisa juga pemerintah memberikan program untuk rakyatnya agar 1, 2 hari sampai 7 dalam seminggu bisa jalan kaki dan bersepeda. Bersepeda juga hal yang sangat mengasyikkan. Transportasi yang ramah lingkungan, sekaligus menyehatkan tubuh karena badan bisa bergerak. Banyakan positifnya daripada pakai sepedamotor. Di Jepang saja yang pakai sepeda motor hanya sedikit, itupun biasanya dipakai untuk jasa pesan antar makanan. Orang Jepang, baik itu orang miskin atau orang kaya semuanya sudah biasa berjalan kaki dan bersepeda. Seandainya itu jauh, mereka akan naik kereta api atau bus untuk sarana transportasi.

Mengubah Indonesia Menjadi Negara Maju, Just Tips and My Opini

Meminimalisir kendaraan bermotor juga akan berdampak sehat bagi lingkungan maupun manusia, paru-paru akan leluasa menghisap udara segar. Bukan hanya itu, kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan kendaraan bermotor juga semakin berkurang. Tidak perlu membeli bensin yang semakin tahun semakin mahal. Tidak membuat macet jalanan. Menghemat pengeluaran rumah tangga karena tidak ada pengeluaran untuk membeli sepeda motor. Bebas hutang kredit motor. Uang bisa ditabung atau dipakai untuk keperluan lainnya. Lebih bagus lagi jika kita bisa membuat sepeda motor sendiri. Apakah kalian tidak pernah berfikir bisa membuat sepeda motor yang lebih canggih daripada buatan Jepang? Para lulusan teknik seharusnya bisa memikirkan hal ini. Membuat sepeda motor sendiri, lalu dipakai oleh rakyat sendiri. Itu lebih keren daripada membantu membuat sepeda motor merek negara lain.

Setelah menghilangkan polusi dari alat transportasi. Mari kita melakukan penghijauan. Membuat Indonesia hijau kembali, banyak pohon dan bunga yang bermekaran. Sebagai negara tropis, tentunya hal ini lebih mudah daripada negara yang memiliki 4 musim seperti Jepang. Jika Jepang mempunyai bunga sakura untuk karakteristik negaranya. Pastinya Indonesia juga punya sebuah tanaman khas yang beraneka ragam. Tanaman yang bisa dibudidayakan ke seluruh Indonesia. Tanaman yang nantinya bisa memikat hati para turis untuk datang ke Indonesia. Tapi sepertinya Indonesia lebih memilih melakukan pembangunan besar-besaran daripada penghijauan. Pembangunan yang menurutku tidak begitu penting. Seperti pembangunan mall, tempat karaoke, dan tempat hiburan lainnya. Di kota malang aja tempat karaoke udah ada puluhan, apalagi mall sudah ada banyak sekali. 

Sumber daya alam hasil kekayaan Indonesia sebenarnya sangat banyak, berlimpah, dan kualitasnya juga bagus. Misalnya buah-buahan, hasil pertanian, dan hasil laut. Jika kita bisa mengolahnya dengan baik, kita bisa menjadikan produk tersebut untuk diekspor ke seluruh dunia. Orang Jepang dan orang Korea aja kaget waktu melihat buah pisang di Indonesia. Seperti dosen korea saya, dia suka sekali sama buah pisang asli Indonesia karena katanya pisang disini sangat manis dan beraneka ragam, ada pisang ambon, pisang susu, pisang hijau, dlll. Orang jepang juga begitu, mereka sangat menyukai buah yang ada di Indonesia, seperti semangka dan pisang. Kata mereka buah disini lebih enak. Bahkan ada temannya temanku yang asalnya dari Jepang. Dia suka sekali dengan jajanan pisang kipas atau pisang goreng karena di jepang jajanan seperti ini tidak ada. Melihat seperti ini, alangkah baiknya kita bisa mengekspor buah daripada mengimpor buah.

Namun, Sumber daya alam yang besar itu seringkali tidak dimanfaatkan oleh pemerintah dan pengusaha. Pengusaha tidak tertarik dengan sumber daya alam Indonesia sendiri. Sebagai contoh saja ya, produksi garam di Indonesia. Apa kalian memakai garam buatan asli Indonesia? mungkin ada yang menjawab iya, tidak tahu, dan menjawab tidak. Apakah kalian mengenal garam halus cap kapal? Garam ini mungkin sudah diproduksi ke seluruh Indonesia. Padahal garam ini bukanlah garam Indonesia, melainkan garam impor. Garam yang aslinya dari luar negeri itu diproduksi di Indonesia. Lagi-lagi garam ini menjajah kita. Lagi-lagi kita menguntungkan negara lain. Apakah Indonesia yang pulaunya dikelilingi oleh lautan tidak bisa membuat garam sendiri? Haruskah kita selalu mengonsumsi barang milik orang lain, sementara milik kita sendiri dibiarkan begitu saja? Harusnya kita sadar akan hal ini. Tahukah kalian, pembuat garam di Indonesia juga ada, tapi karena mereka hanya memakai alat sederhana, kerja mereka tidak bisa optimal, mereka sudah bekerja keras banting tulang, tetapi hasil yang mereka dapatkan tidak seberapa. Lebih baik menguntungkan warga negara sendiri khan daripada menguntungkan negara lain?

Mengubah Indonesia Menjadi Negara Maju, Just Tips and My Opini

Sekarang masalah kebersihan. Orang Indonesia mayoritas beragama Islam. Pernah mendengar kalimat kebersihan adalah sebagian dari iman?. Kalian pasti pernah membaca, tapi tidak pernah mengerti ataupun melaksanakannya. Yup, hal inilah yang menyebabkan kesadaran kebersihan di Indonesia sangatlah kurang. Resiko juga setiap tahun sudah dirasakan. Kurang apa lagi coba? Kalah sama orang Jepang yang mayoritas penduduknya atheis [tidak punya agama]. Walaupun tidak punya agama, mereka sangat patuh pada aturan. Mereka akan malu untuk melanggarnya. Bahkan orang korupsi di Jepang lebih suka bunuh diri saking malunya ketahuan masyarakat luas. Buat apa aturan dan agama jika kalian tidak bisa menerapkan ilmunya. Tidak bisa mematuhi larangannya dan menjalankan perintahnya. Apa gunanya aturan, jika warga menganggap itu hanya pajangan semata.

Jika semua orang bisa sadar diri, bisa menjaga kebersihan dirinya, rumah, dan lingkungan sekitarnya. Terutama mengenai sampah. Mari kita tidak membuang sampah sembarangan, dimulai dari diri kita sendiri. Biasakan mulai sekarang membuang sampah pada tempatnya. Seandainya tempat sampah itu jauh, langkahkan kakimu untuk berjalan sebentar. Jikalau tidak ada tempat sampah di sekitarmu, simpan dulu sampah tersebut di saku, tas, atau kantong plastik sampai menemukan tempat sampah. Jangan membuang sampah di laut lepas, pantai, tempat wisata, tempat umum, sungai, dll. Ajarkan juga hal ini kepada keluarga, sahabat dan teman terdekat. Jika sebagian besar orang Indonesia bisa terbiasa akan hal ini. Insyaallah bencana banjir semakin tahun akan semakin hilang. Para wisatawan mancanegara juga lebih enjoy berjalan-jalan di tempat yang bersih. 

Sekarang umpamanya Indonesia sudah bisa indah, bersih dan alami. Saatnya promosi dilakukan. Bagaimana cara mempromosikan tempat wisata di Indonesia? Banyak sekali caranya. Misalnya mempromosikan film Indonesia yang memang berlatar belakang Indonesia. Yang sering dilupakan, Orang Indonesia kebanyakan membuat subtitle untuk film-film mancanegara saja. Tapi untuk film Indonesia sendiri, jarang-jarang yang mereka terjemahkan ke bahasa asing. Ada baiknya kalian juga mempromosikan film Indonesia. Misalnya kalian bisa bahasa inggris. Cobalah membuat english sub untuk film Indonesia. Atau kalian bisa bahasa Jepang, Cina, Jerman, Korea, cobalah untuk membuat subtitle bahasa Jepang atau bahasa yang kalian kuasai untuk mempromosikan film negara sendiri. Membuat blog dengan bahasa Inggris atau bahasa lainnya, lalu membahas tentang keindahan negara Indonesia. Mengajarkan bahasa Indonesia ke orang bule. Hal ini lebih bermanfaat untuk negara Indonesia. 

Mengajarkan bahasa Indonesia ke negara lain. Kalau kalian tahu, negara lain juga mempelajari bahasa Indonesia. Beberapa bulan yang lalu admin mengikuti seminar. Di seminar mengatakan negara Thailand mempelajari bahasa Indonesia sebagai materi tambahan SMA. Tapi kebayang gak sih, kalau guru bahasa Indonesianya bukan orang Indonesia, melainkan orang bule. Orang Indonesianya pada kemana? Mengapa orang bule yang ngajarin bahasa Indonesia. Selain Thailand, bahasa Indonesia juga dipelajari di negara Jepang. Contohnya Dosen bahasa Indonesia saya sendiri. Beliau sangat pintar bahasa Jepang karena dia pernah mengajarkan bahasa Indonesia beberapa tahun di negara maju tersebut. Terlihat aneh ya, bahasa kita dipelajari orang lain. Padahal negara kita bukan negara maju. Itu karena mereka masih tertarik dengan Indonesia. Yah yang paling terkenal tentu saja Bali. Beruntung saja kita masih punya Bali, tempat favorit para turis. 

Kita contoh saja kepopuleran drama korea di Indonesia. Mengapa orang Indonesia kenal Korea? karena drama Full House yang mengawali orang Indonesia menyukai Korea. Ceritanya romantis, lucu, dan pemainnya ganteng-ganteng. Hal itulah yang membuat para perempuan di Indonesia sangat ingin pergi ke korea. Coba bayangkan jika film Indonesia yang sudah kita beri subtitle bahasa lain tersebut, disukai oleh negara lain dan ditayangkan oleh televisi lokal. Pastinya jika ada yang menyukainya, film Indonesia juga akan menjadi terkenal seperti film Korea. Kenapa nggak?? film Indonesia juga bisa romantis, lucu, dan masalah ganteng atau cantik juga tergantung selera. Selera orang bule dan Indonesia pastinya juga berbeda. Ada kog, JCC pernah lihat sesorang bule di youtube tertarik dengan film Indonesia yang judulnya "My Heart". Dia komentar gini, pakai bahasa inggris "Kelihatannya menarik, ada english subnya?". Jika film Indonesia bisa terkenal di negara lain. Rakyat Indonesia juga bangga.

Satu lagi kelemahan orang Indonesia. Orang Indonesia jika ditanya "Jika bekerja nanti, kamu mau jadi apa? kerja dimana?". Jawabannya mungkin sebagian besar begini "Aku ingin jadi karyawan, di perusahan besar". Waw, pekerjaan bagus sih menurutku. Tapi alangkah baiknya jika kita tidak berkeinginan sebatas itu. Kita bisa menjadi lebih. Misalnya wiraswatsa, membangun perusahaan yang mampu mengolah SDA Indonesia menjadi produk yang lebih baik. Membangun restoran Indonesia di luar negeri atau pegawai negeri yang berbakti untuk negaranya. Jangan mau menjadi TKI yang kerjanya hanya membantu negara lain, bantulah negara Indonesia juga. Kalau perlu buatlah perusahaan di luar negeri dengan memasarkan produk Indonesia. Merekrut karyawan dari Indonesia. 

Selain hal diatas. Kita juga harus mencintai produk dalam negeri. Lebih menyukai barang-barang berlabelkan made in Indonesia. Menghapus pola pikir bahwa barang luar negeri pasti lebih bagus dibandingkan barang dalam negeri. Kembali lagi ke pertanyaan "Mengapa jepang suka menjajah kita?". Itu karena Jepang tahu kelemahan kita. Jepang memanfaatkan kebiasaan orang Indonesia yang suka dengan alat praktis, canggih, tanpa perlu berfikir panjang. Rakyat Indonesia lebih bersifat konsumtif daripada produktif. Lebih suka menerima daripada memberi. Sebenarnya ini tidak sepenuhnya salah rakyat karena pemerintah juga turut bertanggung jawab.

Pemerintah harusnya tahu, hal apa saja yang bisa membuat Indonesia maju. Melakukan perubahan pada pengolahan SDA, memberikan fasilitas untuk pengolahan SDA, meningkatkan kualitas SDM, menyaring perusahaan atau bisnis luar negeri yang akan masuk di Indonesia. Bukan malah membebaskan perusahaan asing menjamur di Indonesia atau menjual milik negara ke luar negeri. Enak-enakan korupsi memakai uang rakyat, sementara rakyatnya sendiri masih kekurangan. Gimana mau maju kalau pemerintahnya aja gak bener.

Jika pemerintah dan warga negara tidak berubah, tidak produktif, dan tidak berfikir kreatif. Mungkin semakin bertambah tahun, perusahaan asing akan semakin merajalela. Indonesia bisanya hanya berbelanja produk mereka. Jadi jangan heran jika Indonesia tetap menjadi negara berkembang dan tidak maju-maju. Tapi, berbeda lagi kalau kita bisa berubah. Melakukan yang terbaik untuk negara tercinta. Tidak memberi kesempatan negara asing untuk merebut kekayaan kita. Yakinlah Indonesia pasti bisa menjadi negara maju!

Maaf ini hanya opini penulis. Jika ada salah kata penulis mohon maaf. Bukannya penulis menjelek-jelekkan Indonesia. Penulis hanya ingin Indonesia menjadi negara yang lebih baik lagi. Ingin menyadarkan bangsa Indonesia bahwa sebenarnya negara kita sangat kaya. Hanya saja kita belum memaksimalkan SDA dan SDM yang kita punya. Perlu juga kita sadari sehebat-hebatnya pemerintah, warga negara sendirilah yang menentukan. Jika pemerintah sudah bertindak benar, rakyat juga harus ikut berpartisipasi membagun negara ini misalnya dengan cara mematuhi aturan, mempromosikan Indonesia di mata dunia, dll. Go Go Go Indonesia! Jangan lupa share atau bagikan artikel ini ke teman-temanmu di fb, twitter, atau akunmu yang lain [tombol di bawah postingan]. Like, follow dan komentar kalian sangat berarti untuk masa depan blog Japanindo Cute Culture ini. Jika mau berlangganan artikel Japanindo Cute Culture silahkan follow twitter, follow Google plus, like facebook [tombol di samping postingan] atau masukkan email kalian dikotak bawah postingan. Mau Copy Paste artikel juga diperbolehkan asalkan mencantumkan link sumber seperti ini www.japanindocuteculture.com, jika tidak mau mencantumkan link siap siap aja blognya dihapus oleh DMCA. Hihihi. Terimakasih sudah membaca dan berkunjung ya. Have Nice Day.

3 Responses to "Mengubah Indonesia Menjadi Negara Maju, Just Tips and My Opini"

  1. hai, watashi ga imasu! saya suka tulisan di atas, mengkonstruk pemahaman untuk lebih memahami bangsa Indonesia dan bangsa asing. it is clear enough...

    BalasHapus
  2. hee.. wakaru.. makasie mas hakim.. berkat anda juga, saya bisa menulis seperti itu.. :j

    BalasHapus
  3. Makasih infonya..
    Kunjungan bali ke Box Makanan :)

    BalasHapus