.

15 Cara Ampuh Menghilangkan Cegukan Dengan Cepat


Selamat malam sahabat Japanindo Cute Culture. Kalian pasti kangen ya sama postingan saya, atau sama admin sendiri. Hahaha. Mohon maaf banget belakangan ini saya tidak bisa update artikel karena banyak sekali masalah yang muncul diantaranya masalah hp saya yang rusak, pulsa modem habis, dan adik saya juga sempat masuk rumah sakit. Jadi bisa dikatakan admin lagi krisis. Tapi tenang admin mulai hari ini sudah aktif di dunia maya lagi. Yuk kita mulai saja artikel pertama pada bulan juni. Malam ini JCC akan membahas tentang cegukan. Lebih tepatnya 15 Macam cara menghilangkan cegukan dengan cepat

Cegukan sering dialami oleh manusia, mulai dari bayi, anak-anak, balita, remaja, orang dewasa maupun lansia. Banyak orang yang mengatakan bahwa cegukan disebabkan karena kadar mineral dalam tubuh berkurang atau istilah yang paling mudah dimengerti adalah kurang minum. Oleh karena itu, ketika kita sedang berbunyi hik hik, banyak orang yang menyarankan untuk minum air sebanyak-banyaknya.

Cegukan dalam bahasa inggris disebut hiccups atau hiccough, kata ini diambil dari bunyi hik hik (suara dari mulut yang keluar ketika cegukan. Sedangkan dalam bahasa medis dikenal sebagai singultus. Kata Singultus, diambil dari bahasa latin singult yang artinya penarikan nafas saat menangis tersedu-sedu. Cegukan sendiri diartikan sebagai kontraksi diafragma (otot di dasar paru-paru, yang membatasi rongga dada dengan rongga perut) yang mengalami kejang, kekejangan tersebut menyebabkan pita suara menutup dengan cepat dan terdengarlah suara. Kejang inilah yang membuat bunyi hik hik berulang-ulang setiap menitnya. Kontraksi seperti ini sama halnya dengan orang gagap yang sedang kesulitan berbicara. Seringkan kita melihat orang gagap juga melakukan pengulangan bunyi yang sama seperti itu.

15 Cara Ampuh Menghilangkan Cegukan Dengan Cepat

Adapun yang menyebabkan kontraksi tiba-tiba pada diafragma yaitu kebiasan makan dan minum kita yang suka terburu-buru, jadi pernafasan juga terganggu, ada juga yang disebabkan karena makan dan minum makanan yang panas dan dingin. Misalnya setelah minum teh panas, minum lagi es campur dalam waktu yang hampir bersamaan. Hal tersebut bisa mengganggu jalan kerja lambung yang stabil. Selain itu kebiasaan merokok berlebihan dan terlalu sering minum-minuman beralkohol atau berkarbonasi juga bisa dimasukkan ke dalam faktor penyebab cegukan. Oh iya satu lagi, perubahan emosi yang mendadak. Situasi dimana kita menangis lalu tertawa. 

Cegukan, sebuah penyakit yang disepelekan oleh kebanyakan orang. Penyakit ini memang tidak membahayakan, tapi cegukan berkepanjangan dan datangnya rutin di waktu tertentu, hal tersebut perlu dikhawatirkan karena bisa jadi cegukan tersebut merupakan gejala awal dari penyakit lain. Seperti gejala gejala tumor di otak, gejala stroke, infeksi di susunan saraf pusat otak, adanya herpes di dada sehingga mengganggu saraf tepi, gangguan metabolic pada penderita diabetes, atau penderita kelainan ginjal karena uremia, gangguan elektrolit kurang kalium, termasuk pengaruh obat-obatan seperti steroid atau obat tidur.

Gejala cegukan tetap atau permanen seperti yang dijelaskan sebelumnya pernah dialami oleh seorang kebangsaan Amerika yang bernama Charles Osborne. Orang ini mendapat penghargaan dari The Guinness World Records sebagai seorang manusia yang mempunyai cegukan terlama di dunia. Rekornya dimulai pada tahun 1922 dengan frekuensi cegukan 40 kali per menit, melambat menjadi 20 kali, dan akhirnya berhenti pada bulan Februari 1990 dengan total waktu selama 68 tahun.

Penderita seperti Charles tidak bisa disembuhkan seperti cara yang akan disampaikan Japanindo Cute Culture ini. Cegukan berat haruslah diperiksakan ke dokter spesialis atau dibawa ke rumah sakit terdekat. Untuk cegukan kecil seperti yang kita alami sebenarnya tidak perlu diobati, nanti juga hilang sendiri dalam waktu kira-kira  3 sampai 5 menit kemudian. Tapi kita saja yang tidak sabaran menunggu. Ya iyalah bayangkan saja disaat kita enak-enak ngobrol dengan teman, suara hik hik seperti kodok datang mengganggu. Bukan itu saja sih, ketika kita cegukan, pernafasan juga tidak stabil. Rasanya gak enak banget. Betul nggak? Untuk itulah orang-orang mencari berbagai cara agar cegukan bisa segera hilang. Inilah 15 cara menghilangkan cegukan:

1.Minum air putih. Minumlah air putih dikit demi sedikit. Agar lebih ampuh ada yang bilang jika minum air di gelas harus sambil menundukkan kepala dan minum dari bibir gelas yang berseberangan dengan bibir supaya tidak tumpah. 

2.Jika cara pertama sulit dilakukan, pakailah cara menghilangkan cegukan paling wuzzz hanya dalam 3 detik saja. Caranya lebih mudah dan tidak berbelit-belit. Cara ini hampir sama juga seperti cara menghilangkan kegagapan. Silahkan lihat di blog kedua admin 'Imoshare'. Ini adalah cara yang admin pakai. 

3.Leher didangakkan [bahasa indonesianya apa ya?] sedikit kebelakang, kemudian masukkan gula pasir satu sendok teh ke lidah kita, jangan ditelan. Telan air ludah yang terbentuk setelah gula ada di lidah. Setelah semua gula larut, minumlah setengah gelas air putih. 

4.Usapkan es ke dagu dan minum tetesan air es yang meleleh. Jangan menelas es batu ketika cegukan, nanti bisa salah masuk ke jalan pernafasan. Jadinya malah tambah parah lagi. Supaya lebih aman pakai cara kelima saja deh.

5.Tahan napas beberapa detik, kira-kira sekitar 10 detik, kemudian bernapaslah seperti biasa. Lakukan beberapa kali sampai cegukan berhenti. Hati-hati jangan lupa bernafas. Nanti keterusan lagi. hehehe. 

6.Tahan napas sewaktu mulut kita di kantong kertas, tahan selama 10 detik, kemudian napas beberapa kali lagi seperti biasa tanpa kantong kertas, kemudian tahan napas lagi di kantong kertas. Lakukan berulangkali sampai cegukan berhenti.

7.Letakkan jari tangan ke langit-langit mulut [bagian atas mulut], lalu pijatlah dengan halus dan lembut, jangan sampai tergores dengan kuku. 

8.Makanlah satu sendok selai kacang, selai kacang dipercaya dapat menghilangkan cegukan karena kelengketan selai kacang dapat mengubah irama pernapasan 

9.Pakailah minyak kayu putih dibagian leher hingga perut sehingga organ-organ dalam bisa berfungsi normal kembali. 

10.Kunyahlah satu iris lemon segar atau asinan jeruk nipis yang dapat mengganggu polas impuls saraf vagus dan dapat menghilangkan cegukan. 

11.Mengalihkan perhatian secara tidak langsung dapat meredakan cegukan dengan cepat. Caranya bisa menggenggam tangan dengan sangat erat sampai timbul rasa sakit, lalu coba fokuskan untuk mengalihkan perhatian kita pada rasa sakit di tangan.

12.Mintalah seseorang untuk mengagetkan anda ketika sedang tidak sadar atau saat kita tidak menduganya. Hal ini bisa juga untuk mencegah cegukan. Pastikan kalian kaget waktu itu.

13.Makanlah makanan asam seperti cuka yang dipercaya dapat meredakan cegukan dengan cepat. Rasa asam pada cuka dapat menstimulus pernapasan seseorang, sehingga saat kalian makan, wajah akan mengernyit otomatis, proses inilah yang dapat menghilangkan cegukan.

14.Membalik posisi tubuh dengan meletakkan kepala dibawah dan kaki diatas. Jadi ingat cara vic zhou di meteor garden. Dia suka melakukan gerakan ini agar tidak menangis. Hehe.

15.Menahan air dalam mulut sampai mulut mengembung dalam posisi berdiri tegak. Kemudian menunduk pelan-pelan (seperti hendak mencium lutut, air masih ditahan di mulut), selanjutnya sambil menelan air perlahan-lahan seirama badan sedikit demi sedikit ditegakkan kembali. Saat badan tegak air dalam mulut sudah tertelan habis

Tambahan::  Jika tidak menolong juga ke 15 cara tersebut dan cegukan anda masih berbunyi terus-menerus, periksalah ke dokter spesialis THT. Dokter biasanya akan membuatkan resep anti cegukan seperti chlorpromazine atau metoclopramide, dan lain-lain. Selamat mencoba dan Semoga berhasil. 

Jangan lupa share ya kalau suka artikel 15 cara ampuh untuk menghilangkan cegukan dalam sekejap. Silahkan bagikan artikel ini ke teman-temanmu di fb, twitter, atau akunmu yang lain dengan menekan tombol share di bawah artikel. Like, follow dan komentar kalian sangat berarti untuk masa depan blog Japanindo Cute Culture ini. Jika mau berlangganan artikel Japanindo Cute Culture silahkan follow twitter, follow Google plus, like facebook atau masukkan email kalian dikotak bawah artikel. Mau Copy Paste artikel juga diperbolehkan asalkan mencantumkan link sumber seperti ini www.japanindocuteculture.com, jika tidak mau mencantumkan link siap siap aja blognya dihapus oleh DMCA dan Blogger. Hihihi. Terimakasih sudah membaca dan berkunjung ya. Have Nice Day.

21 Responses to "15 Cara Ampuh Menghilangkan Cegukan Dengan Cepat"

  1. :j bahasa indonesianya mungkin menegadah.. mungkin. heheheh

    BalasHapus
  2. Pe orahang ci to

    BalasHapus
  3. Seng nyak megae, uluk" ne

    BalasHapus
  4. Terima kasih tipsnya. Saya sudah coba pake cara ke 7, dan ternyata berhasil. Sekali lagi, terima kasih...

    BalasHapus
  5. Aku mencoba cara ke 6, ternyata berhasil, terima kasih ya tipsnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara ke enam levih simple, tapi benaran lebih nayata

      Hapus
  6. Cegukan saya udh seharian ini gk berhenti
    Kira2 tips yg ccok no brp ya ?
    Thnks

    BalasHapus
  7. Wah manjur sekali tipsnya. Bahkan belum dipraktekin saja, cegukan saya sudah sembuh.
    Serius beneran!!! Kalo gitu bolehlah saya tambah Tips yang ke 16.

    16. Cobalah baca artikel dari http://www.japanindocuteculture.com/ wkwkwk

    Nitip alamat palsu min.
    http://mulutburung.blogspot.com/2015/01/jualpulsacom-jual-pulsa-online-murah.html

    BalasHapus
  8. Cara ke 6 work gan,thanks y dah ngasih tau tipsnya.... :v :like:

    BalasHapus
  9. Makasih-sumpe deh mujarab. gw pake cara k 14 lngsung hilang cegukan

    BalasHapus
  10. Baru baca sampe ke 5 cegukannya udh ilang.

    BalasHapus
  11. No.15 it's work thanks gan

    BalasHapus