.

Cara Mengobati dan Menghilangkan Komedo


Apa yang kalian rasakan ketika ada komedo di wajahmu? kalau aku sih jadi gak pede kalau mukaku dideketin sama temen, gebetan atau pacar. Yup, sebagai perempuan pasti tahulah komedo itu kalau dari jauh tidak kelihatan, tapi kalau deket kelihatan jelas banget. Nah untuk menghilangkan rasa gak pede itu, kita perlu tahu cara mengobati dan menghilangkan komedo.

Cara Mengobati dan Menghilangkan Komedo

Komedo, teman jerawat yang suka berkumpul di hidung atau di sekitar mata. Komedo terbentuk karena kotoran dan minyak berlebih yang menyumbat pori-pori kulit disekitar hidung atau mata, bisa juga di daerah wajah lainnya. Komedo terdiri dari dua jenis yaitu komedo hitam [blackhead] dan komedo putih [whitehead].

perbedaan komedo whitehead dan blackhead


Bagaimanakah terbentuknya komedo?

Pada pori-pori wajah yang normal, minyak yang dihasilkan oleh kelenjar keringat pada folikel rambut akan dialirkan ke bulu wajah. Namun ketika wajah sedang kotor, debu-debu yang berterbangan [entah itu melalui polusi udara atau lainnya] akan menyumbat pori-pori wajah. Sumbatan inilah yang menyebabkan minyak mengalir tersendat atau berhenti dan menumpuk di pori-pori dalam yang menghasilkan komedo putih [whitehead]. Jika minyak yang menumpuk tersebut mencapai permukaan kulit wajah dan teroksidasi menjadi hitam, maka timbullah yang dinamakan komedo hitam [blackhead]. Sumber: Wikipedia

Komedo blackhead terkenal berkepala hitam sesuai dengan namanya (punya rambut kali ya. hehe). Komedo ini lebih mudah dibersihkan daripada kembarannya si whitehead. Kenapa? Karena kepalanya berada di luar kulit, jadi bisa langsung tercabut menggunakan alat pembersih komedo. Komedo seperti ini sering disebut juga komedo jenis terbuka. Lalu Bagaimanakah penampakannya? Kalian bisa melihat di bawah ini:

komedo hitam

Komedo whitehead terkenal dengan benjolannya yang putih karena dia bersembunyi di bawah epitel kulit. Komedo yang satu ini tidak bisa dihilangkan dengan mudah, perlu sedikit teknik untuk mengeluarkan si berkepala putih tersebut. Ini dia yang namanya komedo putih yang sering juga dijuluki sebagai komedo jenis tertutup:

komedo putih

Sebelum melangkah ke cara pengobatan dan cara menghilangkan komedo, kalian harus sudah tahu dulu komedo apa yang menghinggapi wajah cantikmu karena cara menghilangkan komedo putih dan hitam berbeda. 

Komedo Hitam:

Natural/Alami

  • Tea Tree Oil - Eits jangan disangka minyak ini dari pohon teh karena namanya. Tea tree oil adalah minyak esensial yang dihasilkan dari destilasi tanaman khas Australia Melaleuca alternifolia (khas di Australia dan Northern New South Wales). Tea tree oil berbentuk cairan jernih berwarna kuning keemasan sangat pucat hingga tidak berwarna dan beraroma seperti kamfer. Produk penghilang komedo biasanya memakai bahan ini.  Cara pakainya, usapkan minyak ke bagian-bagian yang terkena komedo secara rutin. 
  • Pepaya - Punya pohon pepaya di rumah?. Ambillah pepaya yang sudah matang dan haluskan kemudian campurkan dengan susu asli [bukan serbuk/sachet, apalagi susu coklat], jika sudah merata campurkan lagi dengan madu, lalu aduk sampai mengental. Ambillah campuran yang sudah jadi tersebut, usapkan ke daerah-daerah berkomedo. Masker pepaya ini berfungsi untuk mengencangkan, memutihkan dan menghaluskan kulit. Selain itu, juga berkhasiat untuk melepaskan komedo dari pori wajah. 
  • Putih Telur - Masker putih telur memang terkenal dengan protein tinggi yang dapat menghaluskan kulit wajah, menghilangkan jerawat dan membuat bekas jerawat membandel hilang. Selain itu mengoleskan putih telur merata di seluruh wajah juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo. Pakailah putih telur selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih.
  • LemonJeruk lemon mengandung vitamin C, flavonoid, dan asam sitrat yang berkhasiat menghilangkan jerawat, noda hitam, mengurangi minyak, serta melepas sel kulit mati dari permukaan kulit. Cukup oleskan air jeruk lemon pada kulit wajah ditempat komedo bersarang. Pakailah lemon sebelum tidur selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.
  • Kulit JerukSuka makan jeruk? Setelah makan, kulit jeruk jangan dibuang karena kulit tersebut merupakan bahan ampuh untuk mengatasi kulit berkomedo. Caranya hanya dengan menempelkan kulit jeruk tersebut ke daerah yang berkomedo, dan tunggu selama beberapa menit lalu cucilah muka dengan air.
  • Lidah Buaya - Orang-orang hanya mengenal lidah buaya sebagai bahan untuk perawatan rambut. Padahal selain untuk rambut, gel lidah buaya juga berfungsi sebagai penghilang komedo. Caranya ambil lidah buaya segar, ambil dagingnya yang berair dan lembut lalu osapkan ke daerah berkomedo seperti hidung dan disekitar mata. Tunggu sampai kering sebelum dibilas dengan air bersih.
Alat:
Sebelum menggunakan alat hendaknya muka di peeling dulu dengan cream peeling atau uapkan dengan air panas seperti ini:
  1. Siapkan air, lalu masak hingga mendidih.
  2. Masukkan air tersebut ke dalam wadah yang lebar dan tahan panas seperti baskom.
  3. Hadapkan wajah anda ke air tadi, hingga uap dari air tersebut mengenai muka secara menyeluruh.
  4. Tunggu selama 5 menit
Penguapan seperti ini dilakukan agar komedo bisa lebih cepat dan mudah keluar. Fungsinya untuk membuka pori-pori yang sedang menutup. Setelah selesai, bersihkan komedo dengan alat yang telah direkomendasikan imoshare:

  • Jari - Lakukanlah tekanan vertikal secara lembut di sekeliling komedo. Jika tidak ada isi yang keluar, pindahkan jari-jari anda ke daerah berbeda di sekitar komedo hingga lemak mulai keluar, tekanlah secara perlahan di beberapa tempat (dengan menggunakan dua jari berlawanan) sampai semua isi dikeluarkan. Lap dengan kain yang bertekstur lembut dan steril.
  • Stik atau ekstraktor komedo - Alat ini biasanya dijual di toko-toko kosmetik dengan harga terjangkau, ada yang 6000an sampai ratusan ribu. Tips untuk kalian sebaiknya pilihlah yang agak mahal sedikit karena bahannya lebih steril dan terjamin dibandingkan dengan stik yang murah. Cara pakainya hanya dengan menggesekkan ujung stik yang berbeda dengan arah yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini:
Stik atau ekstraktor komedo

Cara Menggunakan Stik atau ekstraktor komedo
1.ujung bulatan kecil, 2.ujung bulatan panjang

  • Sikat Gigi - Sikat gigi yang digunakan haruslah yang bertekstur lembut agar tidak merusak kulit wajah. Kalau perlu jangan campur penggunaan sikat gigi komedo dan sikat gigi untuk mulut. Nah jika kalian sudah menemukan sikat gigi yang tepat, berilah odol atau pasta gigi [terserah mau merek apa]. Kemudian gosok-gosokkan sikat gigi pada daerah hidung atau daerah yang berkomedo. setelah itu bilas hingga bersih. Untuk menjaga sikat gigi tetap bersih, sebaiknya sterilkan dulu dengan alkohol atau air panas mendidih.
Kosmetik:
  • Scrub - untuk kalian yang ingin membersihkan komedo ketika sedang mandi. Pilihlah sabun muka yang mengandung scrub. Sabun muka seperti ini biasanya mengandung butiran kecil yang sedikit kasar. Fungsinya untuk menghilangkan komedo di bagian wajah. Untuk membelinya, silahkan lihat  keterangan produk sabun tersebut. Apabila ada tulisan atau keterangan mengandung scrub, maka belilah. 
  • Biore Pore Pack / Mentholatum Acne Pore Strips - kalau gak mau repot cari bahan sana-sini untuk mencari alat dan bahan penghilang komedo. Lebih baik sisihkan uang sakumu untuk membeli Biore Pore Pack atau mentholatum. Harganya sangat terjangkau yaitu seharga 10.000 dan isinya 3-4 lembar. Ada juga yang berisi 35 atau 50 lembar lebih hemat tapi agak mahal juga harganya. Bisa dibeli di supermarket atau toko kosmetik terdekat. Cara penggunaannya hanya ditempelkan ke hidung lalu tunggu 15-20 menit, lalu lepas dengan perlahan agar tidak sakit. 
Biore Pore Pack / Mentholatum Acne Pore Strips

Hasil Biore Pore Pack

Komedo Putih:
Sebenarnya cara membersihkan komedo putih sama seperti komedo hitam. Hanya satu yang membedakan yaitu pada komedo jenis tertutup seperti ini kepalanya harus dibuka terlebih dahulu menggunakan jarum steril. Baru lanjutkan dengan cara yang sama seperti komedo hitam.

Klinik Kecantikan:
Untuk lebih ampuhnya lagi pergilah ke klinik kecantikan dan konsultasikan masalah komedo anda. Kalian bisa melakukan facial dan peeling untuk menghilangkan komedo. Ketika melakukan facial, daerah berkomedo anda akan diuapi dan dibersihkan dengan alat oleh pegawai kecantikan. Biasanya akan terasa sakit minta ampun sampai mengeluarkan air mata. Beneran deh rasanya gak enak banget. Tapi tenang, jika kalian tidak mau sakit pilihlah perawatan peeling. Namun harganya jga tidak semurah facial. Jika kalian tertarik. Imoshare sudah mengulas dan merekomendasikan klinik kecantikan di cara menghilangkan bekas jerawat

Penting!!!
Komedo hanya hilang untuk sementara, jadi upayakan seminggu sekali kita membersihkannya. Setelah perawatan biasakanlah mencuci muka dengan sabun 2x sehari, kurangi makanan berlemak dan pedas, kurangi pemakaian bedak padat dan fondation (alas bedak) untuk mengurangi tumbuhnya komedo.

Jika ada pertanyaan tentang komedo, silahkan komen di bawah ya. Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Cara Mengobati dan Menghilangkan Komedo. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berlangganan artikel dengan memasukkan email ke kotak yang ada di samping. Jika kalian suka artikel ini, like facebook, follow twitter, atau ikuti google+ untuk berlangganan artikel dan bagikan ke orang-orang disekitar anda dengan mengklik tombol share di bawah ini.

0 Response to "Cara Mengobati dan Menghilangkan Komedo"

Poskan Komentar