.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh


Ramadhan telah tiba horay.. horay.. hehhe. Menghadapi puasa hendaknya dengan perasaan senang dan gembira karena di bulan ini kita bisa lebih meningkatkan amal ibadah kita dan menahan nafsu. Selain meningkatkan amal, ternyata puasa juga bisa menyehatkan tubuh. Beberapa ilmuwan telah membuktikan sendiri dengan penelitian mereka. Diantaranya sebagai berikut:

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mencegah serangan jantung dan pembuluh darah akan lebih baik
Kalian memiiki masalah dengan jantung? Cobalah untuk mengikuti puasa ramadhan secara penuh karena manusia berpuasa kesehatan jantungnya akan bekerja dengan baik, pembuluh darah mengalir dengan lancar. Hal ini disebabkan peningkatan HDL dan penurunan LDL yang berdasarkan beberapa penelitian chronobiological menunjukkan saat puasa ramadan berpengaruh terhadap ritme penurunan distribusi sirkadian dari suhu tubuh, hormon kortisol, melatonin dan glisemia. 

2. Mencegah penyakit kronis seperti stroke
Puasa identik dengan menahan lapar, haus serta menahan nafsu. Keadaan seperti ini akan membuat psikologi seseorang tidak terganggu dan di jauhkan dari rasa stres. Psikologi yang bersifat tenang tersebut dapat menurunkan kadar adrenalin dalam tubuh dan berfungsi untuk mencegah pembentukan kolesterol dan kontraksi empedu yang menyebabkan munculnya penyakit kronis seperti stroke dan penyakit berbahaya lainnya.

3. Pikiran lebih tajam dan kreatif
Ketika puasa kita merasa lapar dan pikiran cenderung lebih tenang dan melambat. Para ahli mengatakan pikiran yang melambat ini bisa bekerja lebih tajam dibandingkan dengan pikiran orang yang tidak berpuasa. Tidak heran jika orang berpuasa bisa lebih fokus berfikir dan kreatif dalam melakukan pekerjaannya.

4. Mengurangi berat badan
Puasa hanya makan dua kali dalam sehari. Ketika perut kita kosong pada siang hari, saluran perencanaan dan usus akan lebih bersih dari endapan sisa makanan. Jika biasanya kita makan snack, kue, coklat yang mengakibatkan kegemukan. Di hari berpuasa kita bisa mengontrolnya sehingga pencernaan lebih bersih dan endapan yang menumpuk di perut bisa berkurang. Kitapun bisa berdiet dan membuat badan lebih langsing.

5. Kekebalan tubuh akan meningkat
Ada yang bilang berpuasa akan mengurangi kekebalan tubuh dan menjadi mudah terkena penyakit. Hal ini berbanding terbalik dengan hasil peneitian yang menyebutkan bahwa ketika berpuasa imun kekebalan tubuh akan meningkat karena limfosit mengalami kenaikan hingga sepuluh kali lipat. Bukan hanya itu saja, sel-sel mati pada tubuh juga akan meremajakan dirinya menjadi sel-sel baru.

6. Ginjal menjadi sehat
Berdasarkan logika, ginjal dapat sehat jika kita meminum banyak air. Tapi ternyata selain air, berpuasa merupakan sarana tepat untuk menyehatkan ginjal karena penghentian konsumsi air selama puasa sangat efektif meningkatkan konsentrasi urin dalam ginjal serta meningkatkan kekuatan osmosis urin hingga mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Dalam keadaan tertentu hal ini akan member perlindungan terhadap fungsi ginjal.

7. Mencegah diabetes
Diabetes timbul karena kita banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang manis-manis. Biasanya makanan manis kita beli pada saat sedang istirahat siang ataupun saat bersantai di sore hari. Dengan berpuasa kebiasaan tersebut dalam sebulan akan berhenti sehingga dapat mengurangi tingginya kadar gula dan kolesterol dalam tubuh. Hal inilah yang dapat mencegah diabetes.

8. Meredakan sakit encok dan nyeri sendi
Encok dan nyeri sendi sering dialami oleh pekerja berat ataupun orang tua. Ajaklah mereka untuk berpuasa agar penyakit tersebut dapat mereda karena menurut penelitian sel penetral alami dalam tubuh akan meningkat saat puasa. Sel penetral ini akan memperbaiki radang sendi penyebab encok.

Jangan lupa share ya kalau suka artikel Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh. Silahkan bagikan artikel ini ke teman-temanmu di fb, twitter, atau akunmu yang lain dengan menekan tombol share di bawah artikel. Like, follow dan komentar kalian sangat berarti untuk masa depan blog Japanindo Cute Culture ini. Jika mau berlangganan artikel Japanindo Cute Culture silahkan follow twitter, follow Google plus, like facebook atau masukkan email kalian dikotak bawah artikel. Mau Copy Paste artikel juga diperbolehkan asalkan mencantumkan link sumber seperti ini www.japanindocuteculture.com, jika tidak mau mencantumkan link siap siap aja blognya dihapus oleh DMCA dan Blogger. Hihihi. Terimakasih sudah membaca dan berkunjung ya. Have Nice Day.

Sumber:  1 2

0 Response to "Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh"

Poskan Komentar