.

Penyebab dan Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Cepat


Stretch Mark atau garis halus di kulit merupakan sebuah momok bagi sebagian wanita. Terutama stretch mark yang biasanya muncul di paha dan bagian lutut. Banyak wanita yang malu memakai celana pendek hanya karena mereka tidak suka garis halus yang ada di kaki kelihatan. 


Sebenarnya apa sih stretch mark itu?
Imoshare sendiri baru tahu kalau garis-garis yang muncul di kulit itu namanya stretchmark karena melihat iklan obatnya di tv. Menurut MajalahKesehatan.Com, Stretchmark adalah kerutan kulit yang terjadi ketika lapisan dermis teregang melebihi daya fleksibilitasnya dalam waktu singkat. Peregangan tersebut mengakibatkan dermis pecah sehingga membentuk stretch mark. *Dermis: Letaknya di bawah lapisan terluar kulit yang disebut epidermis. Lapisan ini meupakan pendukung kuat di tengah yang memberikan kekencangan dan fleksibilitas kulit.

Stretch mark dapat hadir di mana saja dan pada siapa saja baik laki-laki maupun perempuan. Daerah kulit yang disukai garis-garis ini adalah daerah dimana lemak tersimpan atau bagian kulit yang sering teregang. Seperti perut (dekat pusar), payudara, lengan atas, lengan bawah, punggung, paha, pinggul dan pantat. Stretch mark ini sama sekali tidak berbahaya dan tidak beresiko bagi kesehatan. Hanya saja mengganggu penampilan. 

Lalu Apakah Penyebab Timbulnya Stretch Mark?
Stretch mark disebabkan oleh proses pertumbuhan dan pembesaran tubuh yang membuat kulit meregang. Hormon-hormon tertentu juga berpengaruh terhadap pembentukan stretch mark. Penyebab lainnya bisa anda lihat di bawah ini:
  • Kehamilan - Pada masa kehamilan perut seorang wanita yang tadinya kempes akan merenggang perlahan-lahan menjadi besar. Kulit dermis yang bergerak terlalu besar atau molor menjadi berbelok-belok karena tidak kuat menahan peregangan. Di saat itulah 50 persen dari ibu hamil akan mengalami stretch mark. 
  • Obesitas atau Kegemukan - Pada orang gemuk biasanya stretch mark sering terlihat dan jumlahnya lebih banyak daripada orang normal. Stretch mark terjadi karena ada peregangan pada kulit-kulit yang mulai membengkak atau membesar.
  • Pubertas - Remaja juga bisa mempunyai stretch mark karena pada masa pertumbuhan akan terjadi peningkatan luas permukaan tubuh dan simpanan lemak yang mengakibatkan peregangan pada kulit. Sekitar 70% remaja putri berusia 10-16 tahun terpengaruh, sementara hanya 40% remaja putra berusia 14-20 tahun yang terpengaruh. 
  • Berat Badan - Berat badan yang mengalami kenaikan dan penurunan secara cepat atau tiba-tiba juga mempengaruhi peregangan kulit dermis yang bisa menyebabkan stretch mark.
  • Obat-obatan - Obat yang digunakan untuk mengurangi peradangan di kulit dapat mengurangi jumlah kolagen di kulit. Kolagen adalah sejenis protein di dermis yang diperlukan untuk menjaga kelenturan kulit. Kekurangan kolagen meningkatkan risiko pembentukan stretch mark.
  • Makanan Berkalori Tinggi - Suka makan makanan yang berkalori memang sah-sah saja tapi janganlah berlebihan untuk menjaga keseimbangan hormon karena kelebihan hormon dapat memicu timbulnya garis stretchmark.
  • Kurang Berolahraga - Orang yang malas olahraga dan tidak banyak bergerak akan mengalami kelebihan lemak yang bisa merangsang timbulnya stretchmark.
  • Celana dan Baju Ketat - Penggunaan celana dan baju ketat akan merusak kulit bagian dermis. Apa kalian pernah memakai celana sampai ngecap gambarnya. Nah itu adalah salah satu kesalahan yang bisa menimbulkan stretch mark.
Apakah ada gejala awal sebelum timbulnya stretchmark?
Ada. Jika garis stretchmark akan keluar biasanya ditandai oleh rasa gatal dan panas. Mengenai hal ini kebanyakan orang keliru. Mereka berfikir jika gatal tersebut di garuk akan menyebabkan garis-garis kerutan [stretch mark] muncul. Padahal bukan seperti itu. Walaupun kulit yang gatal tersebut tidak digaruk, stretchmark akan muncul pada waktunya.

Bagaimana Cara Menghilangkan Stretchmark dengan Cepat?
Cepat mungkin tidak, karena stretchmark tidak bisa menghilang begitu saja. Walaupun memakai perawatan laser. Kemungkinan masih ada garis-garis tipis yang tertinggal. Untuk menghilangkan stretchmark ada beberapa cara seperti berikut ini:
  • Olahraga teratur
  • Menjaga berat badan dan peregangan pada kulit
  • Menjaga kulit dengan moisturizer
  • Perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, vitamin C pada buah jeruk, dan paling utama perbanyak vitamin E melalui makanan sayur-sayuran seperti brokoli, bayam, kacang almond, Apukat, dan banyak lagi.
  • Selama kehamilan, gunakanlah stagen di sekitar perut untuk mendukung beban rahim
  • Usahakan untuk mendapatkan kenaikan berat badan dalam rentang yang dianjurkan dan secara bertahap.
  • Jangan menggunakan obat-obatan kulit kortikosteroid dalam waktu lama.
  • Pakailah krim penghilang stretchmark seperti Glydrem
  • Usapkan krim alami yang terbuat dari air lemon, lidah buaya, atau putih telur. Pilih salah satu saja untuk diusapkan ke daerah yang terkena strech mark.
  • Memakai baju yang pas atau longgar di badan.
  • Kurangi makan makanan berkalori tinggi.
  • Perbanyak minum air putih minimal 8 gelas per hari.
  • Klinik kecantikan dengan menggunakan laser ataupun operasi.
Jika ada pertanyaan mengenai Stretchmark silahkan komen di bawah ya. Terima kasih sudah membaca artikel yang berjudul Penyebab dan Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Cepat. Semoga bermanfaat. Jangan lupa berlangganan artikel dengan memasukkan email ke kotak yang ada di samping. Jika kalian suka artikel ini, like facebook, follow twitter, atau ikuti google+ untuk berlangganan artikel dan bagikan ke orang-orang disekitar anda dengan mengklik tombol share di bawah ini.

0 Response to "Penyebab dan Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Cepat"

Poskan Komentar