.

Makanan dan Minuman Yang Dianjurkan Untuk Berbuka Puasa


Di bulan ramadhan, buka puasa identik dengan makanan special yang enak dan manis. Maklum mungkin itulah cara untuk memanjakan perut setelah beberapa jam tidak makan. Namun banyak orang yang keliru dalam mengonsumsi makanan di saat berbuka puasa, akibatnya perut menjadi kembung, kekenyangan, mual atau sakit. Untuk itu berbukalah dengan makanan di bawah ini agar kesehatan tubuh anda terjaga:

Makanan dan Minuman Yang Dianjurkan Untuk Berbuka Puasa

1. Air Putih
Ketika puasa 10 persen suplai air dalam tubuh kita akan menurun menjadi 2 persen. Tubuh mengalami dehidrasi yang akan menyebabkan kesulitan berkonsentrasi, sakit kepala, dan lelah. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk minum air putih minimal 2 gelas pada saat berbuka puasa agar oksigen dalam tubuh kita kembali normal. Pastikan meminum air putih terlebih dahulu sebelum meminum minuman lainnya, .

2. Kurma
Makan kurma termasuk anjuran nabi Muhammad SAW. Beliau menganjurkan umatnya untuk makan buah kurma minimal 2 buah sehari karena kandungan vitamin, protein dan mineral hampir menyamai kandungan dalam daging. Dengan memakan kurma, kita bisa melengkapi vitamin dan mineral yang hilang saat puasa. Selain itu, memasukkan kurma di menu buka puasa juga berfungsi untuk menambah ketahanan tubuh agar terhindar berbagai penyakit.

3. Makanan Manis
Menurut pakar gizi dan nutrisi, Prof. Hardinsyah, MS, berbuka dengan mengonsumi makanan yang manis seperti kolek, kue dan lain-lain tidak apa-apa, bahkan dianjurkan asalkan tidak berlebihan. Beliau menjelaskan, ketika tubuh tidak diisi asupan makanan dan cairan selama seharian maka gula darah turun terutama di sore hari. Untuk kembali meningkatkan gula darah dengan cepat maka bisa mengonsumsi makanan manis seperti buah.

4. Buah
Saat berbuka puasa, memakan buah sangat dianjurkan terutama buah yang kaya akan air seperti semangka, melon, belewah dan lain-lain. Buah tersebut mudah dicerna oleh tubuh sehingga nutrisi serta energi bisa kembali ke dalam tubuh dengan cepat. Tapi ingat hindari buah-buahan yang asam, seperti nanas dan belimbing karena kandungan asamnya tidak baik untuk saluran pecernaan dan lambung. Selain di makan mentah-mentah, buah-buah tersebut juga dapat di jadikan es buah, atau jus buah supaya lebih segar ketika dinikmati.

5. Sayur
Sayur sangat diperlukan untuk tubuh terutama kandungan serat yang ada di dalamnya. Ketika berpuasa hendaknya makanlah sayur untuk melancarkan pencernaan dan terhindar dari penyakit perut. Hidangan yang mengandung banyak sayur sangat dianjurkan. Misalnya sayur sop, sayur asem, urap-urap, dan lain-lain. Selain itu, sup yang mengandung sayur-sayuran sangat baik untuk tubuh dan mengisi kembali vitamin serta mineral yang telah berkurang karena puasa.

6. Kentang
Kentang adalah makanan berkarbohidrat dan mengandung banyak gizi seperti beta-karotin, vitamin C dan potassium yang dapat memberikan energi untuk tubuh. Kentang juga dapat mencegah naiknya gula darah. Untuk menu buka puasa, cobalah untuk menggoreng kentang kemudian siapkan saus tomat untuk pelengkapnya atau sajikan sebagai bentuk perkedel dan dimakan dengan sayur sop. hmm yummy. 

7. Telur
Telur, bahan makanan ini sangat mudah di dapat. Selain itu, telur mempunyai protein yang langsung dapat dicerna oleh tubuh sehingga protein dalam tubuhmu bisa kembali normal. Satu butir telur mengandung 6 gram protein tinggi serta 9 kandungan asam amino. Tapi hati-hati kuning telur mengandung lemak juga. Jika tidak ingin gendut, goreng saja putih telurnya untuk dijadikan menu puasa. 

* Hindari makan gorengan dan berminyak terlalu berlebihan
Menyantap makanan yang digoreng dan banyak berminyak saat berbuka puasa bisa memberikan efek rasa haus yang lama. Selain itu, minyak goreng bisa mengikat oksigen di dalam darah hingga 20% sehingga bisa memberikan efek mengantuk.

Jangan lupa bagikan artikel Makanan dan Minuman Yang Dianjurkan Untuk Berbuka Puasa ke teman-temanmu di facebook, twitter, atau akunmu yang lain dengan menekan tombol share di bawah artikel. Like, follow dan komentar kalian sangat berarti untuk masa depan blog JCC. Jika mau berlangganan artikel Japanindo Cute Culture silahkan follow twitter, follow Google plus, like facebook atau masukkan email kalian dikotak bawah artikel. Mau Copy Paste artikel juga diperbolehkan asalkan mencantumkan link sumber seperti ini www.japanindocuteculture.com, jika tidak mau mencantumkan link siap siap aja blognya dihapus oleh DMCA dan Blogger. Hihihi. Terimakasih sudah membaca dan berkunjung ya. Have Nice Day.

sumber: 1 2 3

2 Responses to "Makanan dan Minuman Yang Dianjurkan Untuk Berbuka Puasa"

  1. Makasih gan :f
    Memang kalo berbuka dengan makanan yang salah bisa bikin perut atit :i

    Mampir balik ya ke Kemasan Makanan

    BalasHapus
  2. haha iya gan.. makanya harus hati2 kalau makan waktu puasa.. makasie udah berkunjung..

    BalasHapus