.

Sehatkah Buka Puasa Dengan Minuman Dingin dan Manis?


Di bulan ramadhan, pada saat buka puasa orang-orang banyak menyajikan makanan manis dan minuman dingin seperti es jus, es campur, es buah, dan lain-lain. Di balik rasa manis tersebut, apakah kalian tahu efek tubuh jika minum air dingin atau air hangat? Memang sih belum ada larangan khusus mengenai minuman yang diminum di saat buka puasa. Untuk lebih pastinya yuk kita dengar pendapat ahli gizi mengenai hal ini.

Buka Puasa, Sehat Mana Minum Air Dingin atau Air Hangat?

Ahli gizi menganjurkan saat berbuka puasa, lebih baik minum air hangat agar tubuh lebih nyaman. Hal ini disampaikan oleh Ahli Gizi yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc bahwa saat puasa suhu tubuh akan mengalami penurunan sehingga dikhawatirkan bila langsung minum es, tubuh akan kaget atau terkejut.

Dr. Saptawati, “Coba cek, sewaktu puasa suhu tubuh kita menghangat. Sehingga akan lebih baik minum air hangat saat berbuka puasa karena jika minum air dingin tidak nyaman untuk tenggorokan dan jika terlalu panas juga susah. Selain itu, jika buka puasa langsung minum air dingin, membutuhkan waktu untuk lambung menyesuaikannya.”

Selain itu, dr. Saptawati juga mengingatkan agar tidak berlebihan mengkonsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka puasa. Manis memang disarankan, tetapi jumlahnya tetap harus diatur. Menurutnya, rasa manis bisa menjadi lemak karena kalorinya yang tinggi. “Kita kan dianjurkan untuk makan 1 kurma. Tapi apa, kebiasaan orang kita makan 1 mangkuk kolak dengan banyak gula,” terangnya. Setuju banget, kurma khan rasanya sudah manis, apalagi ditambah kolak yang manisssss. Itu namanya sih berlebihan.

Nah sekarang kalian tahu khan, apa efeknya minum minuman yang manis-manis dan dinginnn. Ingatlah satu hal bahwa rasa enak hanya sesaat yaitu hanya di bibir dan mulut saja, pikirkan juga efek bagi tubuh atau bagian organ tubuh lainnya. Jika ingin sekali, cukup sekedarnya saja atau jangan terlalu manis atau terlalu dingin untuk menjaga tubuh tetap sehat. Itulah kesimpulan dari JCC. Lebih baik biasakan hidup sehat mulai sekarang daripada muncul yang tidak tidak di tubuh kita. Okay?

Jangan lupa share ya kalau suka artikel Sehatkah Buka Puasa Dengan Minuman Dingin dan Manis?. Silahkan bagikan artikel ini ke teman-temanmu di fb, twitter, atau akunmu yang lain dengan menekan tombol share di bawah artikel. Like, follow dan komentar kalian sangat berarti untuk masa depan blog JCC. Jika mau berlangganan artikel Japanindo Cute Culture silahkan follow twitter, follow Google plus, like facebook atau masukkan email kalian dikotak bawah artikel. Mau Copy Paste artikel juga diperbolehkan asalkan mencantumkan link sumber seperti ini www.japanindocuteculture.com, jika tidak mau mencantumkan link siap siap aja blognya dihapus oleh DMCA dan Blogger. Hihihi. Terimakasih sudah membaca dan berkunjung ya. Have Nice Day.


0 Response to "Sehatkah Buka Puasa Dengan Minuman Dingin dan Manis?"

Poskan Komentar