.

Cara Mudah Membuat Kimchi Ala Korea


Bagi penggemar drama korea mungkin mendengar kata Kimchi tidak asing di telinga mereka. Ya iyalah hampir dari drama korea yang pernah mimin tonton, adegannya pasti ada yang membuat kimchi, makan kimchi, nasi goreng kimchi, dan kiss kimchi juga ada. Hahaha. Melihat orang korea begitu enaknya makan kimchi, kita orang Indonesia mulai berpikir bagaimana cara membuat kimchi? bagaimana rasa kimchi? enak gak sih sebenarnya?

Cara Mudah Membuat Kimchi Ala Korea

Kalau menurut mimin yang pernah makan kimchi sebelumnya ketika kelas praktek masak pelajaran bahasa korea. Rasa kimchi itu sebenarnya tidak cocok untuk lidah Indonesia. Menurutku sih rasanya asin, pedas, dan baunya gimana gitu. Bikin mukaku mengkerut-mengkerut. Entah kenapa oppa oppa ganteng di drama korea sangat menyukainya. Untuk chinggudeul yang ingin tahu rasanya, coba buat sendiri yah di rumah. Mimin dapet resep mudahnya nih:

Bahan-Bahan:
- 1 buah sawi putih ukuran besar.
- 1/2 batang lobak putih, iris tipis memanjang.
- 4 batang daun bawang, iris tipis memanjang.
- 4 siung bawang putih, parut.
- 1 ruas jari jahe, parut.
- 6 sdm bubuk cabe Korea. (kalau tdk ada bisa memakai bubuk cabe biasa)
- 2 sdt garam dapur. (butiran halus) hanya untuk membumbui
- 1 sdm gula.
- 1/2 gelas garam laut kasar. (butirannya yang kasar) agar fermentasi terbentuk dengan baik
- air secukupnya.
- 2 sdm saus ikan Korea. (alternatifnya bisa memakai kecap ikan biasa)

Cara Mengolah:
1. Sawi dibiarkan utuh dan cuci bersih dengan air mengalir hingga ke lembar terdalam daun sawi. Pastikan sawi benar-benar bersih.

2. Campur1/2 gelas garam laut dengan air matang pada mangkok besar (atau baskom kecil). Rendam sawi pada larutan air garam selama 6 jam.

3. Setelah enam jam, angkat sawi dan cuci kembali dengan air bersih hingga ke sela-sela lipatan daun sawi agar sisa garam tercuci bersih, tiriskan. Bila suka sawi bisa dibiarkan utuh begitu saja atau dipotong menjadi dua bagian atau dipotong kecil-kecil.

4. Campurkan jadi satu gula, bubuk cabai, jahe, bawang putih, daun bawang, lobak, saus ikan, dan sedikit garam dapur. Lalu balurkan campuran bumbu secara merata ke sawi, hingga ke sela-sela lembar daun terdalam. Baluri bumbu, sambil agak di remas-remas sawinya agar cairan jus sayurannya keluar.

5. Simpan dalam wadah tertutup rapat dan kedap udara (bagusnya di toples kaca) dan biarkan sedikitnya selama 2×24 jam. Biarkan bumbu meresap ke dalam daging sawi.

6. Kimchi siap disantap sebagai makanan pembuka (seperti salad) atau dijadikan nasi goreng kimchi.

Resep kimchi itu berbeda-beda sesuai selera masing-masing, tetapi berdasarkan cara pembuatan yang relatif sama (di fermentasikan). Anda bisa menambah bahan sayur yang lainnya seperti wortel, kol, sawi cina (bokcoy), timun dan masih banyak yang lainnya sesuai selera anda.

Jangan menyimpan kimchi yang akan difermentasikan ke dalam lemari es. Simpan toples berisi kimchi pada suhu ruangan dan proses penyimpan yang lebih lama akan lebih baik, karena fermentasi berlangsung sempurna dan rasa yang dihasilkan akan maksimal. Setelah selesai fermentasi baru boleh simpan kimchi dalam lemari es.

Kimchi tanpa pengawet buatan bisa bertahan 1 bulan dalam lemari es.

Jangan lupa share ya kalau suka artikel Cara Mudah Membuat Kimchi Ala Korea. Silahkan bagikan artikel ini ke teman-temanmu di fb, twitter, atau akunmu yang lain dengan menekan tombol share di bawah artikel. Like, follow dan komentar kalian sangat berarti untuk masa depan blog Japanindo Cute Culture ini. Jika mau berlangganan artikel Japanindo Cute Culture silahkan follow twitter, follow Google plus, like facebook atau masukkan email kalian dikotak bawah artikel. Mau Copy Paste artikel juga diperbolehkan asalkan mencantumkan link sumber seperti ini www.japanindocuteculture.com, jika tidak mau mencantumkan link siap siap aja blognya dihapus oleh DMCA dan Blogger. Hihihi. Terimakasih sudah membaca dan berkunjung ya. Have Nice Day.

Sumber

1 Response to "Cara Mudah Membuat Kimchi Ala Korea"