.

Tips Memilih Jurusan Yang Tepat di Perguruan Tinggi / Universitas


Hallow.. admin JCC rasanya kangen sama blog Japanindocuteculture ini. Baru-baru ini mimin buat blog lagi bernama Intandorama. Silahkan mampir jika berkenan isinya tentang fim, movie dan drama. hehe sekalian promosi. Setelah melantarkan JCC sudah cukup lama.Mimin tidak enak hati, setelah ini JCC akan menulis dengan rajin lagi karena pengunjungnya sudah cukup ramai. Semoga visitor tidak pernah kabur dan bosan mendengar celotehan admin. :)

Kampusku UB

Apakah kalian sudah lulus SMA atau SMK dan sekarang bingung mau memilih jurusan apa ketika kuliah atau masuk ke perguruan tinggi? Okay menurut saya itu wajar. Diantara kalian pasti pernah mengalami hal tersebut karena mimin-pun pernah merasakannya. 

Banyak lulusan SMA memilih jurusan perguruan tinggi karena beberapa faktor diantaranya faktor keinginan, minat atau bakat, cita-cita, disuruh orang tua, ikut-ikutan, keturunan, jurusan yang lulusannya banyak dibutuhkan oleh dunia kerja dan coba-coba. Kalau kamu pilih yang mana???

Admin beri contoh, dulu di masa-masa kuliah semester 1 sastra Jepang. Teman admin banyak banget, tapi di semester 2 banyak yang mengeluh dan satu-persatu berguguran memundurkan diri dari jurusan sastra Jepang. Banyak alasan yang menyebabkan mereka keluar. 

Alasan pertama ada yang tidak betah karena tidak bisa mengikuti pelajaran bahasa jepang yang super duper cepat dan disiplin di UB. Kedua, ada yang keluar karena jurusan ini bukan keinginannya tapi hanya keinginan orang tuanya. Ketiga, ada yang keluar karena sepertinya dia suka bekerja dibanding kuliah. Keempat, sudah diterima di perguruan tinggi yang lebih bagus. 

Pertanyaannya sekarang, Mengapa ada penyesalan ketika kamu sudah memilihnya? Mengapa harus berubah pikiran jika sudah memasukinya? Itu karena mereka berpendapat jurusan yang ditempuh pada saat itu tidak tepat baginya, tidak cocok dan sebuah kesalahan. Daripada berhenti di tengah semester, alangkah baiknya jika kalian berpikir dengan matang, “Kemana saya harus pergi? Di universitas mana dan jurusan apa? Pekerjaan apa yang aku inginkan?”. 

Mengantisipasi hal tersebut, JCC punya tips untuk memilih jurusan yang tepat di perguruan tinggi untuk kalian semua.

Pertama, Survey dengan melihat lowongan kerja. Mau ambil jurusan apa? Misalnya jurusan sastra Jepang. Carilah lowongan pekerjaan dari lulusan sastra Jepang. Nanti akan terlihat seberapa banyak peluang kerja yang ada, kualifikasi, gaji yang didapatkan. Misalnya interpreter, translator, pengajar bahasa Jepang, pemandu wisata, bekerja di kedubes, penerjemah novel, penerjemah subtitle, penerjemah komik dan lain-lain.

Jika peluang kerja banyak dan setiap bulan pasti ada itu artinya peluang kerjanya bagus. Sekarang coba lihat kualifikasi atau persyaratan lowongan kerja. Biasanya seperti ini:

Perusahaan PT. Contoh Saja:
1. Lulus S1 bahasa Jepang atau sastra Jepang
2. Memiliki sertifikat JLPT minimal N3. Diutamakan N2/N1.
3. Berpengalaman kurang dari 1 tahun. Fresh Graduated dipersilahkan mencoba.
4. Lancar berbahasa Jepang dan mengerti kanji. 
5. Berpenampilan menarik
6. Maksimal 25 tahun. 

Kualifikasi setiap pekerjaan tidaklah sama. Sekarang yang perlu dilihat adalah persyaratan yang wajib dimiliki dan paling penting. 

Untuk kualifikasi diatas yang paling penting adalah mempunyai sertifikat JLPT N3, N2, atau N1. Berarti yang kalian perjuangkan di kuliah nanti adalah harus mempunyai sertifikat JLPT N3, N2 atau N1. Mungkin diantara kalian ada yang belum mengerti JLPT. Untuk lebih lengkapnya lihat disini. Intinya JLPT untuk lulusan sastra jepang adalah seperti sertifikat TOEIC atau TOEFL bagi lulusan Sastra Inggris. N5: level untuk mengerti bahasa jepang paling dasar, N4: level untuk mengerti bahasa jepang dasar, N3: level untuk mengerti bahasa jepang tingkat menengah, N2: level untuk mengerti bahasa jepang tingkat menengah ke atas, N1: level untuk mengerti bahasa jepang tingkat atas. Apa yang kamu pikirkan? Untuk menyingkirkan pesaing pencari kerja saat lulus nanti haruslah mendapat sertifikat JLPT N1/N2. Dibutuhkan kerja keras dan kuliah tekun untuk mendapat level ini.

Setelah melihat kualifikasi dan peluang kerja, surveylah gaji yang diterima untuk pekerja pemula sampai berpengalaman. Misalnya:

1. Interpreter pemula 3-4juta, berpengalaman/professional 10 ke atas.
2. Penerjemah komik 300ribu/buku, berpengalaman 500ribu/buku.
3. Penerjemah novel 7500/lembar, berpengalaman 20.000/lembar.
4. Penerjemah dokumen pemula 100.000/lembar, profesional 220.000/lembar
5. Pengajar bahasa jepang di perusahaan …., pengajar di sekolah…
6. dan lain-lain.

Jika sudah survey, kalian akan mendapat gambaran. Pekerjaan apa yang harus kalian lakukan setelah lulus nanti. Gaji berapa yang ingin kalian dapatkan??? Perusahaan apa yang akan dimasuki??? Jangan lupa juga lihat deskripsi pekerjaan. Misalnya deskripsi pekerjaan untuk interpreter:

1. menemani direktur ke tempat meeting
2. menerjemahkan dokumen resmi dan tidak resmi bahasa jepang
3. menjadi notulen dan penerjemah antara direktur dan karyawan.
4. mengajarkan karyawan bahasa jepang.
5. dan lain-lain.

Apakah kalian mampu dengan pekerjaan seperti di atas???

Kedua, setelah melihat lowongan pekerjaan. Kalian akan mendapat gambaran pekerjaan seperti apa itu? Apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan kemampuanku dan bakatku? Jika kamu tidak mempunyai bakat untuk menghafal kata-kata asing yang begitu banya. Jangan dipaksakan, pilihlah jurusan lain yang lebih memenuhi dan setara dengan kemampuanmu supaya kamu juga senang, tidak terbebani juga bisa mengungguli pesaing kerja lainnya. Misalnya kemampuanmu di kesenian, survey saja lowongan guru kesenian, gaji pelukis terkenal dan pemula. Atau pilih pekerjaan lain seperti manager, seketaris, wartawan, dan banyak lagi. 

Tidak disarankan untuk memilih jurusan jika kamu hanya terpaksa dan coba-coba atau sekedar ikut-ikutan. Paling enggak coba cari dulu pekerjaan yang paling kalian inginkan, baru cari jurusan yang tepat untuk pekerjaan itu. Setelah mendapat inspirasi, pikiran akan terbuka dan kalian bisa memilih jurusan yang tepat dengan sendirinya. Semoga membantu. ^^

Jangan lupa share ya kalau suka artikel Tips Memilih Jurusan Yang Tepat di Perguruan Tinggi / Universitas. Silahkan bagikan artikel ini ke teman-temanmu di fb, twitter, atau akunmu yang lain dengan menekan tombol share di bawah artikel. Like, follow dan komentar kalian sangat berarti untuk masa depan blog Japanindo Cute Culture ini. Jika mau berlangganan artikel Japanindo Cute Culture silahkan follow twitter, follow Google plus, like facebook atau masukkan email kalian dikotak bawah artikel. Mau Copy Paste artikel juga diperbolehkan asalkan mencantumkan link sumber seperti ini www.japanindocuteculture.com, jika tidak mau mencantumkan link siap siap aja blognya dihapus oleh DMCA dan Blogger. Hihihi. Terimakasih sudah membaca dan berkunjung ya. Have Nice Day.

3 Responses to "Tips Memilih Jurusan Yang Tepat di Perguruan Tinggi / Universitas"

  1. Terima Kasih informasinya cukup bermanfaat bagi yang membacanya, Salam sukses buat Blog Agan dan samapikan salam hormat saya untuk semua pembaca setia blog agan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. :l terima kasih juga buat agan yang sudah berkunjung ke blog sederhana ini.. hehe

      Hapus
  2. artikel blog ini bagus2 y. salam kenal unyuk yang punya blog

    BalasHapus