.

Mengapa Ingusku Berdarah???


Selamat sore kawan-kawan, kalau kamu baca judulnya pasti kaget. Pernahkah kaliaan mengalami pilek dan selalu ingusan. Biasanya yang sering ingusan itu anak kecil yah. Sudah flu terus sukanya minus es. Ckckck gak tambah parah tuh. Kalau orang dewasa biasanya sakit pilek itu keren. Ketika flu orang dewasa akan segera tanggap, dia segera minum obat dan membeli tisu agar ingusnya tidak kemana-mana. Hmm beda banget khan. 

Mengapa Ingusku Berdarah???

Kalau flu harusnya gak harus ada darahnya, kalau hidung keluar darah itu namanya mimisan. Tapi bisa saja hal itu terjadi. Ketika flu dan sedang mengeluarkan ingus di tisu tiba-tiba yang keluar bukan cairan kental berwarna putih atau kuning tapi merah. Apa yang kalian bayangkan? Pasti sudah berpikiran yang tidak-tidak. Hah aku kena apa nih? Ingusku berdarah? Apa hidungku cuil? Apa yang terjadi? Tenang-tenang jangan keburu nafsu dan jangan berpikiran yang aneh-aneh karena admin Japanindocuteculture juga pernah mengalaminya. Begini ceritanya:

Di pagi hari yang dingin, mimin mau menyelesaikan tugas menerjemahkan novel bahasa Jepang. Gak terasa itu masih pagi, aku masih menggunakan pakaian tidur langsung ambil laptop. Udaranya terasa dingin tapi tetap aku paksa membuka mata dan bangun dari tidur. Beberapa menit kemudian entah kenapa sepertinya badanku tidak kuat terkena angin pagi, jadilah terkena flu mendadak. Aku pilek, untung saja aku masih punya persediaan tisu beberapa lembar. 

Saking sibuknya pagi itu, aku menganggap pilek itu sungguh mengganggu, awalnya memang tidak apa-apa tapi sudah beberapa jam tugasku tidak kelar-kelar sama seperti ingusku yang tak ada hentinya. Karena kesal akhirnya aku mengeluarkan ingus dari hidungku keras-keras. Rasanya legaaaaaa banget, aku kira gak akan ada lagi ingus yang akan keluar untuk sementara. Tapi ternyata setelah itu aku terkejut bukan main karena ingusku keluar lagi dan warnanya sekarang merah kalau dipegang gitu rasanya kenyal-kenyal. Wah sepertinya ini aku ingusan darah. 

Apa yang aku perbuat??? aku langsung minta tolong sama mama untuk mencarikanku daun sirih sebagai obat. Aku kira ini adalah mimisan ketika aku terserang flu. Mumpung aku ada di depan laptop, aku segera tanya ke mbah google mencari penyebab ingus berdarahku ini. Dasar anak pintar ya bukannya ke dokter malah internetan. Hehe. Namanya aja penasaran. Setelaah beberapa pencarian akhirnya aku menemukan jawabannya. 

Mengapa ingusku berdarah?
Jika pilek keluarnya ingus bercampur darah, biasanya hal ini dikarenakan adanya trauma / perlukaan pada dinding mukosa hidung karena hentakan atau hembusan yang terlalu kuat ketika anda mengeluarkan ingus anda. Jadi pembuluh darah kapiler yang sangat kecil dan halus akan robek akibat bergesekan dengan udara yang berkecepatan tinggi, sehingga akan mengeluarkan darah. Biasanya jumlahnya tidak banyak (tidak sampe ngucur), dan akan berhenti dengan sendirinya karena kapiler tersebut sudah mengkerut (konstriksi).

Kalau sampai ngucur / mimisan, berarti anda sangat kuat sekali menghentaknya / menghembus ingusnya sehingga ada anyaman pembuluh darah/pleksus kiesselbach yang apabila ada robekan akan mengucur dan sedikit lama berhenti.

Pada kasus lain terkadang ada penyakit lain, misal sinusitis (peradangan pada rongga sinus, biasanya maksilaris yang terletak di lantai rongga hidung), nah kalau ini harus ke THT.

Dikutip dari Yahoo! Answer

Kalau kalian suatu hari nanti menemukan kejadian seperti ini janganlah panik, beritahu mereka bahwa itu hanyalah luka kecil karena hentakan yang terlalu keras ketika membuang ingus keluar dari hidung. Ibaratkan sebuah balon yang ditiup keras-keras karena tekanan udara, balon tersebut juga bisa meletus. Hal ini sama dengan hidung. Makanya kalau pilek tidak perlu marah-marah, ngambek dan membuang ingus keras-keras apalagi dengan emosi karena itu akan melukai diri sendiri. Okay :) 

Jangan lupa share ya kalau suka artikel Mengapa Ingusku Berdarah???. Silahkan bagikan artikel ini ke teman-temanmu di fb, twitter, atau akunmu yang lain dengan menekan tombol share di bawah artikel. Like, follow dan komentar kalian sangat berarti untuk masa depan blog Japanindo Cute Culture ini. Jika mau berlangganan artikel Japanindo Cute Culture silahkan follow twitter, follow Google plus, like facebook atau masukkan email kalian dikotak bawah artikel. Mau Copy Paste artikel juga diperbolehkan asalkan mencantumkan link sumber seperti ini www.japanindocuteculture.com, jika tidak mau mencantumkan link siap siap aja blognya dihapus oleh DMCA dan Blogger. Hihihi. Terimakasih sudah membaca dan berkunjung ya. Have Nice Day.

1 Response to "Mengapa Ingusku Berdarah???"