.

Letak Jerawat dan Hubungannya dgn Masalah Kesehatan


Ada mitos yang mengatakan ketika jerawat muncul di wajah berarti kita terlalu memikirkan orang yang kita sukai. Apa memang begitu ya? Yang jelas selain mitos tersebut, ternyata letak jerawat yang muncul di wajah kita ada hubungannya dengan masalah kesehatan atau kebersihan yang kita alami. Hal tersebut juga dikatakan oleh dokter kulit Joshua Zeichner, M.D. dari Mt. Sinai Hospital di New York, dalam sebuah artikel di Cosmopolitan. Berikut ini penjelasannya:


1. Jerawat di dagu, rahang atau leher
Jerawat di area ini menandakan bahwa anda sedang dalam masa subur sebelum masa datang bulan. Sebelum menstruasi biasanya minyak di wajah akan meningkat. Untuk mengatasinya, Anda bisa mulai ekstra rajin membersihkan wajah dengan perawatan berbahan dasar benzoyl peroxide atau salicylic acid sebelum tanggal datang bulan Anda.

2. Jerawat di Hidung atau di Jidat
Jerawat di hidung artinya anda sedang dalam keadaan stress. Untuk mengatasinya tenangkan pikiran anda dan jauhkan tangan anda dari wajah untuk sementara waktu agar wajah juga terlindung kebersihannya. Selain itu bersihkan jerawat dengan obat jerawat secara teratur. 

3. Jerawat di Sekitar Rambut
Itu tandanya, anda kebanyakan memakai produk rambut misalnya seperti hairspray. Cara mengatasinya dengan mengurangi pemakain produk rambut tersebut dan jangan lupa cuci dengan air batas antara kulit wajah dan rambut setelah memakainya. 

4. Jerawat di Pipi
Jerawat di pipi disebabkan karena layar handphone yang anda pakai terlalu kotor sehingga mengotori pipi dan jerawatpun muncul karenanya. Untuk mengatasinya, coba bersihkan layar handphone anda yang sering digunakan untuk menelpon.

5. Jerawat di Sekitar Mulut
Jerawat bisa muncul karena cara makan anda yang tidak benar sehingga daerah sekitar mulut tidak bersih. Cara mengatasinya jangan lupa usapkan sapu tangan atau tisu basah di daerah mulut setelah makan.

6. Jerawat di Punggung dan Dada
Lebih selektiiflah untuk memilih bahan kain untuk baju dan pakaian dalam karena jerawat di punggung dipicu oleh bahan kain yang tidak cocok di kulit. Bahan pakaian katun, sangat berpotensi memunculkan jerawat di bagian tersebut, karena bakteri kerap bersembunyi di bahan baju yang lembut itu. Gunakanlah baju berbahan spandex atau polyester untuk beraktifitas di bawah matahari atau berkeringat.