.

Inilah Khasiat Madu Bagi Kehamilan Wanita


Sudah sejak lama madu dikenal memiliki banyak sekali khasiat, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Madu adalah cairan menyerupai sirup yang dihasilkan oleh lebah dari nektar bunga, memiliki rasa manis dan kental. Rasa manis ini disebabkan oleh kandungan monosakarida fruktosa dan glukosa. Madu sangat baik jika di konsumsi oleh ibu hamil karena madu mengandung asam folat yang sangat bermanfaat bagi janin.

Asam folat merupakan nutrien yang sangat dibutuhkan saat awal kehamilan. Zat ini sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan janin sehingga bayi yang dilahirkan nanti tidak mengalami cacat bawaan pada pembuluh syaraf. Orang cina menggunakan madu untuk mempermudah kelahiran.  Karena madu mengandung zat prostagelandine yang mempercepat kontraksi pada rahim dan membuat mulut rahim melebar dan terbuka sehingga kelahiran bayi akan lebih cepat.


Madu sangat dianjurkan untuk dikonsumsi rutin oleh ibu hamil. Karena berbagai khasiat yang terkandung didalamnya sangat baik bagi kesehatan sang ibu dan janin. Tapi bersikaplah teliti sebelum membeli madu karena banyak beredar madu palsu yang di jual dipasaran. Bukannya mendapatkan manfaat madu tapi malah menimbulkan berbagai macam resiko penyakit. Lalu apa saja manfaat madu bagi ibu hamil?

Mengurangi rasa panas di perut
Rasa panas di perut disebabkan karena melunaknya sphincter yang berada di kerongkongan dan lambung akibat hormon yang dilepaskan selama masa kehamilan. Untuk mengatasi ini minumlah susu yang yang dicampur dengan madu sehingga asam lambung kembali menjadi netral.

Menjaga stamina dan daya tahan ibu hamil 
Madu mampu menjaga tubuh sang ibu tetap prima karena madu mengandung antioksidan dan anti bakteri yang sangat tinggi. Selain itu madu juga mengandung asam amino dan mineral yang dibutuhkan dimasa kehamilan.

Menghilangkan rasa mual
Rasa mual paa awal kehamilan adalah hal yang normal, tapi hal ini memang membuat ibu merasa terganggu. Untuk meredakannya minumlah madu yang di campur dengan air putih.

Mengobati penyakit ringan semasa kehamilan 
Saat hamil wanita sangat dilarang mengkonsumsi obat-obatan tanpa seizin dokter. Sehingga untuk mengobati penyakit-penyakit ringan seperti batuk ataupun radang tenggorokan ibu hamil tetap kesulitan dalam memilih obat. Untuk mengatasi penyakit ringan semasa kehamilan, cobalah mengkonsumsi madu untuk menyembuhkannya.

Menambah nafsu makan
Hamil bisa menghilangkan nafsu makan. Padahal kebutuhan gizi yang seimbang sangatlah penting bagi ibu dan janin. Untuk mengatasi masalah ini ibu cukup minum madu secara rutin sehingga nafsu makan akan kembali normal.

Mencegah keputihan
Madu mengandung zat anti bakteri yang tinggi sehingga mengkonsumsi madu dapat mencegah bahkan menghilangkan keputihan semasa kehamilan.

Melindungi janin dari keracunan
Ibu hamil harus sangat menjaga jenis makanan yang dimakannya. Karena apa yang ibu makan akan diserap sang janin melalui plasenta. Keracunan pada janin bisa berakibat buruk, bahkan sampai membuat kematian pada janin. Dengan mengkonsumsi madu dapat mengurangi resiko keracunan pada janin.

Memperlancar persalinan
Zat prostagelandine yang terkandung dalam madu dapat membantu proses terbukanya mulut rahim sehingga bayi akan cepat keluar.

Menetralkan kadar gula dalam darah
Kadar gula yang berlebihan dalam darah sangat beresiko bagi janin. Janin bisa memiliki berat badan yang melebihi normal serta memiliki penyakit diabetes bawaan. Dengan mengkonsumsi madu maka kadar gula dalam darah akan kembali netral. Walapun madu juga memiliki rasa yang manis tapi rasa manis madu tidak berbahaya bagi kehamilan.

Meningkatkan kekebalan tubuh
Selain bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh selama kehamilan, madu juga bermanfaat meningkatkan sistem imun ibu di saat masa-masa nifas dan selama masa menyusui.