.

Pentingnya Makanan Bergizi Pada Masa Kehamilan


Makan makanan yang bergizi merupakan hal yang sangat penting di masa kehamilan. Asupan nutrisi yang cukup sangat berpengaruh pada perkembangan janin. Selain itu kesehatan sang ibu juga sangat ditentukan oleh makanan yang dikonsumsinya. Dan seiring bertambahnya usia kandungan, gizi yang diperlukan oleh ibu hamil juga makin bertambah.

Pola makan saat sedang hamil patut dijaga. Sang ibu dituntut untuk lebih teliti dalam membeli produk makanan. Jaga asupan makanan dari produk yang mengandung MSG, zat kimia tambahan, pewarna makanan buatan, lemak trans dan lain sebagainya. Selain itu, ibu hamil juga dilarang untuk mengkonsumsi makanan mentah seperti sushi dan juga harus mengurangi zat kafein.


Mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein, vitamin, probiotik, lemak baik, asam folat dan beberapa mineral seperti kalsium serta zat besi selama kehamilan sangat dianjurkan. Protein merupakan zat pembangun yang diperlukan utuk pembentukan sel dan darah. Protein bisa ditemukan dalam kacang-kacangan, tahu, tempe, daging dan telur.

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat probiotik selama kehamilan bisa membantu pencernaan dan membantu menguatkan sistem imun sang ibu dan janin. Makanan yang mengandung probiotik biasanya terdapat pada yogurt. Selama kehamilan pilihlah yogurt tawar yang tidak mengandung pemanis buatan.

Makanan yang mengandung lemak, khususnya asam lemak baik seperti Omega-3 dan DHA sangat baik bagi perkembangan otak, organ dan jaringan tubuh bayi. Kandungan Omega-3 dan DHA banyak terdapat pada berbagai jenis ikan seperti salmon dan sarden. Tapi walaupun ikan laut sangat baik tapi disarankan jangan terlalu sering mengkonsumsinya karena ditakutkan adanya resiko tercemar logam berat pada ikan laut. Selain pada ikan laut, DHA juga bisa dapat ditemukan pada susu, keju dan telur.

Zat besi dan kalsium juga sangat dibutuhkan saat sedang hamil. Zat besi dipelukan ibu agar terhindar anemia. Kalsium berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi calon bayi, serta melindungi ibu dari osteoporosis. Jika kandungan kalsium semasa kehamilan tidak tercukupi maka untuk kandungan kalsium akan diambil dari tulang sang ibu. Zat besi bisa di dapat dari sayuran hijau seperti bayam dan kangkung, selain itu juga bisa didapat pada daging dan hati. Sedangkan kalsium bisa di dapat dalam olahan susu, sayuran hijau dan kacang-kacangan.

Satu lagi kandungan yang di perlukan saat hamil adalah asam folat. Selain folat bisa mengurangi anemia pada ibu saat hamil, folat juga bisa mengurangi resiko keguguran dan kelahiran prematur. Selain itu kandungan asam folat juga baik untuk perkembangan sistem syaraf dan sel darah. Kekurangan asam folat bisa membuat janin tumbuh kurang sempurna dan mengganggu pembentukan otak dan susunan syaraf. Asam folat banyak ditemukan pada sayuran yang berdaun hijau gelap, seperti bayam, pisang, wortel, dan hati. Dimana kandungan folat yang terdapat pada hati lebih tinggi dari pada yang terkandung dalam bayam.

Agar kebutuhan selama kehamilan dan setelah kehamilan tercukupi maka penuhilah gizi yang dibutuhkan. Konsumsi berbagai jenis makanan. Jangan hanya makan makanan yang itu-itu saja. Selain itu perhatikan juga mana makanan yang boleh  dan tidak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan.