.

Setelah Keguguran Dapatkah Hamil Lagi ? Ini Jawabannya


Keguguran merupakan hal yang sangat ditakuti ketika sang ibu sedang hamil. Keguguran ini biasanya terjadi pada masa awal kehamilan saat usia kandungan masih dibawah 20 minggu. Penyebab dari keguguran belum diketahui secara pasti, hal ini dapat terjadi secara tiba-tiba tanpa sang ibu bisa sadari. Menurut para peneliti, keguguran ini kemungkinan disebabkan karena keabnormalan kromosom pada calon bayi. Selain itu, kondisi ibu yang sedang demam tinggi pun bisa saja meracuni janin yang usianya kurang dari enam minggu, sehingga menyebabkan keguguran.

Pendarahan merupakan gejala yang paling sering dialami. Baik berupa pendarahan dalam jumlah banyak maupun pendarahan berupa bercak-bercak dalam waktu lama. Bagi wanita yang tidak sadar kalau dirinya hamil, tanda-tanda keguguran seperti pendarahan dan kram di perut sering dianggap sebagai menstruasi biasa. Bila anda merasakan nyeri dibagian bawah perut bawah yang berlangsung lama, serta merasa kram perut yang berulang-ulang saat di awal menstruasi, bisa saja itu merupakan tanda jika anda sedang mengalami keguguran.


Bila anda mengalami keguguran, segeralah perikasakan diri ke dokter kandungan. Hal ini sangat diperlukan untuk mengetahui apakah kondisi rahim sudah bersih ataukan perlu penanganan kuretasi untuk membersihkan rahim dari sisa-sisa kehamilan. Rasa sedih dan kecewa pastinya akan ibu alami, tapi jangan biarkan hal ini berlangsung berlarut-larut karena kondisi psikologis juga bisa menentukan apakah ibu bisa hamil apa tidak.

Walaupun dua minggu setelah keguguran anda bisa subur lagi tapi tentu saja untuk bisa hamil lagi anda harus menunggu waktu yang tepat. Waktu miminal yang bisa anda tunggu untuk hamil lagi adalah setelah dua kali datang bulan, itu berarti anda harus menunggu minimal 2 bulan setelah keguguran. Tapi sebenarnya waktu yang pas untuk bisa hamil lagi adalah enam bulan setelah keguguran. Karena saat itu kondisi rahim sudah kembali kuat untuk menerima janin. Oleh karena itu saat berhubungan intim cegalah terjadinya pembuahan, seperti memakai alat kontrasepsi, agar kehamilan sebelum waktunya bisa dicegah.

Agar keguguran tidak berulang-ulang maka periksakanlah kondisi anda ke dokter. Tanyakan kepada dokter apa yang menjadi penyebab keguguran yang pernah anda alami. Ketika anda ingin punya anak lagi setelah keguguran dua atau tiga kali, biasanya dokter akan menyarankan anda untuk melakukan tes kromosom, tes sistem kekebalan tubuh dan tes pada rahim. Bagi anda yang pernah mengalami keguguran, lakukanlah terapi homon diawal kehamilan berikutnya. Makan makanan bergizi pun sangat di perlukan. Penuhi kebutuhan gizi anda khususnya zat besi dan asam folat. Terapkan pola hidup sehat dan rajin berolahraga dan beristirahatlah yang cukup. Persiapkanlah mental dan kondisi tubuh anda agar keguguran tidak terjadi lagi.