.

Tips Mengatasi Keluhan Selama Masa Kehamilan


Saat istri sedang mengandung, rasa bahagia memang sangat dirasakan oleh pasangan suami istri. Apalagi kehamilan itu adalah kehamilan pertama yang sangat dinanti-nanti kehadirannya. Namun dibalik rasa bahagia yang dirasakan, sang ibu sering merasakan berbagai keluhan saat hamil. Keluhan-keluhan ini sebanarnya wajar terjadi ketika masa kehamilan karena adanya sang bayi yang sedang tumbuh dalam rahim.

Tapi ada baiknya anda  mengetahui apa saja keluhan-keluhan itu dan bagaimana cara mengatisipasinya sehingga rasa tidak nyaman saat mengandung bisa diminimalisirkan.


Morning sickness
Keluhan ini merupakan keluhan yang paling umum terjadi di tri semester pertama kehamilan. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon yang tidak stabil sehingga para ibu merasa tidak nyaman di perutnya. Rasa mual dan ingin muntah sering membuat ibu turun berat badannya. Atasi gejala ini dengan makan makanan ringan sepanjang hari sehingga perut terisi tapi tidak terlalu dan rasa mual di pagi hari bisa berkurang. Minum teh hangat juga bisa mengurangi rasa mual dan mampu menenangkan perut.

Kelelahan 
Ibu yang sedang hamil sering merasa lelah. Hal ini mungkin sang ibu mengalami kekurangan zat besi dan anemia. Selama masa kehamilan biasanya dokter akan memberikan vitamin untuk menambah kandungan zat besi dalam tubuh sang ibu. Selain itu tidur siang juga bisa mengurangi rasa kelelahan.

Keputihan 
Keputihan yang terjadi saat masa kehamilan adalah hal wajar karena disebabkan faktor hormon yang tidak stabil. Hindari menggaruk alat vital jika agar keputihan tidak bertambah. Supaya keputihan bisa berkurang, gunakanlah celana dalam yang bersih, jagalah kebersihan dan gunakan lah sabun antiseptik jika perlu.

Sakit Kepala 
Sakit kepala terjadi karena adanya perubahan hormon saat kehamilan. Tylenol dianggap sebagai obat pereda nyeri yang aman saat kehamilan, tapi jika ingin mengkonsumsi obat-obatan lebih baik konsultasikan dahulu ke dokter. Meletakan kantong es ke bagian dahi ataupun belakang leher juga bisa meredakan sakit kepala. Sebaiknya minum obat-obatan menjadi pilihan terakhir jika memang sakit kepala tak kunjung reda.

Sembelit atau Susah Buang Air Besar 
Perubahan hormon juga bisa menyebabkan sembelit. Untuk mengatasi masalah ini konsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti sayur dan buah, minum air putih yang cukup dan lakukanlah olah raga ringan untuk mencegah sembelit makin parah.

Gusi Bengkak dan Berdarah 
Jika hal ini terjadi maka sikat lah gigi secara teratur dengan menggunakan sikat gigi yang berbulu halus. Dengan menyikat gigi, maka masalah gusi dan gigi akan bisa diatasi.

Pusing dan Berkunang-kunang
Pada trisemester kedua dan ketiga biasanya rasa pusing disertai sensasi berputar-putar ketika sedang bergerak mengubah posisi sering kali terjadi. Hal ini disebabkan oleh membesarnya rahim dan daerah yang banyak terakumilasi di kaki. Istirahatlah yang cukup agar rasa pusing dapat berkurang.

Timbulnya Jerawat di Wajah 
Jerawat yang timbul saat kehamilan memang sering membuat ibu menjadi tidak percaya diri, padahal hal ini normal terjadi karena kelenjar minyak menjadi lebih aktif berproduksi, setelah masa kehamilan berakhir jerawat-jerawat ini bisa hilang dengan sendirinya. Untuk mengatasi masalah ini cucilah muka dengan menggunakan sabun dan keringkan dengan handuk. Jika harus menggunakan make up maka pilihlah jenis make up yang tidak menutupi pori-pori sehingga lebih mudah dibersihkan.

Gannguan Pencernaan 
Saat sedang hamil sistem perncernaan menjadi lambat, sehingga membuat asam lambung naik ke tenggorokan. Untuk mengatasi masalah ini makanlah dengan porsi kecil tapi sering, makan secara perlahan, kunyah makanan hingga halus dan jangan langsung berbaring ketika selesai makan.

Kram Kaki
Untuk mengatasi masalah kram kaki yang sering timbul selama masa kehamilan, makanlah makanan yang kaya akan kalsium seperti susu dan salmon. Jika kram menyerang, ambillah posisi duduk dan luruskan kaki yang sakit lalu gerakkan ujung-ujung jari kaki. Lakukan hingga kram hilang.

Sakit Otot 
Rasa pegal-pegal dan sakit sering kali dirasakan di daerah pinggul, pinggang dan punggung selama masa kehamilan. Untuk mengatasi masalah ini duduklah senyaman mungkin dengan menggunakan beberapa bantal, hindari dengan berjalan menggunakan sepatu dengan hak tinggi, dan jangan mengangkat beban yang berat.