.

Cara Jitu Mengatasi Rambut Wanita yang Bercabang Secara Alami


Harus diakui bahwa rambut bercabang merupakan kondisi yang sangat dibenci oleh para wanita. Hal ini sendiri bisa disebabkan karena lapisan terluar rambut yang memiliki tugas untuk melindunginya menjadi rusak akibat penggunaan bahan-bahan kimia ataupun karena terlalu sering terkena panas.

Selain itu, cara kita dalam memperlakukan rambut seperti mengikat, tekanan saat menyisir, dan perilaku lainnya bisa membuat struktur rambut menjadi rusak sehingga mudah bercabang. Lantas, bagaimana cara mengatasi rambut bercabang? Simak ulasannya:


Memotong Ujung Rambut
Kamu harus lebih rutin dalam memotong ujung-ujung rambut. Hal ini bertujuan agar bagian ujung rambut tersebut bisa diregenerasi lewat pertumbuhan rambut yang baru. Kamu bisa memotong bagian ujungnya sekitar 0,5-2,5 cm, dan lakukan hal ini setiap 6-10 minggu sekali.

Sisir Bergigi Jarang
Untuk kamu yang memiliki masalah dengan rambut bercabang, sebaiknya gunakanlah sisir dengan gigi yang jarang. Selain memudahkan kamu dalam menyisir, hal ini juga bisa meminimalisir tekanan yang berat pada rambut kamu. Apalagi tekanan yang berat pada rambut ini bisa mempengaruhi struktur rambut yang kemudian membuatnya mudah patah dan bercabang.

Biotin dan Asam Folat
Konsumsi dari biotin dan asam folat bisa membantu untuk menutrisi rambut kamu dari dalam sehingga bisa tetap kuat dan sehat. Biotin bisa diperoleh dengan mengkonsumsi makanan alami seperti kacang-kacangan, biji bunga matahari, nasi, dan kedelai. Sementara itu, asam folat bisa kamu dapatkan dari sayuran hijau, alpukat, jeruk, dan kedelai. Selain itu, biotin dan asam folat bisa juga diperoleh dalam bentuk vitamin atau suplemen.

Membatasi Kontak dengan Panas
Wanita yang memiliki rambut bercabang sebisa mungkin harus membatasi atau mengurangi penggunaan alat-alat penataan rambut yang menghasilkan panas. Hal ini dikarenakan peralatan seperti ini bisa membuat kondisi rambut bercabang semakin parah. Dalam artian lain, kamu harus mengurangi kebiasaan dalam meluruskan rambut, mengeriting, atau menggunakan hair dryer sekalipun.

Jika penggunaan dari hair dryer ini tidak bisa dihindarkan, maka usahakan agar jarak pemakaiannya tidak terlalu jauh dari rambutmu. Pastikan pula untuk tidak menggunakannya dalam waktu lama, agar panas yang mengenai rambut kamu bisa diminimalisir. Bagaimanapun juga, mengeringkan rambut dengan cara yang alami adalah langkah terbaik.

Jangan Mewarnai Rambut
Cara mengatasi rambut bercabang selanjutnya adalah dengan menghindari kebiasaan untuk mewarnai rambut. Hal ini dikarenakan produk pewarna rambut memiliki kandungan bahan kimia yang bisa merusak struktur rambut jika digunakan terlalu sering. Jika kamu memang sudah memiliki kondisi rambut yang bercabang, maka segera hentikan kebiasaan ini.

Minyak Zaitun
Perawatan alami dengan menggunakan minyak zaitun mungkin patut untuk kamu coba. Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun secara merata pada rambut kamu, lalu diamkan selama 30 menit. Akan lebih maksimal jika rambutmu dibungkus dengan handuk agar kandungan minyak zaitun ini tidak terbuang percuma. Setelah itu, cuci rambutmu seperti biasa.

Masker Kuning Telur
Selain minyak zaitun, kamu bisa juga mencoba cara alami lainnya dengna memanfaatkan telur. Siapkan 1 kuning telur kemudian tambahkan 1 sdm madu dan 3 sdm minyak zaitun, lalu aduk rata. Jadikanlah ramuan ini sebagai masker rambut dan biarkan hingga setengah jam. Lakukanlah perawatan ini setiap kali kamu akan keramas.

Masker Pepaya
Buah pepaya juga memiliki kemampuan dalam mengatasi rambut bercabang. Caranya dengan menyiapkan pepaya matang yang berukuran sedang, kemudian ambil bagian dagingnya. Cuci bersih dan haluskan buah pepaya ini dengan cara ditumbuk atau dilumatkan. Sebaiknya hindari penggunaan blender karena bisa membuat adonan menjadi terlalu encer. Setelah itu, tambahkan yogurt secukupnya dan aduk hingga rata. Terapkan pada rambut kamu sebagai masker dan biarkan sekitar 20 menit, lalu akhiri dengan keramas.

Kondisioner
Jika kamu tidak bisa melakukan perawatan dengan masker rambut, maka gunakanlah kondisioner setiap kali keramas. Penggunaan kondisioner bertujuan untuk melindungi lapisan terluar rambut dari panas, baik itu sengatan matahari maupun dari penggunaan alat-alat perawatan rambut yang menghasilkan panas. Selain itu, kondisioner juga mampu menjadikan rambut kamu lebih lembap dan lembut sehingga tidak mudah rusak.

Bagaimanapun juga, menghindari faktor pemicu dari rambut bercabang merupakan hal terbaik yang bisa kamu lakukan jika masalah ini sudah sangat mengganggu penampilanmu. Semoga informasi mengenai cara mengatasi rambut bercabang di atas bisa membantu kamu dalam menemukan solusi yang tepat. Selamat mencoba.