.

Cara Meluruskan Rambut Secara Alami


Rambut yang lurus merupakan dambaan setiap wanita, karena selain terlihat rapi, rambut seperti ini juga lebih mudah untuk diatur. Apalagi banyak salon yang menawarkan jasa pelurusan rambut ini dengan harga murah, sehingga wanita yang memiliki rambut berombak atau keriting sekalipun bisa mendapatkan rambut yang lurus dengan mudahnya. Meskipun demikian, harus dipahami bahwa rambut yang indah itu tidak selalu terpaku pada rambut yang lurus saja.

Pada dasarnya, metode meluruskan rambut secara instan yang biasa dilakukan di salon kecantikan memiliki resiko yang besar jika tidak disertai dengan perawatan yang ekstra setelahnya. Rambut kita mudah kering, bercabang, dan pecah-pecah. Untuk itu, kami menyarankan pada kamu untuk lebih mengutamakan perawatan yang bersifat alami karena bebas dari dampak negatif seperti di atas.
Berikut cara meluruskan rambut secara alami yang bukan hanya mudah, tapi juga menghemat kantong kamu.


Seledri
Siapkan beberapa lembar daun seledri segar yang sudah dicuci bersih. Potong menjadi bagian-bagian kecil atau tumbuk hingga halus. Tempatkan daun seledri ini ke dalam wadah yang berisi air, lalu peras dan ambil sarinya. Sebaiknya simpan sari daun seledri ini ke dalam botol dan biarkan selama 1 hari.

Pada keesokan harinya, gunakan sari daun seledri ini pada rambut dan kulit kepalamu sambil memberikan pijatan lembut. Setelah beberapa menit, cuci rambutmu menggunakan shampo. Jika dilakukan secara rutin, maka kandungan di dalam daun seledri akan membuat rambut kamu menjadi halus dan lurus sehingga lebih mudah diatur.

Santan dan Lemon
Kamu bisa membuat masker untuk meluruskan rambut dari santan yang dicampur dengan air jeruk lemon. Siapkan santan sekitar 200 ml dan masukkan beberapa tetes perasan jeruk lemon ke dalamnya, aduk merata. Masukkan ramuan ini ke dalam lemari pendingin sekitar beberapa jam hingga terbentuk lapisan yang menyerupai pasta di bagian atasnya.
Gunakanlah ramuan ini sebagai masker rambut secara merata. Supaya kandungannya tidak terbuang percuma, sebaiknya bungkus kepalamu dengan handuk selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas rambutmu hingga bersih. Agar rambut kamu bisa lurus dengan cepat secara alami, sebaiknya sisirlah selagi masih basah.

Telur  dan Susu
Cara meluruskan rambut secara alami selanjutnya adalah dengan memanfaatkan telur dan susu. Cuci rambut kamu terlebih dahulu dan sisir lurus selagi masih basah. Setelah itu, gunakan masker yang memanfaatkan kandungan telur dan susu. Caranya dengan menyiapkan susu tanpa rasa (susu plain) sebanyak 1 gelas dan tambahkan 1 butir telur, kocok hingga merata. Oleskanlah ramuan ini ke rambut dan kulit kepalamu, kemudian bungkus dengan menggunakan plastik penutup kepala sekitar setengah jam. Hal ini bertujuan agar kandungan masker tersebut bisa diserap secara maksimal oleh rambut. Terakhir, cuci rambutmu seperti biasa dengan menggunakan shampo.

Susu, Madu, Stroberi
Siapkan 1 gelas susu cair, 2 sdt madu murni, dan 3 buah stroberi. Haluskan buah stroberi terlebih dahulu menggunakan garpu. Setelah itu, campur dengan susu dan madu hingga menjadi adonan yang merata. Gunakanlah ramuan ini pada rambut kamu dan biarkan sekitar 2 jam. Terakhir, bilas rambutmu dengan air bersih atau jika perlu gunakanlah shampo.

Perlu dipahami bahwa metode di atas tidak bisa membuat rambut kamu menjadi lurus secara instan seperti saat di salon. Namun baiknya, metode tersebut tidak akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan rambutmu. Maka dari itu, terapkanlah cara meluruskan rambut secara alami di atas secara rutin dan tentu saja harus lebih sabar. Selamat mencoba.