.

Cara Merawat Burung Kacer Anakan (Bakalan)


Burung kacer memang meski posturnya mungil tapi nampak begitu indah dan mengesankan bagi penikmatnya, terutama bagi kacer mania. Kacer terlihat begitu indah, dengan warna yang tegas semakin mempesona, sehingga tak heran bila banyak kacer mania yang memburunya. Saat ini di Indonesia, burung kacer termasuk dalam daftar burung kicau yang banyak dicari dan banyak penggemarnya. Uniknya adalah suara kacer yang memang berbeda dari burung kicau pada umumnya, seperti: kenari, murai, anis, dan lain sebagainya (download: suara kacer).

Sudah tak umum lagi bila dalam perlombaan burung kicau (baca juga: perawatan kacer juara), kacer selalu diikutsertakan, dikarenakan salah satunya yaitu kacer memiliki tampilan yang mempesona dan juga pandai dalam berkicau maupun gacor. Kacer dewasa yang sudah gacor tentu harganya bisa dibilang sangat mahal (lihat: harga kacer terbaru), maka dari itu banyak yang berlomba-lomba untuk menjadikan kacer kesayangannya bisa gacor (baca: cara agar kacer gacor).

kacer anakan

Jenis kacer ada cukup banyak, salah satu yang terkenal adalah kacer hitam, jadi hal ini menjadi variasi tersendiri yang tentu akan menjadi opsi bagi kacer mania untuk menentukan kacer sebagai burung peliharaannya ataupun untuk diternak (baca: penangkaran kacer).

Untuk merawat kacer yang paling utama adalah memberikan pakan yang tepat, ini sangat pokok dan mendasar (simak: makanan kacer). Sedangkan untuk merawat kacer bakalan atau anakan, tentu ada perbedaan yang harus anda perhatikan.

Adapun tips merawat kacer bakalan adalah sebagai berikut:
1. Berikan pakan voer atau lainnya yang terkandung banyak protein.
2. Mandikan dan jemur dengan waktu yang cukup, jangan terlalu lama, dan bedakan dengan menjemur kacer dewasa. Hal ini dilakukan agar bulu-bulunya lebih cepat tumbuh.
3. Berikan pakan tambahan berupa jangkrik seminggu sekali.
4. Tambahkan multivitamin untuk menunjang kesehatannya.
5. Memaster kacer sejak dini sangat efektif dalam menjadikannya sebagai kacer yang gacor dan pandai berkicau nantinya.

Dalam beternak kacer memang diperlukan kesabaran, dan dalam prosesnya akan menemui berbagai macam persolana. Hal inilah yang membuat anda semakin beroengalaman dan handal dalam menangkar burung kacer (baca juga: cara ternak kacer).

Demikianlah sedikit ulasan mengenai perawatan kacer yang masih anakan dan siap untuk dijadikan sebagai kacer yang handal ketika dewasa. Informasi lebih banyak hanya di BudidayaKenari.com

Sumber: http://www.budidayakenari.com/2015/09/cara-merawat-kacer_18.html